Syarat, Ketentuan dan Kebijakan LifeFORCE

SYARAT DAN KETENTUAN SERTA PERNYATAAN PENGGUNA APLIKASI TENAGA PEMASAR PT ASURANSI JIWA IFG


PENGANTAR

Dengan mengakses halaman ini dan menggunakan Layanan, berarti Anda dan Perusahaan terikat dalam suatu perjanjian. Maka dari itu, Anda dianggap telah memahami dan menyatakan setuju untuk terikat pada ketentuan yang berlaku. Perusahaan mengimbau agar Anda membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan saksama.

Syarat dan Ketentuan ini berlaku bagi seluruh pengguna yang menggunakan Layanan Perusahaan termasuk aplikasi, platform, atau berbagai media lainnya, kecuali apabila diatur dalam syarat dan ketentuan yang terpisah.

PENGELOLAAN INSTRUKSI ANDA

·        Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi atas instruksi Anda dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan (misalnya PIN, nama pengguna, kata sandi, token). Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan dan kerahasiaan atas segala jenis informasi keamanan yang digunakan dalam bertransaksi. Pastikan Anda tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada orang lain, termasuk staf Perusahaan.

·        Setelah melakukan otorisasi, kami akan menjalankan instruksi Anda.

·        Anda memahami dan menyetujui metode pengiriman informasi secara elektronik yang digunakan untuk mengirimkan data Anda dan segala risikonya. Anda menyatakan menyetujui untuk membebaskan Perusahaan dari segala kerugian yang timbul.

PENYIMPANAN DATA PRIBADI ANDA DAN INFORMASI LAINNYA

·        Anda diminta untuk memberikan data pribadi dan informasi lainnya yang dipersyaratkan dalam rangka penggunaan Aplikasi LifeForce.

·        Pastikan informasi yang Anda berikan adalah informasi yang benar dan akurat, dan mohon menginformasikan kembali kepada Perusahaan jika terdapat perubahan.

·        Kami menyimpan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan. Penggunaan data Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

·        Anda wajib memberitahukan dan menyampaikan perubahan data kepada Perusahaan. Perubahan tersebut hanya berlaku jika telah diterima dan/atau disetujui oleh Perusahaan. Dalam hal Perusahaan tidak menerima informasi apapun mengenai perubahan data, maka Perusahaan akan menggunakan data Anda yang tercatat pada sistem Perusahaan.

·        Anda wajib menanggung segala akibat dan/atau kerugian yang mungkin timbul dari kelalaian Anda dalam memperbarui data pada Perusahaan.

A.       DEFINISI

1.       “Perusahaan/kami” adalah PT Asuransi Jiwa IFG, berkedudukan di Jakarta Selatan, yang terdiri dari kantor pusat, kantor representatif, serta berbagai bentuk kantor lainnya.

2.      “Aplikasi LifeForce” adalah aplikasi/produk untuk mendukung operasional tenaga pemasar.

3.      “Anda” adalah individu yang telah cakap untuk mengadakan perjanjian yang mengikat termasuk pada Syarat dan Ketentuan ini dan untuk menggunakan Layanan yang disediakan oleh Perusahaan.

4.      “Contact Center” adalah pusat layanan nasabah Perusahaan yang dapat dihubungi lewat telepon, email, dan/atau chat.

5.      “Device” berarti semua perangkat elektronik, wireless, komunikasi, transmisi atau peralatan telekomunikasi, perangkat atau media yang termasuk dan tidak terbatas pada internet, komputer atau peralatan mobile, perangkat, terminal atau sistem yang mungkin dibutuhkan untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi LifeForce.

6.      “Polis” adalah dokumen yang dikeluarkan oleh Perusahaan termasuk syarat-syarat umum polis dan ketentuan lainnya (apabila diadakan) beserta segala tambahan/perubahannya yang memuat syarat-syarat perjanjian asuransi yang merupakan lampiran yang tak terpisahkan dari Polis.

7.      “Layanan” berarti setiap program dan/atau layanan yang digunakan/diakses oleh Anda pada situs web/portal Perusahaan dan/atau Aplikasi LifeForce, termasuk tetapi tidak terbatas pada, pembelian Polis, pengajuan klaim, pengecekan saldo dana investasi, pengkinian data, dan lain-lain.

B.       PERSYARATAN DAN TATA CARA

1.       Pendaftaran akun hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi LifeForce yang dapat diunduh melalui App Store (Apple) dan Google Play Store. Dengan demikian, Anda harus memiliki smartphone dengan kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh Perusahaan dan memiliki nomor ponsel Indonesia yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS yang dikirim oleh Perusahaan.

2.      Sebagai bagian dari proses pendaftaran akun, informasi kode agen, email, dan nomor telepon dikirim kepada Perusahaan dengan menggunakan Aplikasi LifeForce.

3.      Sebagai prasyarat, Anda wajib memberikan alamat email aktif milik sendiri yang memiliki kapasitas memadai untuk menerima pesan yang dikirim oleh Perusahaan. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas keabsahan, kepemilikan, aktivitas, dan kapasitas alamat email tersebut.

4.      Anda setuju untuk melepaskan Perusahaan dari seluruh kerugian, tanggung jawab, tuntutan, dan biaya (termasuk biaya adanya gugatan hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi instruksi Anda, kecuali Anda dapat membuktikan lain dan/atau Layanan tersebut dieksekusi karena kesalahan Perusahaan.

5.      Anda setuju bahwa Perusahaan berhak untuk menutup, memblokir, atau membekukan akun Anda dan/atau layanan/fasilitas Anda di Aplikasi LifeForce, antara lain jika:

a.      Akun Anda diduga telah disalahgunakan, meliputi tetapi tidak terbatas pada mengakomodasi dan/atau melakukan tindak kriminal dan/atau telah atau akan terjadi penipuan yang terkait dengan Polis dan/atau layanan/fasilitas Anda termasuk yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan pihak lain, dan/atau Perusahaan.

b.      Anda memberikan data/informasi yang dianggap mencurigakan oleh Perusahaan dan/atau memberikan data/informasi palsu/tidak valid/tidak lengkap, dan/atau tidak bersedia memberikan data/informasi apapun yang diminta oleh Perusahaan sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.

c.      Profil data Anda termasuk dalam Daftar Teroris dan Terduga Teroris (DTTOT) dan Daftar proliferasi senjata pemusnah massal.

d.      Profil data Anda sesuai dengan daftar hitam yang diterbitkan oleh regulator.

e.      Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat
Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Kantor Pajak, atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.



C.       MANFAAT DAN RISIKO

Manfaat

a.      Aplikasi LifeForce tersedia bagi Anda untuk mengakses Layanan yang disediakan oleh Perusahaan. Anda akan dibantu oleh supervisor dan tim LifeForce untuk mendapatkan Layanan tertentu pada saat Aplikasi LifeForce tidak dapat digunakan karena alasan yang kuat.

b.      Sebagai Contact Center yang tersedia untuk membantu Anda seperti pengajuan pertanyaan atau pengaduan.

c.      Menjadi sarana penyimpanan data calon nasabah, pencatatan aktifitas penjualan, pembuatan penawaran, dan proses pengajuan polis.

Risiko

a.      Perusahaan tidak pernah meminta kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui email ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi Perusahaan) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan Perusahaan yang meminta Anda untuk memberikan kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN.

b.      Anda bertanggung jawab untuk memastikan seluruh data dan instruksi yang diberikan pada Perusahaan telah benar dan lengkap. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas dampak apapun yang dapat disebabkan oleh kelalaian, ketidaklengkapan atau ketidakjelasan data dan/atau instruksi yang diberikan oleh Anda.

c.      Untuk setiap Layanan, data dan/atau instruksi yang diberikan Anda akan dianggap benar dan valid untuk dieksekusi oleh Perusahaan.

d.      Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan berhak untuk tidak menjalankan instruksi Anda meliputi, tetapi tidak terbatas pada keadaan berikut:

i.                 Dokumen dan/atau data yang diberikan Anda tidak sesuai;

ii.                Akun Anda dikenakan penyitaan atau blokir;

iii.               Perusahaan memiliki alasan untuk mencurigai adanya tindakan fraud atau kriminal.

e.      Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan berhak untuk menghentikan sementara akses Layanan untuk periode yang telah ditentukan untuk tujuan pemeliharaan, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh Perusahaan, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya pada Anda dan tanpa bertanggung jawab pada siapapun.

f.        Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan memiliki hak mutlak untuk memperbarui, memodifikasi, atau mengubah situs web atau perangkat lunak apapun (termasuk Aplikasi LifeForce atau aplikasi lainnya) yang digunakan untuk mengakses Aplikasi LifeForce sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan tanpa memberikan alasan apapun.

g.      Anda dengan ini setuju bahwa Perusahaan berhak untuk tidak mendukung versi sebelumnya dari perangkat lunak (mobile app) yang digunakan. Jika Anda gagal untuk memperbarui perangkat lunak yang relevan atau menggunakan versi yang disempurnakan, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang ditimbulkannya.

h.      Perusahaan tidak bertanggung jawab atas penggunaan Aplikasi LifeForce, pada perangkat yang tidak didukung oleh Aplikasi LifeForce, termasuk namun tidak terbatas pada perangkat yang dijailbreak atau root.


D.      INFORMASI KEAMANAN

1.       Informasi keamanan berupa nama pengguna, kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN akan dibutuhkan untuk login, aktivasi perangkat, dan mengeksekusi setiap Layanan yang menurut Perusahaan dibutuhkan sebagai tujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan ditentukan dan ditetapkan oleh Anda, Anda harus memastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak memasukkan kata sandi yang mudah ditebak serta informasi diri seperti tanggal lahir dan alamat. Penggunaan informasi tersebut akan dianggap sebagai kelalaian Anda. Anda bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan kerahasiaan seluruh penggunaan Aplikasi LifeForce milik tenaga pemasar.

2.      Informasi keamanan akan menjadi rahasia di bawah tanggung jawab Anda, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan setara dengan instruksi tertulis yang ditandatangani oleh Anda, dan akan diperlakukan sebagai otorisasi eksplisit oleh Anda dalam mengakses Layanan.

3.      Perusahaan akan mengajukan proses verifikasi yang memenuhi standar Perusahaan untuk memungkinkan Anda mengakses Layanan.

4.      Anda menyetujui untuk membebaskan Perusahaan dari segala kerugian, tanggung jawab, klaim dan biaya (termasuk biaya hukum) yang mungkin terjadi dalam kaitannya dengan pelaksanaan instruksi dari Perusahaan berdasarkan otorisasi Anda, kecuali dijalankan karena kesalahan dari Perusahaan.

5.      Anda bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan perangkat lunak dan/atau peralatan yang diperlukan untuk dapat mengakses Aplikasi LifeForce dengan risiko yang ditanggung Anda.

6.      Anda juga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan (termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh Anda untuk mengakses Aplikasi LifeForce.

7.      Anda harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk mengakses Aplikasi LifeForce bebas dari kegagalan elektronik, mekanik, data yang gagal atau terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya/tidak diizinkan oleh penyedia layanan telekomunikasi, atau produsen atau vendor dari peralatan yang relevan. Dalam hal ini termasuk:

a.      Penggunaan komputer pribadi Anda, perangkat mobile dan/atau terminal Anda lainnya dengan perangkat lunak berupa anti-virus terbaru, anti-malware dan firewall yang tersedia dan perangkat lunak yang digunakan secara teratur selalu diperbarui dan dijalankan dengan anti-virus signatures terbaru;

b.      Memastikan bahwa Anda tidak melakukan jailbreak, root atau memodifikasi perangkat mobile dan/atau peralatan lainnya, atau mengunduh aplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat lebih rentan terhadap virus dan malware.

8.      Anda menyetujui bahwa Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kegagalan elektronik maupun mekanik, atau data yang terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya lainnya dari jenis apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan oleh penyedia layanan internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.

9.      Perusahaan dibebaskan oleh Anda dari segala kerugian dan dampak hukum yang muncul disebabkan oleh pelanggaran ketentuan Layanan, sehingga membuat Anda termasuk dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan/atau Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.

10.    Dengan mengakses Layanan, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Perusahaan akan diperlakukan sebagai bukti sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Perusahaan dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda, kecuali kesalahan eksekusi dari instruksi diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian pihak Perusahaan.


E.       PROPERTI INTELEKTUAL

1.       Semua kekayaan intelektual yang terkandung dalam atau di Aplikasi LifeForce dan situs Perusahaan, dimiliki oleh Perusahaan atau pemberi lisensinya. Semua konten dalam program Aplikasi LifeForce situs Perusahaan, termasuk, namun tidak terbatas pada, teks, perangkat lunak, skrip, kode, desain, grafik, foto, suara, musik, video, fitur interaktif, dan semua konten lainnya (“Konten”) adalah karya kolektif berdasarkan undang-undang hak cipta yang berlaku dan merupakan milik Perusahaan. Perusahaan berhak atas semua haknya sehubungan dengan Hak Kekayaan Intelektual (“HKI”) yang terdapat dalam program Aplikasi LifeForce dan situs Perusahaan sehubungan dengan Konten.

2.      Secara khusus, Aplikasi LifeForce dan situs Perusahaan berisi merek dagang termasuk, namun tidak terbatas pada, tanda dan logo “IFG Life”. Semua merek dagang yang disertakan sebagai bagian dari Aplikasi LifeForce dan situs Perusahaan dimiliki oleh Perusahaan atau pemberi lisensinya. Perusahaan berhak atas semua haknya sehubungan dengan merek dagang yang disertakan sebagai bagian dari Aplikasi LifeForce situs Perusahaan.

3.      Tidak ada dalam Syarat dan Ketentuan ini atau sebaliknya yang akan ditafsirkan sebagai pemberian kepada Anda lisensi HKI yang dimiliki oleh Perusahaan atau pemberi lisensinya.


F.       HUKUM DAN YURISDIKSI YANG BERLAKU

1.       Interpretasi dan implementasi Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

2.      Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

a.      Salah satu pihak baik Anda atau Perusahaan (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);

b.      Jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua;

c.      Proses mediasi oleh Mediator khusus akan diselesaikan oleh satu arbiter yang ditunjuk berdasarkan Peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan atau Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK);

d.      Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan putusan arbitrase yang final dan mengikat;

e.      Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial.

3.      Sehubungan dengan kuasa yang tidak ditarik kembali yang Anda berikan kepada Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, kuasa tersebut akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk alasan-alasan yang dimaksud dan diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali dalam hal Anda telah berhenti mengakses Layanan dan menutup akun Aplikasi LifeForce.


G.      PERNYATAAN DAN WEWENANG

1.       Anda dengan ini menyatakan bahwa setiap data, deskripsi dan tanda tangan elektronik Anda pada Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan yang digunakan oleh Anda, berbagai dokumen pendukung lain yang terkait dengan Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan yang digunakan oleh Anda, serta tiap instruksi operasional pada Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan yang digunakan oleh Anda, serta wewenang yang diberikan oleh Anda pada pihak ketiga (jika ada) dan wewenang yang diberikan pada Perusahaan adalah valid dan sah serta mengikat pada seluruh jenis layanan/fasilitas Perusahaan yang digunakan oleh Anda, kecuali jika dinyatakan lain. Anda diwajibkan untuk segera memberikan informasi pada Perusahaan atas tiap perubahan nama, alamat, nomor telepon, NPWP dan hal lain yang menyimpang/berbeda dari data/deskripsi yang sebelumnya diberikan oleh Anda pada Perusahaan terkait dengan Polis dan/atau proses registrasi akun Anda pada Aplikasi LifeForce. Kelalaian Anda dalam memberitahukan perubahan tersebut pada Perusahaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Penyampaian data oleh Anda kepada Perusahaan pada atau melalui Aplikasi LifeForce dan/atau layanan/fasilitas Perusahaan atau sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain di mana Anda merupakan pihak atau di mana Anda atau aset Anda terikat.

2.      Anda dengan ini menyatakan bahwa:

a.      Perusahaan berhak untuk melakukan pengujian terhadap validitas data yang diberikan oleh Anda pada Aplikasi LifeForce atau aplikasi untuk mengikuti fasilitas/layanan Perusahaan atau aplikasi serupa; dan berhak untuk meminta data tambahan yang dibutuhkan oleh Perusahaan dalam rangka penggunaan layanan;

b.      Perusahaan telah memberikan penjelasan memadai mengenai karakteristik produk Perusahaan yang akan digunakan dan Anda telah memahami seluruh konsekuensi dari penggunaan produk Perusahaan tersebut, termasuk keuntungan, risiko, biaya yang ditimbulkan terkait dengan produk.

3.      Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun Aplikasi LifeForce, kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan akun Aplikasi LifeForce kepada orang lain atau pihak manapun.

4.     Dengan mengakses Layanan, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Perusahaan akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Perusahaan dan rekanan-rekanan Perusahaan dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.

5.      Anda setuju untuk mengizinkan Perusahaan memberikan dan/atau mendistribusikan data pribadi Anda kepada dan/atau perwakilan dan/atau perusahaan induk dan/atau, pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau pihak ketiga yang telah melakukan kerja sama dengan Perusahaan, untuk tujuan administrasi dan/atau penawaran produk/layanan, promosi, dan/atau dalam rangka peningkatan layanan terhadap Anda.

6.      Dalam hal Anda tidak memberikan persetujuan kepada Perusahaan untuk memberikan dan/atau menyebarluaskan data pribadi Anda kepada pihak lain (di luar Perusahaan) untuk tujuan komersil melalui saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan syarat dan ketentuan, Perusahaan hanya akan menggunakan data pribadi Anda yang terdapat pada Perusahaan untuk kepentingan internal Perusahaan dan data pribadi tersebut tidak akan diberikan dan atau disebarluaskan kepada pihak lain di luar badan hukum Perusahaan, kecuali sebagaimana diatur pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

7.      Terlepas dari ketentuan tersebut di atas, Anda dengan ini memberikan kuasa kepada Perusahaan untuk mengungkapkan informasi terkait Anda, termasuk namun tidak terbatas, informasi mengenai Polis atau hal-hal khusus yang berkaitan dengan Polis dari Anda kepada pemegang saham pengendali / pemegang saham pengendali terakhir, anak perusahaan dan afiliasi-afiliasi, serta jaringan pemasaran Perusahaan serta kepada otoritas terkait. baik di dalam maupun di luar negeri dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

8.      Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa jika Anda memberikan otorisasi dan/atau pembukaan akses kepada Perusahaan, termasuk tetapi tidak terbatas, atas:

a.      Akun media sosial Anda;

b.      Akun bisnis elektronik (e-commerce) Anda;

c.      Data perangkat seluler Anda;

d.      Informasi resmi dari penyedia telekomunikasi Anda (tidak termasuk data percakapan); Maka Perusahaan dapat membaca, memperoleh, mengumpulkan, mengolah serta menganalisis informasi di akun Anda tersebut hanya terhadap informasi yang relevan menurut Perusahaan dengan layanan atau produk Perusahaan yang dipilih oleh Anda atau layanan atau produk Perusahaan yang akan ditawarkan kepada Anda.

9.      Anda dengan ini menyatakan bahwa Perusahaan dibebaskan dari tuntutan/gugatan ganti rugi yang muncul akibat kegagalan sistem dan/atau fasilitas komunikasi yang disebabkan oleh faktor eksternal di luar kendali Perusahaan.

10.    Seluruh wewenang yang diberikan oleh Anda dalam Syarat dan Ketentuan tersebut diberikan dengan hak substitusi, dan sepanjang kewajiban Anda terhadap Perusahaan belum sepenuhnya selesai, wewenang tersebut tidak dapat ditarik dan diakhiri untuk alasan apapun, termasuk tetapi tidak terbatas pada alasan yang disebutkan pada Pasal 1813 Hukum Perdata karena wewenang tersebut adalah komponen tak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan yang ada.

11.      Anda menyetujui dan mengakui Perusahaan memiliki wewenang untuk meningkatkan, mengubah atau melengkapi Syarat dan Ketentuan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap perubahan, tambahan atau pembaruan atas Syarat dan Ketentuan tersebut akan disosialisasikan melalui email Anda atau sarana komunikasi/informasi lainnya dan Anda terikat dengan perubahan di masa mendatang tersebut.

12.    Anda menyetujui untuk menerima pemberitahuan melalui sarana elektronik sesuai ketentuan hukum yang berlaku, Syarat dan Ketentuan ini, serta notifikasi lainnya mengenai penggunaan Anda terhadap produk/layanan dari Aplikasi LifeForce. Sarana elektronik termasuk, namun tidak terbatas pada, surat elektronik, atau ditampilkan pada laman situs internet perusahaan atau pada Aplikasi LifeForce, atau melalui sarana komunikasi nirkabel. Ketentuan, perjanjian dan notifikasi di atas akan dianggap telah diterima saat diterbitkan.

13.    Anda dengan ini menyatakan telah menyetujui bahwa Anda wajib memberikan informasi dan atau dokumen tambahan secara jelas dan akurat sebagaimana yang diminta oleh Perusahaan terkait dengan Layanan dan profil Anda jika dibutuhkan.

14.    Dengan membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda mengikatkan diri pada seluruh Syarat dan Ketentuan ini, dan seluruh syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Perusahaan dan menyatakan bahwa Perusahaan telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik produk atau layanan Perusahaan yang akan Anda manfaatkan dan Anda telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan produk atau layanan Perusahaan, berikut dengan manfaat, resiko dan biaya-biaya yang melekat pada pada produk atau layanan Perusahaan tersebut.


H.      INDEMNIFIKASI

1.       Perusahaan tidak bertanggung jawab dalam bentuk dan dengan cara apa pun atas segala kerusakan, kerugian atau pengeluaran termasuk tanpa pembatasan, kerusakan langsung atau tidak langsung, khusus, atau konsekuensial, atau kerugian ekonomi yang timbul dari atau sehubungan dengan:

a.      Akses atau penggunaan Aplikasi LifeForce Anda, atau ketidakmampuan Anda untuk mengakses atau menggunakan Aplikasi LifeForce;

b.      Tidak dapat diterimanya dan/atau tidak ditindaklanjutinya komunikasi terkait Aplikasi LifeForce;

c.      Segala penyalahgunaan kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN, baik akibat kesengajaan atau kelalaian Anda dalam menyimpan atau menggunakan atau mengelola kata sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan/atau PIN.

d.      Setiap instruksi atau transaksi yang dilakukan melalui Aplikasi LifeForce;

e.      Setiap kerugian atau penyalahgunaan atau pengungkapan informasi yang tidak sah, yang disebabkan bukan oleh kelalaian/atau pelanggaran oleh Perusahaan; atau

f.       Kegagalan sistem, server atau koneksi, kesalahan, kelalaian, gangguan, intersepsi, keterlambatan dalam pengoperasian atau transmisi, atau virus komputer, serangan dunia maya, email phishing, spyware, worm, software logic, time bomb, trojan horse atau komponen-komponen berbahaya serupa lainnya, kecuali kerusakan atau kerugian tersebut dapat dibuktikan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku disebabkan oleh itikad tidak baik atau kesalahan yang disengaja atau kelalaian yang nyata dari Perusahaan.

2.      Bahwa Aplikasi LifeForce ini dibuat dan/atau dioperasionalkan sesuai dengan prinsip kehati-hatian sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku dan Perusahaan tidak memberikan jaminan dalam bentuk apa pun pada Aplikasi LifeForce, termasuk dan tidak terbatas pada jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari Perangkat Perusak (Malware), email phishing, yang diberikan sehubungan dengan Aplikasi LifeForce, atau kontennya, termasuk tautan pihak ketiga apa pun.

3.      Konten Aplikasi LifeForce diberikan sebagai informasi umum dan tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan investasi, usaha, atau komersial tertentu.

4.     Bahwa Aplikasi LifeForce ini dioperasikan menggunakan layanan telekomunikasi daring/online dan/atau internet yang diselenggarakan oleh pihak ketiga sehingga Perusahaan tidak memberikan jaminan kestabilan jaringan telekomunikasi sehingga dapat dimungkinkan terjadinya gangguan transmisi, intersepsi, peretasan, fluktuasi, ketidaktepatan, cacat, kerusakan, kehilangan, kesalahan koneksi, pemadaman transmisi, keterlambatan atau kegagalan transmisi dan/atau transmisi data yang salah, tidak sesuai atau tidak lengkap. Perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, gangguan, kegagalan, penutupan atau kegagalan pemakaian (malfungsi) dalam fasilitas internet atau komunikasi yang bukan di bawah pengendalian yang wajar dari Perusahaan atau kecuali jika disebabkan oleh itikad tidak baik, kesalahan yang disengaja, atau kelalaian yang nyata dari Perusahaan yang dapat mempengaruhi ketepatan, keaslian atau ketepatan waktu dari transmisi apa pun yang dapat dikirim.

5.      Dalam penyelenggaraan Aplikasi LifeForce ini Perusahaan menerapkan langkah-langkah keamanan sebagaimana disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, oleh karena itu Anda secara personal bertanggung jawab untuk keamanan akses dan penggunaan email Anda, layanan pesan singkat (SMS), dan seluruh pesan lainnya yang dikirim melalui internet, Aplikasi LifeForce, atau ponsel Anda, dan sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian atau potensi kerugian baik secara langsung ataupun tidak langsung yang ditimbulkan atau dialami oleh Anda sehubungan dengan atau timbul dari surel (email), SMS, dan pesan lainnya apa pun yang dikirim (baik kepada Perusahaan, atau oleh Perusahaan) melalui internet, Aplikasi LifeForce, atau ponsel Anda kecuali jika disebabkan oleh itikad tidak baik, kesalahan yang disengaja, atau kelalaian yang nyata dari Perusahaan.


I.         KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)

1.       Anda akan membebaskan Perusahaan dari segala tuntutan, jika Perusahaan tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Perusahaan, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Perusahaan Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.

2.      Setelah kejadian yang menyebabkan Perusahaan tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda berakhir, Perusahaan akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan Perusahaan dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.


J.        PERTANYAAN DAN PENGADUAN

1.       Anda dapat menghubungi Layanan Anda untuk bertanya, mengajukan permintaan, dan/atau mengajukan pengaduan lewat fitur helpdesk yang ada di aplikasi LifeForce.

2.       Jika pengaduan tersebut terkait dengan Layanan yang telah dilakukan, Anda harus mengajukannya paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak akses terhadap Layanan tersebut dilakukan.

3.      Perusahaan akan melakukan pemeriksaan/penyelidikan atas pengaduan tersebut sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Perusahaan.


K.       MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN

1.       Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak Anda menggunakan Layanan dan tetap berlaku selama Anda belum melakukan penutupan akun pada Aplikasi LifeForce atau Anda memiliki akun Aplikasi LifeForce yang aktif.

2.      Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Perusahaan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.

3.      Anda dengan ini sepakat untuk menyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.

4.      Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Perusahaan dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab UndangUndang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi LifeForce atau masih menggunakan dan/atau memiliki akun.

5.       Anda dengan ini membebaskan Perusahaan dari seluruh klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Perusahaan berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Perusahaan dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Perusahaan berdasarkan Syarat dan Ketentuan.


L.       KETERPISAHAN
Jika terdapat ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang diketahui menjadi batal, tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan, maka ketentuan lainnya dari syarat dan ketentuan ini tidak akan terpengaruh. Apabila timbul permasalahan dalam penggunaan Layanan, maka hal tersebut tidak secara otomatis menimbulkan permasalahan dalam penggunaan aplikasi Aplikasi LifeForce secara menyeluruh, kecuali terbukti bahwa permasalahan dalam layanan dan/atau penggunaan produk tersebut mengakibatkan terlanggarnya Syarat dan Ketentuan penggunaan Aplikasi LifeForce ini.


M.    Perusahaan berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini dan kebijakan privasi dengan mengumumkannya kepada Anda antara lain melalui Aplikasi LifeForce, situs Perusahaan dan media lain milik Perusahaan. Anda memahami dan menyetujui bahwa apabila Anda menggunakan layanan Aplikasi LifeForce secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan, penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan merupakan bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut.

Dengan melakukan klik persetujuan pada bagian bawah Syarat dan Ketentuan ini, atau apabila Anda tetap mengakses dan menggunakan Layanan ini setelah pemberitahuan pembaruan dari Perusahaan, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini, sepanjang perubahan-perubahan tersebut tidak menyangkut perubahan tujuan pemrosesan data pribadi Anda.

 

KEBIJAKAN PRIVASI LIFEFORCE

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami, PT Asuransi Jiwa IFG (“Perusahaan”), termasuk perusahaan afiliasi, anak perusahaan dan/atau perusahaan asosiasi (“Perusahaan Afiliasi”), melakukan pemrosesan data, termasuk pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan, penghapusan, atau pemusnahan data-data pribadi Anda yang diperoleh karena Anda menggunakan layanan Perusahaan, meliputi pembelian Polis asuransi, pengajuan klaim, pengecekan saldo dana investasi, pengkinian data dan lain-lain; dan/atau situs web/portal Perusahaan, fitur, aplikasi, media sosial ataupun bentuk lainnya yang yang disediakan oleh Perusahaan melalui jaringan seluler maupun jaringan internet dari waktu ke waktu (seluruhnya kemudian disebut “Layanan”).

Kebijakan Privasi ini berlaku bagi seluruh pengguna Layanan Perusahaan termasuk aplikasi, platform, atau berbagai media lainnya, kecuali apabila diatur dalam kebijakan privasi yang terpisah.

1.       Pendahuluan
Mohon diperhatikan saat Anda menggunakan Layanan bahwa mungkin terdapat berbagai link ke situs web/portal lain yang disediakan demi kenyamanan Anda. Perusahaan dalam hal ini tidak bertanggung jawab terhadap kebijakan pengelolaan informasi pribadi di situs-situs tersebut. Kebijakan ini hanya ditujukan dan diberlakukan terhadap Layanan Perusahaan. Perusahaan sangat menganjurkan Anda untuk selalu melihat dan mempelajari kebijakan pengelolaan informasi pribadi di situs-situs tersebut sebelum memberikan informasi pribadi Anda.

2.      Data Informasi yang Dikumpulkan Data Informasi yang dikumpulkan dalam penyelenggaraan Layanan, antara lain:

(1)     Data pribadi yang dibutuhkan oleh Perusahaan untuk menyelenggarakan Layanan Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Nomor Induk Kependudukan;

b. Nomor Kartu Keluarga;

c. Nama/Inisial;

d. Foto;

e. Sidik jari;

f. Alamat tempat tinggal;

g. Tanggal lahir;

h. Jenis kelamin;

i. Pekerjaan;

j. Nomor telepon kantor/rumah dan/atau

k. data-data pendukung lainnya yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

(2)    Selain data pribadi yang telah disebutkan di atas, Anda memiliki pilihan untuk memberikan data pribadi tambahan kepada Perusahaan untuk kebutuhan personalisasi akun.

(3)    Data penelusuran atas informasi yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan Layanan. Informasi yang berkenaan dengan data Anda termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Data pencarian, riwayat penelusuran (termasuk tanggal dan waktu yang terekam);

b. Ketertarikan atau preferensi Anda yang dikumpulkan dari penggunaan Layanan;

c. Foto, suara, kontak, daftar panggilan ataupun interaksi lainnya dalam Layanan yang diizinkan oleh Anda untuk diakses melalui perangkat yang Anda miliki. Perusahaan tidak pernah memindai atau mengambil foto-foto album atau kamera dalam perangkat Anda;

d. Data teknis tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada:

                                                                                 i. Informasi Uniform Resource Locator (URL) yang Anda kunjungi;

                                                                               ii. Data cookie (saat Anda mengunjungi situs web/portal Perusahaan,   maka Perusahaan akan mengumpulkan bagian data tentang Anda yang disimpan di perangkat, yang memungkinkan Perusahaan untuk mengetahui ketika Anda mengunjungi situs Perusahaan di masa mendatang);

                                                                             iii. Advertising ID yang digunakan Perusahaan untuk penyelenggaraan aktivitas periklanan;

                                                                              iv. Log file (data log hanya digunakan dalam bentuk agregat (keseluruhan) untuk menganalisa penggunaan Layanan yang dimiliki Perusahaan);

                                                                               v. Alamat IP (Perusahaan menyimpan IP (Internet Protocol) address, atau lokasi perangkat Anda di Internet, untuk keperluan administrasi sistem dan troubleshooting. Perusahaan menggunakan IP address secara agregat (keseluruhan) untuk mengetahui lokasi-lokasi yang mengakses Layanan yang dimiliki Perusahaan);

                                                                              vi. Informasi mengenai tipe perangkat yang Anda gunakan, seperti ID unik perangkat, tipe koneksi jaringan seluler, penyelenggara, jaringan dan kinerja perangkat, tipe browser, bahasa, informasi yang memungkinkan pengelolaan hak digital, dan sistem operasi;

(4)    Metadata tertentu yang didapat dari penggunaan produk Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada;

a. Data olahan teknis, seperti mobile positioning, telco score, location scoring, dan advance profiling;

b. Metadata aktivitas pemakaian Anda (aktivasi kartu, panggilan suara), penggunaan data, aktivasi layanan Value-Added Services (“VAS”), pengisian deposit berbayar, pembayaran tagihan, transfer deposit berbayar, pembelian konten dan paket, serta pemrofilan dan segmentasi Anda;

(5)    Data dari pemasok, mitra bisnis dan/atau pihak ketiga lainnya yang berpartisipasi dalam proses pengadaan barang atau jasa, mengadakan kerja sama, atau pengaturan dalam aktivitas tertentu dengan Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Data mitra otentikasi adalah data yang didapat apabila Anda mendaftar atau masuk untuk menggunakan Layanan Perusahaan menggunakan kredensial pihak ketiga, Perusahaan akan mengumpulkan informasi Anda dari pihak ketiga tersebut untuk membantu Anda membuat akun pada Layanan Perusahaan sepanjang Anda telah memberikan persetujuan kepada layanan pihak ketiga tersebut;

b. Data mitra pembayaran adalah data yang didapat apabila Anda memilih untuk membayar suatu Layanan atau fitur dengan tagihan, Perusahaan mungkin menerima data dari mitra pembayaran agar Perusahaan dapat mengirimkan tagihan kepada Anda, memproses pembayaran Anda dan memberikan apa yang Anda beli kepada Anda. Dalam hal terdapat tambahan data informasi yang akan Perusahaan kumpulkan dari Anda, Perusahaan akan meminta persetujuan tambahan dari Anda dengan tetap memperhatikan perlindungan data pribadi Anda.

3.      Tujuan Pengumpulan dan Pengolahan Data Informasi
Perusahaan memiliki tujuan untuk mengumpulkan dan mengolah Data Informasi sebagaimana dijelaskan di atas, dengan tetap memperhatikan persetujuan yang Anda berikan atas masingmasing tujuan, sebagai berikut:

(1)   Untuk berkomunikasi, menjalankan prinsip Know Your Customer (KYC), penentuan kredit (credit scoring) dan memberikan personalisasi kepada Anda terhadap pemakaian Layanan yang dimiliki oleh Perusahaan;

(2)    Untuk melakukan diagnosa dan penyelesaian masalah terkait kesulitan dalam pengaksesan Layanan (troubleshoot);

(3)    Untuk menyelenggarakan Layanan, mengevaluasi, dan mengembangkan fitur Layanan Perusahaan dari waktu ke waktu;

(4)   Untuk menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis Pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai Layanan;

(5)    Untuk menyelenggarakan undian, kontes maupun memberikan reward sebagai bentuk loyalty lainnya kepada Anda;

(6)    Untuk memproses maupun memfasilitasi pembayaran Anda;

(7)   Untuk menawarkan iklan/promosi maupun penawaran dari pihak lain yang bekerja sama dengan Perusahaan;

(8)   Untuk menjalankan mandat peraturan perundang-undangan;

(9)   Untuk mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari Anda;

(10) Untuk pemeriksaan referensi dan informasi dalam hal memeriksa identitas serta untuk mencegah penipuan dan pencucian uang;

(11)  Untuk dapat dihubungkan ke, dan disimpan di, pusat data Perusahaan, Perusahaan Afiliasi dan/atau pihak lainnya yang tunduk pada perjanjian penyimpanan data dengan Perusahaan untuk jangka waktu dan sebagaimana yang disyaratkan berdasarkan peraturan yang berlaku;

(12) Untuk dapat diproses oleh Perusahaan, Perusahaan Afiliasi Perusahaan dan/atau pihak lainnya yang tunduk pada perjanjian kolaborasi pengelolaan data dengan Perusahaan untuk kepentingan kegiatan pemanfaatan Data Informasi untuk menyempurnakan mutu pelayanan Perusahaan dan/atau Perusahaan Afiliasi Perusahaan termasuk berdasarkan pengalaman Pengguna, memperluas kegiatan usaha Perusahaan dan/atau Perusahaan Afiliasi Perusahaan serta meningkatkan nilai perusahaan termasuk sumber pendapatan Perusahaan dan/atau perusahaan afiliasi Perusahaan berdasarkan rencana usaha yang telah disusun oleh masing-masing dari Perusahaan dan/atau Perusahaan Afiliasi Perusahaan. Dalam klausul ini, “Pemrosesan Data Informasi” termasuk pengambilan keputusan yang didasarkan pada pemrosesan secara otomatis atau manual terkait profil Anda (profiling). Istilah memproses, diproses atau proses memiliki arti korelasi yang sama dengan Pemrosesan.

4.      Pengungkapan Data Informasi
Data Informasi yang dikumpulkan oleh Perusahaan dapat diungkapkan kepada pemerintah, ataupun pihak lain yang berwenang berdasarkan basis hukum yang sah, dalam kondisi/tujuan antara lain:

(1)    Di bawah hukum yang berlaku atau untuk menanggapi proses hukum, seperti surat perintah penggeledahan, perintah pengadilan, atau panggilan pengadilan;

(2)    Untuk melindungi keselamatan Perusahaan dan perusahaan afiliasi, keselamatan Anda atau keselamatan orang lain atau demi kepentingan sah pihak manapun dalam konteks keamanan nasional, penegakan hukum, litigasi, investigasi kriminal atau untuk mencegah wabah, keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah;

(3)    Untuk kepentingan investigasi internal atas tindak pidana atau pelanggaran peraturan atau kebijakan di lingkungan Perusahaan dan Perusahaan Afiliasi;

(4)    Jika diperlukan sehubungan dengan proses hukum yang diajukan terhadap Perusahaan, pejabat, karyawan, afiliasi, atau vendornya;

(5)    Pengungkapan data dan informasi nasabah kepada pihak regulator;

(6)    Untuk menetapkan, melaksanakan, melindungi, mempertahankan, dan menegakkan hak-hak hukum Perusahaan.

(7)    Dalam rangka pengungkapan data dengan mitra dan/atau Perusahaan Afiliasi, di mana Perusahaan dengan iktikad baik dapat memberikannya dalam bentuk agregat. Dalam hal Perusahaan melakukan pengungkapan data bukan agregat, Perusahaan akan melakukan upaya-upaya terbaik untuk melindungi data Anda, seperti namun tidak terbatas pada dilakukan secara anonim (dengan menghilangkan identifikasi personal milik Anda) dan dilaksanakan setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian kerahasiaan.

(8)    Dalam hal kerja sama dengan supplier, vendor, dan penyedia jasa yang bekerja atas nama Perusahaan, dengan tujuan untuk menyelenggarakan Layanan, membantu melindungi dan mengamankan sistem dan layanan Perusahaan.

(9)    Untuk bekerja sama dengan mitra dan Perusahaan Afiliasi guna peningkatan pengalaman Anda pada Layanan, yang hanya akan dilakukan sesuai dengan tujuan pemrosesan sebagaimana disampaikan sebelumnya, atau untuk melindungi kepentingan Pengguna, serta tunduk pada perjanjian kolaborasi pengelolaan data dengan Perusahaan.

(10) Terjadinya penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi seluruh atau sebagian dari bisnis Perusahaan oleh dan/atau ke perusahaan lain, untuk keperluan transaksi tersebut. Tindakan ini dilindungi oleh perjanjian kerahasiaan antara Perusahaan dengan pihak ketiga yang terkait.

(11)  Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagaimana dijelaskan pada bagian Tujuan Pengumpulan dan Pengolahan Data.

5.      Penyimpanan Data Informasi
Perusahaan berkomitmen untuk mengumpulkan, memproses dan menyimpan data pribadi Anda secara enkripsi ataupun metode lainnya, dengan perlindungan terbaik berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk menyediakan Layanan ini. Penyimpanan Data Informasi dapat dilakukan di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektivitas pengawasan sesuai hukum yang berlaku. Perusahaan akan menyimpan Data Informasi sebagaimana disebutkan sepanjang Anda masih menggunakan Layanan dan/atau sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

6.      Perbaikan Data Pribadi
Dalam hal Anda menemukan kekeliruan yang ditampilkan mengenai data pribadi Anda dikarenakan ketidakakuratan atau diperlukan dilakukan pembaruan atas data pribadi Anda, maka Anda dapat meminta kepada Perusahaan untuk memperbaiki dan atau memperbarui data pribadi Anda yang berada dalam pengelolaan Perusahaan, dengan menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Syarat dan Ketentuan.

Anda diimbau untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan data Anda dari waktu ke waktu.

Perusahaan tidak bertanggung jawab apabila terjadi pembaharuan data yang diberikan tidak akurat atau bahkan tidak dilakukan pembaharuan atas kelalaian atau tidak ada respon apabila terdapat permintaan pembaharuan data dari Perusahaan yang mengakibatkan kesalahan/kekeliruan atas layanan yang diberikan oleh Perusahaan.

7.      Penghapusan dan Pemusnahan Data Informasi
Sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, atas permintaan/permohonan Anda dan/atau telah melewati periode retensi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Perusahaan dapat menghapus (right to erasure) dan/atau memusnahkan Data Informasi Anda dari sistem (right to delisting) agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal:

(1)    Apabila Perusahaan perlu menyimpan Data Informasi untuk memenuhi kewajiban hukum, pajak, audit, dan akuntansi, Perusahaan akan menyimpan Data Informasi yang diperlukan selama anda menggunakan layanan Perusahaan atau sesuai jangka waktu yang disyaratkan oleh perundang-undangan yang berlaku;

(2)    Data pribadi dalam Data Informasi Anda masih berada dalam periode retensi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau,

(3)    Untuk keperluan pemusnahan data pribadi dalam data informasi Anda dari sistem (right to delisting), diperlukan penetapan pengadilan yang diajukan oleh Anda agar Perusahaan dapat memusnahkan data pribadi dalam Data Informasi Anda yang tidak relevan dari daftar mesin pencari yang berada di bawah pengelolaan Perusahaan.

8.      Keamanan Data Informasi
Kerahasiaan Data Informasi Anda adalah hal yang terpenting bagi Perusahaan. Perusahaan akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan Data Informasi Anda dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Perusahaan akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga keamanan dan melindungi Data Informasi Anda. Perusahaan dengan ini menjamin keutuhan dan keakuratan Data Informasi apa pun yang Anda kirimkan melalui Layanan dengan melakukan verifikasi dan Perusahaan juga menjamin akan melakukan upaya terbaik untuk mencegah Data Informasi tersebut dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.

Dalam hal terjadi akses dan kegiatan illegal atau kegagalan perlindungan data pribadi atas kerahasiaan Data Informasi Anda baik yang berada di dalam kendali perusahaan ataupun yang berada di luar kendali Perusahaan, maka Perusahaan akan memberitahukan kepada Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sehingga Anda dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut. Perusahaan telah memiliki prosedur operasional untuk menanggulangi kondisi kegagalan perlindungan data pribadi. Pada kondisi terdapat Pemrosesan Data Informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang tidak sesuai dengan prosedur sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, maka tanggung jawab atas hal tersebut terdapat pada masingmasing pihak ketiga yang melakukan Pemrosesan Data Informasi.

Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail data Anda, termasuk username, password, email maupun OTP dengan siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan. Anda akan membebaskan Perusahaan dari segala bentuk kerugian atau tuntutan dalam hal Anda lalai dalam menjaga kerahasiaan detail akun Anda, termasuk username, password, email maupun OTP, serta dalam hal Anda lalai dalam menjaga keamanan perangkat yang Anda gunakan.

9.      Pembaruan Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu, dengan tujuan untuk memastikan Kebijakan Privasi ini sesuai dengan perkembangan bisnis dan/atau perkembangan hukum yang terjadi. Sehubungan dengan hal ini, Perusahaan akan memberitahukan perubahan dan/atau pembaruan tersebut kepada Pengguna sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku. Dengan melakukan klik atau tindakan persetujuan pada Kebijakan Privasi ini, atau apabila Anda tetap mengakses dan menggunakan Layanan ini setelah pemberitahuan pembaharuan dari Perusahaan, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan atas Kebijakan Privasi ini, sepanjang perubahan-perubahan tersebut tidak menyangkut perubahan informasi mengenai cakupan Data Informasi yang dikumpulkan, Tujuan Pengolahan dan Pengumpulan Data, serta perubahan lainnya yang berdampak pada Pemrosesan Data Informasi secara keseluruhan.

10.    Pengaturan Layanan Anda dapat memilih untuk tidak menerima layanan pemasaran, periklanan, atau aktivitas lainnya yang terkait dengan pengolahan data dengan menghubungi Perusahaan melalui detail kontak yang tersedia atau mekanisme lain yang disiapkan oleh masing-masing Layanan. Mohon perhatikan jika Anda memilih untuk tidak menerima layanan pemasaran, periklanan, atau aktivitas lainnya yang terkait dengan pengolahan data, sebagai bentuk pemenuhan hak Pengguna, Perusahaan tetap dapat mengirimi Anda pesan terkait penyelenggaraan Layanan Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada tanda terima transaksi, notifikasi masa berlaku, dan SMS konfirmasi Layanan.

11.     Pengakuan dan Persetujuan Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, Anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Anda setuju dan memberikan persetujuan kepada kami untuk melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan data-data pribadi milik Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.