SYARAT DAN KETENTUAN SERTA PERNYATAAN PENGGUNA
APLIKASI TENAGA PEMASAR PT ASURANSI JIWA IFG
PENGANTAR
Dengan
mengakses halaman ini dan menggunakan Layanan, berarti Anda dan Perusahaan
terikat dalam suatu perjanjian. Maka dari itu, Anda dianggap telah memahami dan
menyatakan setuju untuk terikat pada ketentuan yang berlaku. Perusahaan
mengimbau agar Anda membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan saksama.
Syarat dan
Ketentuan ini berlaku bagi seluruh pengguna yang menggunakan Layanan Perusahaan
termasuk aplikasi, platform, atau berbagai media lainnya, kecuali apabila
diatur dalam syarat dan ketentuan yang terpisah.
PENGELOLAAN
INSTRUKSI ANDA
·
Anda akan diminta
untuk melakukan otorisasi atas instruksi Anda dengan menggunakan berbagai jenis
informasi keamanan (misalnya PIN, nama pengguna, kata sandi, token). Anda
bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan dan kerahasiaan atas segala jenis
informasi keamanan yang digunakan dalam bertransaksi. Pastikan Anda tidak
memberitahukan informasi keamanan Anda kepada orang lain, termasuk staf
Perusahaan.
·
Setelah melakukan
otorisasi, kami akan menjalankan instruksi Anda.
·
Anda memahami dan
menyetujui metode pengiriman informasi secara elektronik yang digunakan untuk
mengirimkan data Anda dan segala risikonya. Anda menyatakan menyetujui untuk
membebaskan Perusahaan dari segala kerugian yang timbul.
PENYIMPANAN DATA
PRIBADI ANDA DAN INFORMASI LAINNYA
·
Anda diminta untuk
memberikan data pribadi dan informasi lainnya yang dipersyaratkan dalam rangka
penggunaan Aplikasi LifeForce.
·
Pastikan informasi
yang Anda berikan adalah informasi yang benar dan akurat, dan mohon
menginformasikan kembali kepada Perusahaan jika terdapat perubahan.
·
Kami menyimpan
kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan. Penggunaan data Anda
akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
·
Anda wajib
memberitahukan dan menyampaikan perubahan data kepada Perusahaan. Perubahan
tersebut hanya berlaku jika telah diterima dan/atau disetujui oleh Perusahaan.
Dalam hal Perusahaan tidak menerima informasi apapun mengenai perubahan data,
maka Perusahaan akan menggunakan data Anda yang tercatat pada sistem Perusahaan.
·
Anda wajib
menanggung segala akibat dan/atau kerugian yang mungkin timbul dari kelalaian
Anda dalam memperbarui data pada Perusahaan.
A. DEFINISI
1. “Perusahaan/kami” adalah PT Asuransi Jiwa IFG,
berkedudukan di Jakarta Selatan, yang terdiri dari kantor pusat, kantor
representatif, serta berbagai bentuk kantor lainnya.
2. “Aplikasi LifeForce”
adalah aplikasi/produk untuk mendukung operasional tenaga pemasar.
3. “Anda” adalah individu yang telah cakap untuk
mengadakan perjanjian yang mengikat termasuk pada Syarat dan Ketentuan ini dan
untuk menggunakan Layanan yang disediakan oleh Perusahaan.
4. “Contact Center” adalah pusat layanan nasabah
Perusahaan yang dapat dihubungi lewat telepon, email, dan/atau chat.
5. “Device” berarti semua perangkat elektronik, wireless,
komunikasi, transmisi atau peralatan telekomunikasi, perangkat atau media yang
termasuk dan tidak terbatas pada internet, komputer atau peralatan mobile,
perangkat, terminal atau sistem yang mungkin dibutuhkan untuk mengakses dan
menggunakan Aplikasi LifeForce.
6. “Polis” adalah dokumen yang dikeluarkan oleh Perusahaan
termasuk syarat-syarat umum polis dan ketentuan lainnya (apabila diadakan)
beserta segala tambahan/perubahannya yang memuat syarat-syarat perjanjian
asuransi yang merupakan lampiran yang tak terpisahkan dari Polis.
7. “Layanan” berarti setiap program dan/atau layanan yang
digunakan/diakses oleh Anda pada situs web/portal Perusahaan dan/atau Aplikasi LifeForce, termasuk tetapi tidak terbatas pada,
pembelian Polis, pengajuan klaim, pengecekan saldo dana investasi, pengkinian
data, dan lain-lain.
B. PERSYARATAN DAN TATA CARA
1. Pendaftaran akun hanya dapat dilakukan melalui
Aplikasi LifeForce yang dapat diunduh
melalui App Store (Apple) dan Google Play Store. Dengan demikian, Anda harus
memiliki smartphone dengan kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh Perusahaan
dan memiliki nomor ponsel Indonesia yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS
yang dikirim oleh Perusahaan.
2. Sebagai bagian dari proses pendaftaran akun, informasi
kode agen, email, dan nomor telepon dikirim kepada Perusahaan dengan
menggunakan Aplikasi LifeForce.
3. Sebagai prasyarat, Anda wajib memberikan alamat email
aktif milik sendiri yang memiliki kapasitas memadai untuk menerima pesan yang
dikirim oleh Perusahaan. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas keabsahan,
kepemilikan, aktivitas, dan kapasitas alamat email tersebut.
4. Anda setuju untuk melepaskan Perusahaan dari seluruh
kerugian, tanggung jawab, tuntutan, dan biaya (termasuk biaya adanya gugatan
hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi instruksi Anda, kecuali Anda
dapat membuktikan lain dan/atau Layanan tersebut dieksekusi karena kesalahan
Perusahaan.
5. Anda setuju bahwa Perusahaan berhak untuk menutup,
memblokir, atau membekukan akun Anda dan/atau layanan/fasilitas Anda di
Aplikasi LifeForce, antara lain jika:
a. Akun Anda diduga telah disalahgunakan, meliputi tetapi
tidak terbatas pada mengakomodasi dan/atau melakukan tindak kriminal dan/atau
telah atau akan terjadi penipuan yang terkait dengan Polis dan/atau
layanan/fasilitas Anda termasuk yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan
pihak lain, dan/atau Perusahaan.
b. Anda memberikan data/informasi yang dianggap
mencurigakan oleh Perusahaan dan/atau memberikan data/informasi palsu/tidak
valid/tidak lengkap, dan/atau tidak bersedia memberikan data/informasi apapun
yang diminta oleh Perusahaan sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.
c. Profil data Anda termasuk dalam Daftar Teroris dan
Terduga Teroris (DTTOT) dan Daftar proliferasi senjata pemusnah massal.
d. Profil data Anda sesuai dengan daftar hitam yang
diterbitkan oleh regulator.
e. Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian,
Kejaksaan, Pengadilan, Pusat
Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantas Korupsi
(KPK), Kantor Pajak, atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan
perundangan yang berlaku.
C. MANFAAT DAN RISIKO
Manfaat
a. Aplikasi LifeForce tersedia bagi Anda untuk mengakses
Layanan yang disediakan oleh Perusahaan. Anda akan dibantu oleh supervisor dan
tim LifeForce untuk mendapatkan Layanan tertentu pada saat Aplikasi LifeForce
tidak dapat digunakan karena alasan yang kuat.
b. Sebagai Contact Center yang tersedia untuk membantu
Anda seperti pengajuan pertanyaan atau pengaduan.
c. Menjadi sarana penyimpanan data calon nasabah,
pencatatan aktifitas penjualan, pembuatan penawaran, dan proses pengajuan polis.
Risiko
a. Perusahaan tidak pernah meminta kata sandi, OTP (One
Time Password), kode QR, dan/atau PIN kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus
selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan
yang dikirim melalui email ataupun website (situs palsu menduplikasi situs
resmi Perusahaan) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan
Perusahaan yang meminta Anda untuk memberikan kata sandi, OTP (One Time
Password), kode QR, dan/atau PIN.
b. Anda bertanggung jawab untuk memastikan seluruh data
dan instruksi yang diberikan pada Perusahaan telah benar dan lengkap.
Perusahaan tidak bertanggung jawab atas dampak apapun yang dapat disebabkan
oleh kelalaian, ketidaklengkapan atau ketidakjelasan data dan/atau instruksi
yang diberikan oleh Anda.
c. Untuk setiap Layanan, data dan/atau instruksi yang
diberikan Anda akan dianggap benar dan valid untuk dieksekusi oleh Perusahaan.
d. Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan berhak untuk
tidak menjalankan instruksi Anda meliputi, tetapi tidak terbatas pada keadaan
berikut:
i.
Dokumen dan/atau
data yang diberikan Anda tidak sesuai;
ii.
Akun Anda dikenakan
penyitaan atau blokir;
iii.
Perusahaan memiliki
alasan untuk mencurigai adanya tindakan fraud atau kriminal.
e. Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan berhak untuk
menghentikan sementara akses Layanan untuk periode yang telah ditentukan untuk
tujuan pemeliharaan, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh Perusahaan,
dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya pada Anda dan tanpa bertanggung
jawab pada siapapun.
f.
Anda dengan ini
setuju bahwa Perusahaan memiliki hak mutlak untuk memperbarui, memodifikasi,
atau mengubah situs web atau perangkat lunak apapun (termasuk Aplikasi
LifeForce atau aplikasi lainnya) yang digunakan untuk mengakses Aplikasi
LifeForce sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan tanpa memberikan alasan apapun.
g. Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan berhak untuk
tidak mendukung versi sebelumnya dari perangkat lunak (mobile app) yang
digunakan. Jika Anda gagal untuk memperbarui perangkat lunak yang relevan atau
menggunakan versi yang disempurnakan, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas
segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
h. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas penggunaan
Aplikasi LifeForce, pada perangkat yang tidak didukung oleh Aplikasi LifeForce,
termasuk namun tidak terbatas pada perangkat yang dijailbreak atau root.
D. INFORMASI KEAMANAN
1. Informasi keamanan berupa nama pengguna, kata sandi,
OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN akan dibutuhkan untuk login,
aktivasi perangkat, dan mengeksekusi setiap Layanan yang menurut Perusahaan
dibutuhkan sebagai tujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan
ditentukan dan ditetapkan oleh Anda, Anda harus memastikan untuk menggunakan
kata sandi yang kuat dan tidak memasukkan kata sandi yang mudah ditebak serta
informasi diri seperti tanggal lahir dan alamat. Penggunaan informasi tersebut
akan dianggap sebagai kelalaian Anda. Anda bertanggung jawab penuh terhadap
keamanan dan kerahasiaan seluruh penggunaan Aplikasi LifeForce milik tenaga
pemasar.
2. Informasi keamanan akan menjadi rahasia di bawah
tanggung jawab Anda, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan setara
dengan instruksi tertulis yang ditandatangani oleh Anda, dan akan diperlakukan
sebagai otorisasi eksplisit oleh Anda dalam mengakses Layanan.
3. Perusahaan akan mengajukan proses verifikasi yang
memenuhi standar Perusahaan untuk memungkinkan Anda mengakses Layanan.
4. Anda menyetujui untuk membebaskan Perusahaan dari
segala kerugian, tanggung jawab, klaim dan biaya (termasuk biaya hukum) yang
mungkin terjadi dalam kaitannya dengan pelaksanaan instruksi dari Perusahaan
berdasarkan otorisasi Anda, kecuali dijalankan karena kesalahan dari Perusahaan.
5. Anda bertanggung jawab untuk memperoleh dan
menggunakan perangkat lunak dan/atau peralatan yang diperlukan untuk dapat
mengakses Aplikasi LifeForce dengan risiko yang ditanggung Anda.
6. Anda juga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan
(termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah
penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh
Anda untuk mengakses Aplikasi LifeForce.
7. Anda harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan
untuk mengakses Aplikasi LifeForce bebas dari kegagalan elektronik, mekanik,
data yang gagal atau terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak
yang berbahaya/tidak diizinkan oleh penyedia layanan telekomunikasi, atau
produsen atau vendor dari peralatan yang relevan. Dalam hal ini termasuk:
a. Penggunaan komputer pribadi Anda, perangkat mobile
dan/atau terminal Anda lainnya dengan perangkat lunak berupa anti-virus
terbaru, anti-malware dan firewall yang tersedia dan perangkat lunak yang
digunakan secara teratur selalu diperbarui dan dijalankan dengan anti-virus
signatures terbaru;
b. Memastikan bahwa Anda tidak melakukan jailbreak, root
atau memodifikasi perangkat mobile dan/atau peralatan lainnya, atau mengunduh
aplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat lebih
rentan terhadap virus dan malware.
8. Anda menyetujui bahwa Perusahaan tidak bertanggung
jawab atas kegagalan elektronik maupun mekanik, atau data yang terkorupsi,
virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya lainnya dari jenis
apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan oleh penyedia layanan
internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.
9. Perusahaan dibebaskan oleh Anda dari segala kerugian
dan dampak hukum yang muncul disebabkan oleh pelanggaran ketentuan Layanan,
sehingga membuat Anda termasuk dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) yang
diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan/atau Asosiasi Asuransi Jiwa
Indonesia.
10. Dengan mengakses Layanan, Anda memahami bahwa seluruh
komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Perusahaan akan
diperlakukan sebagai bukti sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen
tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan
demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Perusahaan dari
segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya
hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda, kecuali
kesalahan eksekusi dari instruksi diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian
pihak Perusahaan.
E. PROPERTI INTELEKTUAL
1. Semua kekayaan
intelektual yang terkandung dalam atau di Aplikasi LifeForce dan situs
Perusahaan, dimiliki oleh Perusahaan atau pemberi lisensinya. Semua konten
dalam program Aplikasi LifeForce situs Perusahaan, termasuk, namun tidak
terbatas pada, teks, perangkat lunak, skrip, kode, desain, grafik, foto, suara,
musik, video, fitur interaktif, dan semua konten lainnya (“Konten”) adalah
karya kolektif berdasarkan undang-undang hak cipta yang berlaku dan merupakan
milik Perusahaan. Perusahaan berhak atas semua haknya sehubungan dengan Hak
Kekayaan Intelektual (“HKI”) yang terdapat dalam program Aplikasi LifeForce dan
situs Perusahaan sehubungan dengan Konten.
2. Secara khusus,
Aplikasi LifeForce dan situs Perusahaan berisi merek dagang termasuk, namun
tidak terbatas pada, tanda dan logo “IFG Life”. Semua merek dagang yang
disertakan sebagai bagian dari Aplikasi LifeForce dan situs Perusahaan dimiliki
oleh Perusahaan atau pemberi lisensinya. Perusahaan berhak atas semua haknya
sehubungan dengan merek dagang yang disertakan sebagai bagian dari Aplikasi
LifeForce situs Perusahaan.
3. Tidak ada dalam
Syarat dan Ketentuan ini atau sebaliknya yang akan ditafsirkan sebagai
pemberian kepada Anda lisensi HKI yang dimiliki oleh Perusahaan atau pemberi
lisensinya.
F. HUKUM DAN
YURISDIKSI YANG BERLAKU
1. Interpretasi dan
implementasi Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku
di Republik Indonesia.
2. Segala perselisihan
atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal
yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk
perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan
hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini
(“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
a. Salah satu pihak baik Anda atau Perusahaan (“Pihak
Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya
(“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya perselisihan (“Pemberitahuan
Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam
waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal
Pemberitahuan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
b. Jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara
musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah,
maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak
ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan
penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani
bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua;
c. Proses mediasi oleh Mediator khusus akan diselesaikan
oleh satu arbiter yang ditunjuk berdasarkan Peraturan Badan Arbitrase Nasional
Indonesia (BANI) dan atau Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa
Keuangan (LAPS SJK);
d. Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan
pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan
putusan arbitrase yang final dan mengikat;
e. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku
atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang
diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah
yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di
atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama
dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan
segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan
karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan
atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun
proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa
(koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial.
3. Sehubungan dengan
kuasa yang tidak ditarik kembali yang Anda berikan kepada Kami berdasarkan
Syarat dan Ketentuan ini, kuasa tersebut akan terus berlaku dan tidak dapat
berakhir karena alasan apapun juga termasuk alasan-alasan yang dimaksud dan
diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali
dalam hal Anda telah berhenti mengakses Layanan dan menutup akun Aplikasi
LifeForce.
G. PERNYATAAN DAN
WEWENANG
1. Anda dengan ini
menyatakan bahwa setiap data, deskripsi dan tanda tangan elektronik Anda pada
Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan yang digunakan oleh
Anda, berbagai dokumen pendukung lain yang terkait dengan Aplikasi LifeForce
dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan yang digunakan oleh Anda, serta tiap
instruksi operasional pada Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas
Perusahaan yang digunakan oleh Anda, serta wewenang yang diberikan oleh Anda
pada pihak ketiga (jika ada) dan wewenang yang diberikan pada Perusahaan adalah
valid dan sah serta mengikat pada seluruh jenis layanan/fasilitas Perusahaan
yang digunakan oleh Anda, kecuali jika dinyatakan lain. Anda diwajibkan untuk
segera memberikan informasi pada Perusahaan atas tiap perubahan nama, alamat,
nomor telepon, NPWP dan hal lain yang menyimpang/berbeda dari data/deskripsi
yang sebelumnya diberikan oleh Anda pada Perusahaan terkait dengan Polis
dan/atau proses registrasi akun Anda pada Aplikasi LifeForce. Kelalaian Anda
dalam memberitahukan perubahan tersebut pada Perusahaan sepenuhnya menjadi
tanggung jawab Anda. Penyampaian data oleh Anda kepada Perusahaan pada atau
melalui Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan atau sistem
tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta,
perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain di mana Anda merupakan pihak
atau di mana Anda atau aset Anda terikat.
2. Anda dengan ini
menyatakan bahwa:
a. Perusahaan berhak untuk melakukan pengujian terhadap
validitas data yang diberikan oleh Anda pada Aplikasi LifeForce atau aplikasi
untuk mengikuti fasilitas/layanan Perusahaan atau aplikasi serupa; dan berhak
untuk meminta data tambahan yang dibutuhkan oleh Perusahaan dalam rangka
penggunaan layanan;
b. Perusahaan telah memberikan penjelasan memadai
mengenai karakteristik produk Perusahaan yang akan digunakan dan Anda telah
memahami seluruh konsekuensi dari penggunaan produk Perusahaan tersebut,
termasuk keuntungan, risiko, biaya yang ditimbulkan terkait dengan produk.
3. Anda tidak akan
memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi
apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun Aplikasi
LifeForce, kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN, dan Anda
karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk
mengalihkan akun Aplikasi LifeForce kepada orang lain atau pihak manapun.
4. Dengan mengakses
Layanan, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang
diterima oleh Perusahaan akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak
dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang
ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan
melepaskan Perusahaan dan rekanan-rekanan Perusahaan dari segala kerugian,
tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat
muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.
5. Anda setuju untuk
mengizinkan Perusahaan memberikan dan/atau mendistribusikan data pribadi Anda
kepada dan/atau perwakilan dan/atau perusahaan induk dan/atau, pemegang saham
dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau pihak ketiga yang telah melakukan
kerja sama dengan Perusahaan, untuk tujuan administrasi dan/atau penawaran
produk/layanan, promosi, dan/atau dalam rangka peningkatan layanan terhadap
Anda.
6. Dalam hal Anda
tidak memberikan persetujuan kepada Perusahaan untuk memberikan dan/atau
menyebarluaskan data pribadi Anda kepada pihak lain (di luar Perusahaan) untuk
tujuan komersil melalui saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan syarat dan
ketentuan, Perusahaan hanya akan menggunakan data pribadi Anda yang terdapat
pada Perusahaan untuk kepentingan internal Perusahaan dan data pribadi tersebut
tidak akan diberikan dan atau disebarluaskan kepada pihak lain di luar badan
hukum Perusahaan, kecuali sebagaimana diatur pada ketentuan perundang-undangan
yang berlaku.
7. Terlepas dari
ketentuan tersebut di atas, Anda dengan ini memberikan kuasa kepada Perusahaan
untuk mengungkapkan informasi terkait Anda, termasuk namun tidak terbatas,
informasi mengenai Polis atau hal-hal khusus yang berkaitan dengan Polis dari
Anda kepada pemegang saham pengendali / pemegang saham pengendali terakhir,
anak perusahaan dan afiliasi-afiliasi, serta jaringan pemasaran Perusahaan
serta kepada otoritas terkait. baik di dalam maupun di luar negeri dengan tetap
memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
8. Anda dengan ini
memahami dan menyetujui bahwa jika Anda memberikan otorisasi dan/atau pembukaan
akses kepada Perusahaan, termasuk tetapi tidak terbatas, atas:
a. Akun media sosial Anda;
b. Akun bisnis elektronik (e-commerce) Anda;
c. Data perangkat seluler Anda;
d. Informasi resmi dari penyedia telekomunikasi Anda (tidak
termasuk data percakapan); Maka Perusahaan dapat membaca, memperoleh,
mengumpulkan, mengolah serta menganalisis informasi di akun Anda tersebut hanya
terhadap informasi yang relevan menurut Perusahaan dengan layanan atau produk
Perusahaan yang dipilih oleh Anda atau layanan atau produk Perusahaan yang akan
ditawarkan kepada Anda.
9. Anda dengan ini
menyatakan bahwa Perusahaan dibebaskan dari tuntutan/gugatan ganti rugi yang
muncul akibat kegagalan sistem dan/atau fasilitas komunikasi yang disebabkan
oleh faktor eksternal di luar kendali Perusahaan.
10. Seluruh wewenang
yang diberikan oleh Anda dalam Syarat dan Ketentuan tersebut diberikan dengan
hak substitusi, dan sepanjang kewajiban Anda terhadap Perusahaan belum
sepenuhnya selesai, wewenang tersebut tidak dapat ditarik dan diakhiri untuk
alasan apapun, termasuk tetapi tidak terbatas pada alasan yang disebutkan pada
Pasal 1813 Hukum Perdata karena wewenang tersebut adalah komponen tak
terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan yang ada.
11. Anda menyetujui dan
mengakui Perusahaan memiliki wewenang untuk meningkatkan, mengubah atau
melengkapi Syarat dan Ketentuan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Setiap perubahan, tambahan atau pembaruan atas Syarat dan Ketentuan tersebut
akan disosialisasikan melalui email Anda atau sarana komunikasi/informasi
lainnya dan Anda terikat dengan perubahan di masa mendatang tersebut.
12. Anda menyetujui untuk menerima pemberitahuan melalui
sarana elektronik sesuai ketentuan hukum yang berlaku, Syarat dan Ketentuan
ini, serta notifikasi lainnya mengenai penggunaan Anda terhadap produk/layanan
dari Aplikasi LifeForce. Sarana elektronik termasuk, namun tidak terbatas pada,
surat elektronik, atau ditampilkan pada laman situs internet perusahaan atau
pada Aplikasi LifeForce, atau melalui sarana komunikasi nirkabel. Ketentuan,
perjanjian dan notifikasi di atas akan dianggap telah diterima saat diterbitkan.
13. Anda dengan ini menyatakan telah menyetujui bahwa Anda
wajib memberikan informasi dan atau dokumen tambahan secara jelas dan akurat
sebagaimana yang diminta oleh Perusahaan terkait dengan Layanan dan profil Anda
jika dibutuhkan.
14. Dengan membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan
Ketentuan ini, Anda mengikatkan diri pada seluruh Syarat dan Ketentuan ini, dan
seluruh syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Perusahaan dan
menyatakan bahwa Perusahaan telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai
karakteristik produk atau layanan Perusahaan yang akan Anda manfaatkan dan Anda
telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan produk atau layanan
Perusahaan, berikut dengan manfaat, resiko dan biaya-biaya yang melekat pada
pada produk atau layanan Perusahaan tersebut.
H. INDEMNIFIKASI
1. Perusahaan tidak
bertanggung jawab dalam bentuk dan dengan cara apa pun atas segala kerusakan,
kerugian atau pengeluaran termasuk tanpa pembatasan, kerusakan langsung atau
tidak langsung, khusus, atau konsekuensial, atau kerugian ekonomi yang timbul
dari atau sehubungan dengan:
a. Akses atau penggunaan Aplikasi LifeForce Anda, atau
ketidakmampuan Anda untuk mengakses atau menggunakan Aplikasi LifeForce;
b. Tidak dapat diterimanya dan/atau tidak
ditindaklanjutinya komunikasi terkait Aplikasi LifeForce;
c. Segala penyalahgunaan kata sandi, OTP (One Time
Password), kode QR, dan/atau PIN, baik akibat kesengajaan atau kelalaian Anda
dalam menyimpan atau menggunakan atau mengelola kata sandi, OTP (One Time
Password), kode QR, dan/atau PIN.
d. Setiap instruksi atau transaksi yang dilakukan melalui
Aplikasi LifeForce;
e. Setiap kerugian atau penyalahgunaan atau pengungkapan
informasi yang tidak sah, yang disebabkan bukan oleh kelalaian/atau pelanggaran
oleh Perusahaan; atau
f. Kegagalan sistem, server atau koneksi, kesalahan,
kelalaian, gangguan, intersepsi, keterlambatan dalam pengoperasian atau
transmisi, atau virus komputer, serangan dunia maya, email phishing, spyware,
worm, software logic, time bomb, trojan horse atau komponen-komponen berbahaya
serupa lainnya, kecuali kerusakan atau kerugian tersebut dapat dibuktikan
berdasarkan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku disebabkan
oleh itikad tidak baik atau kesalahan yang disengaja atau kelalaian yang nyata
dari Perusahaan.
2. Bahwa Aplikasi LifeForce ini dibuat dan/atau
dioperasionalkan sesuai dengan prinsip kehati-hatian sesuai dengan peraturan
perundang-undangan dan regulasi yang berlaku dan Perusahaan tidak memberikan
jaminan dalam bentuk apa pun pada Aplikasi LifeForce, termasuk dan tidak
terbatas pada jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu
tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari Perangkat Perusak (Malware),
email phishing, yang diberikan sehubungan dengan Aplikasi LifeForce, atau
kontennya, termasuk tautan pihak ketiga apa pun.
3. Konten Aplikasi
LifeForce diberikan sebagai informasi umum dan tidak dapat digunakan sebagai
dasar untuk membuat keputusan investasi, usaha, atau komersial tertentu.
4. Bahwa Aplikasi LifeForce ini dioperasikan menggunakan
layanan telekomunikasi daring/online dan/atau internet yang diselenggarakan
oleh pihak ketiga sehingga Perusahaan tidak memberikan jaminan kestabilan
jaringan telekomunikasi sehingga dapat dimungkinkan terjadinya gangguan
transmisi, intersepsi, peretasan, fluktuasi, ketidaktepatan, cacat, kerusakan,
kehilangan, kesalahan koneksi, pemadaman transmisi, keterlambatan atau
kegagalan transmisi dan/atau transmisi data yang salah, tidak sesuai atau tidak
lengkap. Perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, gangguan,
kegagalan, penutupan atau kegagalan pemakaian (malfungsi) dalam fasilitas
internet atau komunikasi yang bukan di bawah pengendalian yang wajar dari
Perusahaan atau kecuali jika disebabkan oleh itikad tidak baik, kesalahan yang
disengaja, atau kelalaian yang nyata dari Perusahaan yang dapat mempengaruhi
ketepatan, keaslian atau ketepatan waktu dari transmisi apa pun yang dapat
dikirim.
5. Dalam
penyelenggaraan Aplikasi LifeForce ini Perusahaan menerapkan langkah-langkah keamanan
sebagaimana disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang
berlaku, oleh karena itu Anda secara personal bertanggung jawab untuk keamanan
akses dan penggunaan email Anda, layanan pesan singkat (SMS), dan seluruh pesan
lainnya yang dikirim melalui internet, Aplikasi LifeForce, atau ponsel Anda,
dan sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang
berlaku, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian
atau potensi kerugian baik secara langsung ataupun tidak langsung yang
ditimbulkan atau dialami oleh Anda sehubungan dengan atau timbul dari surel
(email), SMS, dan pesan lainnya apa pun yang dikirim (baik kepada Perusahaan,
atau oleh Perusahaan) melalui internet, Aplikasi LifeForce, atau ponsel Anda
kecuali jika disebabkan oleh itikad tidak baik, kesalahan yang disengaja, atau
kelalaian yang nyata dari Perusahaan.
I. KEADAAN KAHAR
(FORCE MAJEURE)
1. Anda akan
membebaskan Perusahaan dari segala tuntutan, jika Perusahaan tidak dapat
melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang
disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan
Perusahaan, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan,
kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik
atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem
kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Perusahaan Indonesia atau lembaga
berwenang lainnya.
2. Setelah kejadian
yang menyebabkan Perusahaan tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda
berakhir, Perusahaan akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun
waktu sesuai dengan ketentuan Perusahaan dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
J. PERTANYAAN DAN
PENGADUAN
1. Anda dapat
menghubungi Layanan Anda untuk bertanya, mengajukan permintaan, dan/atau
mengajukan pengaduan lewat fitur helpdesk yang ada di aplikasi LifeForce.
2. Jika pengaduan
tersebut terkait dengan Layanan yang telah dilakukan, Anda harus mengajukannya
paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak akses terhadap Layanan tersebut
dilakukan.
3. Perusahaan akan
melakukan pemeriksaan/penyelidikan atas pengaduan tersebut sesuai dengan
kebijakan dan prosedur yang berlaku di Perusahaan.
K. MASA BERLAKU DAN
PENGAKHIRAN
1. Syarat dan
Ketentuan ini berlaku sejak Anda menggunakan Layanan dan tetap berlaku selama
Anda belum melakukan penutupan akun pada Aplikasi LifeForce atau Anda memiliki
akun Aplikasi LifeForce yang aktif.
2. Anda sepakat dan
mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi,
menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Perusahaan
berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
3. Anda dengan ini sepakat
untuk menyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang
Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, dan/atau Layanan dapat diakhiri
(baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya)
sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau
penetapan dari hakim pengadilan.
4. Seluruh
persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Perusahaan
dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk
karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816
Kitab UndangUndang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau
Aplikasi LifeForce atau masih menggunakan dan/atau memiliki akun.
5. Anda dengan ini
membebaskan Perusahaan dari seluruh klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala
tindakan Perusahaan berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan
kepada Perusahaan dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun
pelaksanaan hak atau wewenang Perusahaan berdasarkan Syarat dan Ketentuan.
L. KETERPISAHAN
Jika terdapat ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang diketahui menjadi
batal, tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan, maka ketentuan
lainnya dari syarat dan ketentuan ini tidak akan terpengaruh. Apabila timbul
permasalahan dalam penggunaan Layanan, maka hal tersebut tidak secara otomatis
menimbulkan permasalahan dalam penggunaan aplikasi Aplikasi LifeForce secara
menyeluruh, kecuali terbukti bahwa permasalahan dalam layanan dan/atau
penggunaan produk tersebut mengakibatkan terlanggarnya Syarat dan Ketentuan
penggunaan Aplikasi LifeForce ini.
M. Perusahaan berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan,
penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan
Ketentuan ini dan kebijakan privasi dengan mengumumkannya kepada Anda antara
lain melalui Aplikasi LifeForce, situs Perusahaan dan media lain milik
Perusahaan. Anda memahami dan menyetujui bahwa apabila Anda menggunakan layanan
Aplikasi LifeForce secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan,
penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan
Ketentuan merupakan bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau
modifikasi tersebut.
Dengan melakukan klik persetujuan pada bagian bawah Syarat dan Ketentuan ini,
atau apabila Anda tetap mengakses dan menggunakan Layanan ini setelah
pemberitahuan pembaruan dari Perusahaan, maka Anda dianggap menyetujui
perubahan-perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini, sepanjang
perubahan-perubahan tersebut tidak menyangkut perubahan tujuan pemrosesan data
pribadi Anda.
KEBIJAKAN
PRIVASI LIFEFORCE
Kebijakan Privasi ini menjelaskan
bagaimana kami, PT Asuransi Jiwa IFG (“Perusahaan”), termasuk perusahaan
afiliasi, anak perusahaan dan/atau perusahaan asosiasi (“Perusahaan Afiliasi”),
melakukan pemrosesan data, termasuk pengumpulan, pengolahan, penganalisisan,
penyimpanan, pengungkapan, perbaikan, penghapusan, atau pemusnahan data-data
pribadi Anda yang diperoleh karena Anda menggunakan layanan Perusahaan,
meliputi pembelian Polis asuransi, pengajuan klaim, pengecekan saldo dana
investasi, pengkinian data dan lain-lain; dan/atau situs web/portal Perusahaan,
fitur, aplikasi, media sosial ataupun bentuk lainnya yang yang disediakan oleh
Perusahaan melalui jaringan seluler maupun jaringan internet dari waktu ke
waktu (seluruhnya kemudian disebut “Layanan”).
Kebijakan Privasi ini berlaku bagi
seluruh pengguna Layanan Perusahaan termasuk aplikasi, platform, atau berbagai
media lainnya, kecuali apabila diatur dalam kebijakan privasi yang terpisah.
1. Pendahuluan
Mohon diperhatikan saat Anda menggunakan Layanan bahwa mungkin terdapat
berbagai link ke situs web/portal lain yang disediakan demi kenyamanan Anda.
Perusahaan dalam hal ini tidak bertanggung jawab terhadap kebijakan pengelolaan
informasi pribadi di situs-situs tersebut. Kebijakan ini hanya ditujukan dan
diberlakukan terhadap Layanan Perusahaan. Perusahaan sangat menganjurkan Anda
untuk selalu melihat dan mempelajari kebijakan pengelolaan informasi pribadi di
situs-situs tersebut sebelum memberikan informasi pribadi Anda.
2. Data
Informasi yang Dikumpulkan Data Informasi yang dikumpulkan dalam
penyelenggaraan Layanan, antara lain:
(1) Data pribadi yang
dibutuhkan oleh Perusahaan untuk menyelenggarakan Layanan Perusahaan, termasuk
namun tidak terbatas pada:
a. Nomor Induk Kependudukan;
b. Nomor Kartu Keluarga;
c. Nama/Inisial;
d. Foto;
e. Sidik jari;
f. Alamat tempat tinggal;
g. Tanggal lahir;
h. Jenis kelamin;
i. Pekerjaan;
j. Nomor telepon kantor/rumah dan/atau
k. data-data pendukung lainnya yang
dibutuhkan oleh Perusahaan.
(2) Selain data pribadi
yang telah disebutkan di atas, Anda memiliki pilihan untuk memberikan data
pribadi tambahan kepada Perusahaan untuk kebutuhan personalisasi akun.
(3) Data penelusuran atas
informasi yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan Layanan. Informasi yang
berkenaan dengan data Anda termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Data pencarian, riwayat penelusuran
(termasuk tanggal dan waktu yang terekam);
b. Ketertarikan atau preferensi Anda yang
dikumpulkan dari penggunaan Layanan;
c. Foto, suara, kontak, daftar panggilan
ataupun interaksi lainnya dalam Layanan yang diizinkan oleh Anda untuk diakses
melalui perangkat yang Anda miliki. Perusahaan tidak pernah memindai atau
mengambil foto-foto album atau kamera dalam perangkat Anda;
d. Data teknis tertentu, termasuk namun
tidak terbatas pada:
i. Informasi
Uniform Resource Locator (URL) yang Anda kunjungi;
ii. Data cookie (saat Anda mengunjungi situs
web/portal Perusahaan, maka Perusahaan
akan mengumpulkan bagian data tentang Anda yang disimpan di perangkat, yang
memungkinkan Perusahaan untuk mengetahui ketika Anda mengunjungi situs
Perusahaan di masa mendatang);
iii. Advertising ID yang digunakan Perusahaan untuk
penyelenggaraan aktivitas periklanan;
iv. Log file (data log hanya digunakan dalam bentuk
agregat (keseluruhan) untuk menganalisa penggunaan Layanan yang dimiliki Perusahaan);
v. Alamat IP (Perusahaan menyimpan IP (Internet
Protocol) address, atau lokasi perangkat Anda di Internet, untuk keperluan
administrasi sistem dan troubleshooting. Perusahaan menggunakan IP address
secara agregat (keseluruhan) untuk mengetahui lokasi-lokasi yang mengakses
Layanan yang dimiliki Perusahaan);
vi. Informasi mengenai tipe perangkat yang Anda
gunakan, seperti ID unik perangkat, tipe koneksi jaringan seluler,
penyelenggara, jaringan dan kinerja perangkat, tipe browser, bahasa, informasi
yang memungkinkan pengelolaan hak digital, dan sistem operasi;
(4) Metadata tertentu
yang didapat dari penggunaan produk Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas
pada;
a. Data olahan teknis, seperti mobile
positioning, telco score, location scoring, dan advance profiling;
b. Metadata aktivitas pemakaian Anda
(aktivasi kartu, panggilan suara), penggunaan data, aktivasi layanan
Value-Added Services (“VAS”), pengisian deposit berbayar, pembayaran tagihan,
transfer deposit berbayar, pembelian konten dan paket, serta pemrofilan dan
segmentasi Anda;
(5) Data dari pemasok,
mitra bisnis dan/atau pihak ketiga lainnya yang berpartisipasi dalam proses
pengadaan barang atau jasa, mengadakan kerja sama, atau pengaturan dalam
aktivitas tertentu dengan Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Data mitra otentikasi adalah data yang
didapat apabila Anda mendaftar atau masuk untuk menggunakan Layanan Perusahaan
menggunakan kredensial pihak ketiga, Perusahaan akan mengumpulkan informasi
Anda dari pihak ketiga tersebut untuk membantu Anda membuat akun pada Layanan
Perusahaan sepanjang Anda telah memberikan persetujuan kepada layanan pihak
ketiga tersebut;
b. Data mitra pembayaran adalah data yang
didapat apabila Anda memilih untuk membayar suatu Layanan atau fitur dengan
tagihan, Perusahaan mungkin menerima data dari mitra pembayaran agar Perusahaan
dapat mengirimkan tagihan kepada Anda, memproses pembayaran Anda dan memberikan
apa yang Anda beli kepada Anda. Dalam hal terdapat tambahan data informasi yang
akan Perusahaan kumpulkan dari Anda, Perusahaan akan meminta persetujuan tambahan
dari Anda dengan tetap memperhatikan perlindungan data pribadi Anda.
3. Tujuan
Pengumpulan dan Pengolahan Data Informasi
Perusahaan memiliki tujuan untuk mengumpulkan dan mengolah Data Informasi
sebagaimana dijelaskan di atas, dengan tetap memperhatikan persetujuan yang
Anda berikan atas masingmasing tujuan, sebagai berikut:
(1)
Untuk berkomunikasi, menjalankan
prinsip Know Your Customer (KYC), penentuan kredit (credit scoring) dan
memberikan personalisasi kepada Anda terhadap pemakaian Layanan yang dimiliki
oleh Perusahaan;
(2) Untuk
melakukan diagnosa dan penyelesaian masalah terkait kesulitan dalam pengaksesan
Layanan (troubleshoot);
(3) Untuk
menyelenggarakan Layanan, mengevaluasi, dan mengembangkan fitur Layanan
Perusahaan dari waktu ke waktu;
(4)
Untuk menganalisis aktivitas, perilaku,
dan data demografis Pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai
Layanan;
(5) Untuk
menyelenggarakan undian, kontes maupun memberikan reward sebagai bentuk loyalty
lainnya kepada Anda;
(6) Untuk memproses
maupun memfasilitasi pembayaran Anda;
(7) Untuk
menawarkan iklan/promosi maupun penawaran dari pihak lain yang bekerja sama
dengan Perusahaan;
(8) Untuk
menjalankan mandat peraturan perundang-undangan;
(9) Untuk
mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari Anda;
(10)
Untuk pemeriksaan referensi dan informasi dalam hal memeriksa identitas serta
untuk mencegah penipuan dan pencucian uang;
(11) Untuk dapat dihubungkan ke, dan disimpan di,
pusat data Perusahaan, Perusahaan Afiliasi dan/atau pihak lainnya yang tunduk
pada perjanjian penyimpanan data dengan Perusahaan untuk jangka waktu dan
sebagaimana yang disyaratkan berdasarkan peraturan yang berlaku;
(12)
Untuk dapat diproses oleh Perusahaan, Perusahaan Afiliasi Perusahaan dan/atau
pihak lainnya yang tunduk pada perjanjian kolaborasi pengelolaan data dengan
Perusahaan untuk kepentingan kegiatan pemanfaatan Data Informasi untuk
menyempurnakan mutu pelayanan Perusahaan dan/atau Perusahaan Afiliasi
Perusahaan termasuk berdasarkan pengalaman Pengguna, memperluas kegiatan usaha
Perusahaan dan/atau Perusahaan Afiliasi Perusahaan serta meningkatkan nilai
perusahaan termasuk sumber pendapatan Perusahaan dan/atau perusahaan afiliasi
Perusahaan berdasarkan rencana usaha yang telah disusun oleh masing-masing dari
Perusahaan dan/atau Perusahaan Afiliasi Perusahaan. Dalam klausul ini,
“Pemrosesan Data Informasi” termasuk pengambilan keputusan yang didasarkan pada
pemrosesan secara otomatis atau manual terkait profil Anda (profiling). Istilah
memproses, diproses atau proses memiliki arti korelasi yang sama dengan
Pemrosesan.
4. Pengungkapan
Data Informasi
Data Informasi yang dikumpulkan oleh Perusahaan dapat diungkapkan kepada
pemerintah, ataupun pihak lain yang berwenang berdasarkan basis hukum yang sah,
dalam kondisi/tujuan antara lain:
(1) Di bawah hukum yang
berlaku atau untuk menanggapi proses hukum, seperti surat perintah
penggeledahan, perintah pengadilan, atau panggilan pengadilan;
(2) Untuk melindungi
keselamatan Perusahaan dan perusahaan afiliasi, keselamatan Anda atau
keselamatan orang lain atau demi kepentingan sah pihak manapun dalam konteks
keamanan nasional, penegakan hukum, litigasi, investigasi kriminal atau untuk
mencegah wabah, keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah;
(3) Untuk kepentingan
investigasi internal atas tindak pidana atau pelanggaran peraturan atau
kebijakan di lingkungan Perusahaan dan Perusahaan Afiliasi;
(4) Jika diperlukan
sehubungan dengan proses hukum yang diajukan terhadap Perusahaan, pejabat,
karyawan, afiliasi, atau vendornya;
(5) Pengungkapan data dan
informasi nasabah kepada pihak regulator;
(6) Untuk menetapkan,
melaksanakan, melindungi, mempertahankan, dan menegakkan hak-hak hukum
Perusahaan.
(7) Dalam rangka
pengungkapan data dengan mitra dan/atau Perusahaan Afiliasi, di mana Perusahaan
dengan iktikad baik dapat memberikannya dalam bentuk agregat. Dalam hal
Perusahaan melakukan pengungkapan data bukan agregat, Perusahaan akan melakukan
upaya-upaya terbaik untuk melindungi data Anda, seperti namun tidak terbatas
pada dilakukan secara anonim (dengan menghilangkan identifikasi personal milik
Anda) dan dilaksanakan setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian
kerahasiaan.
(8) Dalam hal kerja sama
dengan supplier, vendor, dan penyedia jasa yang bekerja atas nama Perusahaan,
dengan tujuan untuk menyelenggarakan Layanan, membantu melindungi dan
mengamankan sistem dan layanan Perusahaan.
(9) Untuk bekerja sama
dengan mitra dan Perusahaan Afiliasi guna peningkatan pengalaman Anda pada
Layanan, yang hanya akan dilakukan sesuai dengan tujuan pemrosesan sebagaimana
disampaikan sebelumnya, atau untuk melindungi kepentingan Pengguna, serta
tunduk pada perjanjian kolaborasi pengelolaan data dengan Perusahaan.
(10)
Terjadinya penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau
restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi seluruh atau sebagian dari bisnis
Perusahaan oleh dan/atau ke perusahaan lain, untuk keperluan transaksi
tersebut. Tindakan ini dilindungi oleh perjanjian kerahasiaan antara Perusahaan
dengan pihak ketiga yang terkait.
(11) Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan
sebagaimana dijelaskan pada bagian Tujuan Pengumpulan dan Pengolahan Data.
5. Penyimpanan
Data Informasi
Perusahaan berkomitmen untuk mengumpulkan, memproses dan menyimpan data pribadi
Anda secara enkripsi ataupun metode lainnya, dengan perlindungan terbaik
berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk menyediakan Layanan ini.
Penyimpanan Data Informasi dapat dilakukan di wilayah Indonesia maupun di luar
wilayah Indonesia dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektivitas
pengawasan sesuai hukum yang berlaku. Perusahaan akan menyimpan Data Informasi
sebagaimana disebutkan sepanjang Anda masih menggunakan Layanan dan/atau sesuai
dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.
6. Perbaikan
Data Pribadi
Dalam hal Anda menemukan kekeliruan yang ditampilkan mengenai data pribadi Anda
dikarenakan ketidakakuratan atau diperlukan dilakukan pembaruan atas data
pribadi Anda, maka Anda dapat meminta kepada Perusahaan untuk memperbaiki dan
atau memperbarui data pribadi Anda yang berada dalam pengelolaan Perusahaan,
dengan menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Syarat dan
Ketentuan.
Anda diimbau untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan
data Anda dari waktu ke waktu.
Perusahaan tidak bertanggung jawab apabila terjadi pembaharuan data yang
diberikan tidak akurat atau bahkan tidak dilakukan pembaharuan atas kelalaian
atau tidak ada respon apabila terdapat permintaan pembaharuan data dari
Perusahaan yang mengakibatkan kesalahan/kekeliruan atas layanan yang diberikan
oleh Perusahaan.
7. Penghapusan
dan Pemusnahan Data Informasi
Sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, atas permintaan/permohonan Anda
dan/atau telah melewati periode retensi sesuai ketentuan perundang-undangan
yang berlaku, Perusahaan dapat menghapus (right to erasure) dan/atau
memusnahkan Data Informasi Anda dari sistem (right to delisting) agar data
tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal:
(1) Apabila Perusahaan
perlu menyimpan Data Informasi untuk memenuhi kewajiban hukum, pajak, audit,
dan akuntansi, Perusahaan akan menyimpan Data Informasi yang diperlukan selama
anda menggunakan layanan Perusahaan atau sesuai jangka waktu yang disyaratkan
oleh perundang-undangan yang berlaku;
(2) Data pribadi dalam
Data Informasi Anda masih berada dalam periode retensi berdasarkan peraturan
perundang-undangan yang berlaku; dan/atau,
(3) Untuk keperluan
pemusnahan data pribadi dalam data informasi Anda dari sistem (right to
delisting), diperlukan penetapan pengadilan yang diajukan oleh Anda agar
Perusahaan dapat memusnahkan data pribadi dalam Data Informasi Anda yang tidak
relevan dari daftar mesin pencari yang berada di bawah pengelolaan Perusahaan.
8. Keamanan
Data Informasi
Kerahasiaan Data Informasi Anda adalah hal yang terpenting bagi Perusahaan.
Perusahaan akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan
Data Informasi Anda dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan,
penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang
tidak berwenang. Perusahaan akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga keamanan
dan melindungi Data Informasi Anda. Perusahaan dengan ini menjamin keutuhan dan
keakuratan Data Informasi apa pun yang Anda kirimkan melalui Layanan dengan
melakukan verifikasi dan Perusahaan juga menjamin akan melakukan upaya terbaik
untuk mencegah Data Informasi tersebut dicegat, diakses, diungkapkan, diubah
atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.
Dalam hal terjadi akses dan kegiatan illegal atau kegagalan perlindungan data
pribadi atas kerahasiaan Data Informasi Anda baik yang berada di dalam kendali
perusahaan ataupun yang berada di luar kendali Perusahaan, maka Perusahaan akan
memberitahukan kepada Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang
berlaku sehingga Anda dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut.
Perusahaan telah memiliki prosedur operasional untuk menanggulangi kondisi
kegagalan perlindungan data pribadi. Pada kondisi terdapat Pemrosesan Data
Informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang tidak sesuai dengan prosedur
sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, maka tanggung jawab atas hal
tersebut terdapat pada masingmasing pihak ketiga yang melakukan Pemrosesan Data
Informasi.
Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail data Anda, termasuk
username, password, email maupun OTP dengan siapapun dan harus selalu menjaga
dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan. Anda akan
membebaskan Perusahaan dari segala bentuk kerugian atau tuntutan dalam hal Anda
lalai dalam menjaga kerahasiaan detail akun Anda, termasuk username, password,
email maupun OTP, serta dalam hal Anda lalai dalam menjaga keamanan perangkat
yang Anda gunakan.
9. Pembaruan
Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu,
dengan tujuan untuk memastikan Kebijakan Privasi ini sesuai dengan perkembangan
bisnis dan/atau perkembangan hukum yang terjadi. Sehubungan dengan hal ini,
Perusahaan akan memberitahukan perubahan dan/atau pembaruan tersebut kepada
Pengguna sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku.
Dengan melakukan klik atau tindakan persetujuan pada Kebijakan Privasi ini,
atau apabila Anda tetap mengakses dan menggunakan Layanan ini setelah
pemberitahuan pembaharuan dari Perusahaan, maka Anda dianggap menyetujui
perubahan-perubahan atas Kebijakan Privasi ini, sepanjang perubahan-perubahan
tersebut tidak menyangkut perubahan informasi mengenai cakupan Data Informasi
yang dikumpulkan, Tujuan Pengolahan dan Pengumpulan Data, serta perubahan
lainnya yang berdampak pada Pemrosesan Data Informasi secara keseluruhan.
10. Pengaturan Layanan
Anda dapat memilih untuk tidak menerima layanan pemasaran, periklanan, atau
aktivitas lainnya yang terkait dengan pengolahan data dengan menghubungi
Perusahaan melalui detail kontak yang tersedia atau mekanisme lain yang
disiapkan oleh masing-masing Layanan. Mohon perhatikan jika Anda memilih untuk
tidak menerima layanan pemasaran, periklanan, atau aktivitas lainnya yang
terkait dengan pengolahan data, sebagai bentuk pemenuhan hak Pengguna, Perusahaan
tetap dapat mengirimi Anda pesan terkait penyelenggaraan Layanan Perusahaan,
termasuk namun tidak terbatas pada tanda terima transaksi, notifikasi masa
berlaku, dan SMS konfirmasi Layanan.
11. Pengakuan dan Persetujuan Dengan menyetujui
Kebijakan Privasi, Anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami
Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Anda
setuju dan memberikan persetujuan kepada kami untuk melaksanakan pengumpulan,
pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan
penghapusan data-data pribadi milik Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.