Beranda

/

Berita Korporasi

/

Detail Berita Korporasi

Korporasi

Perkuat Sinergi, IFG Life Gandeng Bank Mandiri, Yokke, dan LinkAja

user-icon
Iqbal Adiyat | 2023, 31 Januari
share-iconShare
IFG Life kerja sama dengan Bank Mandiri, Yokke, dan LinkAja

Jakarta, 31 Januari 2023 – PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank Mandiri Tbk (Persero), PT Mitra Transaksi Indonesia (Yokke), dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) untuk memperkuat dan memperluas penetrasi produk dan jasa layanan di tengah-tengah masyarakat.

Pada Selasa (17/01/2023), Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja dan SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Kerja Sama Strategis Produk dan Layanan. Thomas menjelaskan, inisiatif kerja sama ini merupakan realisasi visi Bank Mandiri untuk menjadi mitra keuangan andalan yang berbasis pada keunggulan layanan digital perbankan.

“Melalui inisiatif kerja sama ini kami berharap nasabah Asuransi IFG Life dan Bank Mandiri dapat dengan mudah melakukan kewajiban pembayaran. Sekaligus menjadi solusi transaksi keuangan bagi nasabah yang dapat berkontribusi pada peningkatan inklusi keuangan Indonesia,” ungkap Thomas di Jakarta, Selasa (31/1). 

Lebih lanjut, dalam kesepakatan tersebut Harjanto menyebutkan bahwa dalam aktivitas bisnis yang dijalankan oleh IFG Life memerlukan jasa perbankan yang dapat mendukung kemudahan dalam memberikan layanan pembayaran secara elektronik. Terlebih, pihaknya melihat bahwa kebutuhan untuk melakukan transaksi keuangan dan pembayaran secara digital ke depan akan semakin luas.

“IFG Life menyambut baik kerja sama dengan Bank Mandiri. Kami berharap ini merupakan langkah awal yang baik untuk semakin meningkatkan layanan IFG Life kepada masyarakat sehingga kepuasan akan layanan yang kami berikan juga dapat meningkat,” ujarnya di sela-sela penandatangan kerja sama.

Sementara itu, Nota Kesepahaman antara IFG Life dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) berisikan mengenai pemanfaatan peluang bisnis dan penggunaan jasa masing-masing pihak yang akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat. Dalam kesempatan tersebut hadir langsung Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar.

“Kerja sama strategis ini merupakan wujud komitmen LinkAja untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui kerja sama dengan berbagai mitra, terutama kolaborasi dengan perusahaan BUMN. LinkAja telah melakukan digitalisasi ke ratusan ribu warung pulsa di ekosistem tradisional Telkomsel, digitalisasi rantai pasok jaringan PT Semen Indonesia (SIG) dan juga digitalisasi ke mitra strategis lainnya. Kini, LinkAja juga melakukan digitalisasi metode pembayaran pada mobile application Life by IFG. Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselerasi upaya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan serta semakin mendorong penggunaan layanan keuangan digital sebagai solusi bertransaksi dalam ekosistem IFG Life,” ungkap Yogi.

Ruang lingkup kerja sama tersebut berisikan kesepahaman mengenai pemanfaatan platform LinkAja sebagai metode pembayaran atas transaksi produk di mobile application Life by IFG, juga aktivitas pemasaran dan campaign IFG Life, payment channel, reward dan loyalty program, penyaluran produk Payment Point Online Banking (PPOB), serta ruang untuk kemungkinan kerja sama lainnya.

Masih dalam hari dan tempat yang sama, yaitu di Kantor Pusat IFG Life, Graha CIMB Niaga Lt. 6 Jl. Jend. Sudirman Kav. 58, Jakarta Selatan, IFG Life bersama dengan Yokke menjalin kerja sama strategis produk dan layanan pembayaran dalam suatu Nota Kesepahaman. Adapun kerja sama yang dijalin meliputi kerja sama penerimaan pembayaran, transaksi, dan sarana pengelolaan keuangan IFG Life melalui payment gateway Yokke. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Iskak Hendrawan dari IFG Life serta ditandatangani pula oleh Niniek Rahadja selaku Direktur Utama Yokke dan Brian G. Exel Sompie selaku SEVP Digital & Strategy Development Yokke.

Yokke memberikan berbagai pilihan pembayaran digital yang lengkap bagi seluruh nasabah IFG Life. Fitur recurring transaction atau pembayaran rutin yang berulang (dengan nominal yang sama) dengan pilihan metode pembayaran kartu debit, kartu kredit, dan dompet elektronik (e-wallet) memberikan kemudahan bagi nasabah IFG Life untuk membayarkan premi. Nasabah cukup melakukan satu kali proses registrasi dan selanjutnya proses pembayaran akan dilakukan otomatis sesuai dengan jumlah nominal premi. Hal ini sejalan dengan prinsip Yokke yang selalu mengedepankan keamanan dan juga kemudahan serta kenyamanan dalam bertransaksi, terang Niniek Rahardja dalam acara penandatanganan kerja sama.

 

 

Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri Inhealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance(asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri UtamaFinance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), MandiriEurope (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga September 2022, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.011 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.370 kantor cabang dan 1.641 kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.034 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id 

 

 

Tentang IFG Life

IFG Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dan salah satu anak perusahaan dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), suatu Badan Usaha Milik Negara yang ditetapkan sebagai perusahaan holding di bidang keuangan dan investasi.

Saat ini, IFG Life sedang gencar melakukan penguatan sistem digital serta mendorong pemasaran produk-produk proteksi berbasis digital. Salah satu proteksi berbasis digital yang menarik dan bermanfaat yang ditawarkan IFG Life yakni produk asuransi untuk melindungi diri saat melakukan aktivitas olahraga dan traveling yang diberi nama IFG LifeSAVER.

Dengan premi hanya seharga Rp49.000, para pegiat olahraga dan traveler akan memperoleh proteksi hingga senilai Rp200 juta. Selain bermanfaat untuk perlindungan kecelakaan, manfaat utama LifeSAVER lainnya yakni proteksi medis cedera saat olahraga, meninggal/cacat tetap, fisioterapi, hingga kecelakaan.

 

 

Tentang Yokke

Berdiri sejak tahun 2016, Yokke merupakan local fintech startup dengan layanan utama sebagai penyelenggara jasa sistem pembayaran dengan misi utama untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung terciptanya cashless society yang aman dan nyaman di seluruh Indonesia. Yokke merupakan satu-satunya fintech di Indonesia dengan kapabilitas layanan yang luas dan menyeluruh mencakup merchant (channel offline dan online), bank (acquiring dan issuing) dan institusi finansial lainnya (konvensional maupun fintech startup).

Berkomitmen untuk selalu mengutamakan keamanan dalam bertransaksi, Yokke adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang memiliki sertifikasi ganda pemrosesan transaksi berstandar internasional: PCI DSS dan PCI PIN.

Pada 2019, Yokke mendapatkan lisensi Payment Gateway dari Bank Indonesia. Saat ini Yokke menerima pembayaran dari brand network internasional (VISA,Master Cards, CUP, JCB) dan tentunya juga Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dalam waktu singkat Yokke telah berkembang pesat dengan 30 kantor perwakilan dan 600 orang sales force yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampai dengan tahun 2022, Yokke mengelola lebih dari 270.000 EDC merchant dan 4000 lebih merchant online (eCommerce). Tidak hanya mengakuisisi, Yokke juga memastikan seluruh merchant kelolaan Yokke dapat tumbuh besar bersama.

Terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bertransaksi, Yokke memperkenalkan YokkeBiz sebagai solusi komprehensif kepada merchant untuk dapat mengelola dan mengembangkan bisnisnya dengan efektif dan efisien.

Informasi lebih lanjut tentang Yokke bisa diakses melalui www.yokke.co.id 

 

 

Tentang LinkAja 

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server yang merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia. Berdasarkan Surat Izin Bank Indonesia Nomor 21/65/DKSP/Srt/B yang dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 2019, Finarya secara resmi telah mendapat lisensi/izin dari Bank Indonesia sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum. PT Fintek Karya Nusantara juga telah menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 sebagaimana sesuai dengan sertifikat No IS 733702 yang diterbitkan pada tanggal 24 November 2020. 

Finarya merupakan anak usaha dari 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaan BUMN, yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Mandiri Capital Indonesia, PT BRI Ventura Investama, PT BNI Sekuritas, PT Jasamarga Toll Road Operator, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero), PT Pertamina Retail (Persero), PT Kereta Commuter Indonesia, PT Asuransi Jiwa IFG dan PT Danareksa Capital, yang berdiri pada tanggal 21 Januari 2019 dalam semangat sinergi nasional. Sebagai anak usaha BUMN, Finarya juga terbuka untuk bersinergi dengan pihak swasta yang memiliki visi dan misi serupa. Di bulan Oktober 2020, Grab Pte.Ltd. resmi menjadi pemegang saham baru Finarya. Pada Maret 2021, PT Dompet Karya Anak Bangsa resmi terdaftar sebagai pemegang saham baru Finarya. 

Didukung oleh Telkomsel selaku operator seluler terbesar di Indonesia dan jaringan besar Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dengan ratusan ribu titik akses transaksi keuangan, keberadaan Finarya sebagai platform sistem pembayaran produk-produk BUMN akan membantu mendorong ekosistem transaksi keuangan non-tunai dan inklusi keuangan yang holistik di Indonesia, dengan fokus pada kebutuhan pembayaran mendasar seluruh kalangan masyarakat Indonesia. 

 

Untuk mendapatkan informasi lainnya, silakan kunjungi official page kami di https://www.linkaja.id dan bergabunglah dengan akun media sosial LinkAja lainnya: 

Instagram: www.instagram.com/linkaja/

Facebook : www.facebook.com/linkaja.indonesia

Twitter : twitter.com/linkaja

Youtube : www.youtube.com/channel/UCVoM8DZXOxCSu2PWwxVQh5Q

Berita Terbaru
Korporasi
IFG Life kerja sama dengan Bank Mandiri, Yokke, dan LinkAja
IFG Life Hidupkan Gedung Singa Surabaya Lewat Indoor Immersive Experience dan Property Asset Showcase
Menyambut momentum Bulan Pahlawan, PT Asuransi Jiwa IFG ( IFG Life ) yang merupakan anggota IFG, BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi, menggelar acara bertajuk " Resonance of Light: Honoring the Past, Protecting the Future " di Gedung Singa, Surabaya. Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dan dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perekonomian, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Tim Ahli Cagar Budaya Surabaya. Dibangun pada tahun 1901 dan dirancang oleh arsitek ternama di masanya, H. P. Berlage, Gedung Singa merupakan gedung cagar budaya yang menjadi ikon arsitektur bersejarah di Surabaya. IFG Life menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah gedung ini melalui dua rangkaian acara yaitu Indoor Immersive Experience dan Property Asset Showcase. Indoor Immersive Experience: Warisan Sejarah, Beresonansi ke Masa Depan Dengan konsep visual immersive , Resonance of Light menghadirkan pengalaman multisensori yang membawa pengunjung menyusuri perjalanan waktu Gedung Singa. Cahaya, suara, dan narasi sejarah berpadu menghadirkan dimensi baru dalam menikmati ruang bersejarah, menjadikannya bukan hanya tempat yang dilihat, tetapi juga dirasakan. IFG Life Property Asset Showcase Selain pengalaman visual, pengunjung juga dapat menemukan berbagai pilihan aset properti potensial dengan lokasi strategis di wilayah Jawa Timur melalui IFG Life Property Asset Showcase. Pameran ini menjadi wadah bagi masyarakat maupun calon investor yang ingin melihat lebih dekat berbagai properti strategis yang dikelola oleh IFG Life. "Warisan sejarah Gedung Singa tak pernah padam. Kami menghidupkan kembali semangat perjuangan dari masa lalu yang disimbolkan oleh dua patung singa di pintu masuk, untuk melangkah menuju masa depan. Melalui immersive experience ini, kami ingin menghadirkan ruang publik yang hidup dan inspiratif bagi generasi hari ini," ujar Mufri Dharmawan, Direktur Investasi IFG Life. "Selain itu, melalui IFG Life Property Asset Showcase, kami ingin membuka kesempatan bagi masyarakat serta investor untuk melihat langsung aset-aset properti strategis di sekitar Surabaya dan Jawa Timur yang saat ini sedang kami pasarkan," tambah Mufri. Acara ini juga menghadirkan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati masyarakat, mulai dari booth IFG Life dan Pemerintah Kota Surabaya, area interaksi publik, hingga pilihan kuliner dari UMKM lokal turut meramaikan rangkaian acara ini. Keseluruhan pengalaman dirancang untuk menghubungkan sejarah, ruang, dan aktivitas komunitas dalam satu kesatuan yang harmonis. Kunjungi Resonance of Light: Honoring the Past, Protecting the Future di Gedung Singa Surabaya, Jl. Jembatan Merah 19–23, Surabaya. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum pada tanggal 20–28 November 2025.
Korporasi
IFG Life kerja sama dengan Bank Mandiri, Yokke, dan LinkAja
Apresiasi Pemegang Polis, IFG Life Gelar Customer Gathering di Surabaya
PT Asuransi Jiwa IFG ( IFG Life ) yang merupakan anggota IFG, BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi, menggelar rangkaian customer gathering bertajuk "Customer Appreciation Day: Wellness Journey with IFG Life" pada Rabu, 12 November 2025 bertempat di Four Points by Sheraton Surabaya. Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen IFG Life untuk terus menghadirkan pengalaman yang tidak hanya berfokus pada perlindungan finansial, tetapi juga kesehatan dan kesejahteraan nasabah. Acara ini dikemas secara interaktif melalui berbagai aktivitas yang bermanfaat, seperti pemeriksaan kesehatan dan mata gratis, hingga talkshow inspiratif bersama dokter spesialis dan influencer , R. A. Adaninggar Primadia Nariswari, dr., Sp.PD, KGH. Melalui talkshow tersebut, para peserta mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan kesehatan finansial, serta bagaimana gaya hidup sehat dapat berjalan seiring dengan perencanaan keuangan yang baik. Direktur Bisnis Individu IFG Life, Fabiola Noralita, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud konsistensi perusahaan dalam memberikan nilai tambah bagi para pemegang polis. “Kami percaya bahwa perlindungan yang bermakna tidak hanya tercermin dari produk asuransi yang kuat, tetapi juga dari hubungan yang hangat dan perhatian tulus kepada nasabah. Melalui Customer Appreciation Day ini, IFG Life ingin mengajak seluruh pemegang polis untuk menjalani perjalanan wellness yang lebih seimbang, sehat secara jasmani, tenang secara finansial, dan selalu terlindungi bersama IFG Life,” ujarnya. Salah satu tamu undangan, Lilik Wijayati, menyambut positif kegiatan ini. Ia menambahkan bahwa setiap klaim ditanggapi cepat tanpa prosedur berbelit, serta berharap IFG Life terus mengembangkan layanan yang bermanfaat bagi korporasi dan karyawan. "Awalnya kami sempat ragu karena ada informasi yang kurang baik. Tetapi setelah mengajukan klaim, IFG Life menunjukkan komitmen dan profesionalisme dalam melayani nasabah. Semoga IFG Life semakin sukses," ujar Lilik. IFG Life berharap melalui rangkaian kegiatan ini perusahaan dapat terus memperkuat komitmennya dalam memberikan pelayanan prima, menghadirkan solusi proteksi yang relevan, dan mendampingi masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupan.
Korporasi
IFG Life kerja sama dengan Bank Mandiri, Yokke, dan LinkAja
IFG Life Terapkan IndONIA sebagai Referensi Suku Bunga Rupiah Mulai 1 Januari 2026 sesuai Rekomendasi NWGBR
PT Asuransi Jiwa IFG ( IFG Life ) yang merupakan anggota IFG, BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi, akan mulai menggunakan IndONIA (Indonesia Overnight Index Average) sebagai referensi suku bunga rupiah efektif per 1 Januari 2026. Langkah ini merujuk pada rekomendasi National Working Group on Benchmark Reform ( NWGBR ) yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Asosiasi Pelaku Pasar Uang dan Pasar Valas Indonesia (APUVINDO). IndONIA dinilai memberikan referensi suku bunga yang lebih akurat, transparan, dan kredibel karena dihitung berdasarkan transaksi aktual di pasar uang antarbank ( overnight ), sehingga lebih merefleksikan kondisi pasar yang sebenarnya. Hal ini berbeda dengan JIBOR (Jakarta Interbank Offered Rate) yang berbasis pada kontribusi perbankan. JIBOR sendiri akan dihentikan publikasinya pada 31 Desember 2025. Bagi pemegang polis IFG Life dengan produk IFG Pendanaan Hari Tua, IFG Mantap, dan IFG Tampan, secara otomatis akan dilakukan peralihan penggunaan referensi suku bunga JIBOR menuju IndONIA yang disesuaikan dengan spread adjustment (penyesuaian selisih bunga). IFG Life memastikan bahwa dalam transisi ini: tidak ada perubahan terhadap manfaat pertanggungan ; tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada pemegang polis; dan pemegang polis tidak perlu melakukan apapun . "Penerapan referensi suku bunga IndONIA merupakan bagian dari upaya IFG Life dalam memperkuat tata kelola serta memastikan kepercayaan pemegang polis tetap terjaga. Hal ini juga demi menghadirkan ekosistem keuangan yang lebih sehat, transparan, dan berorientasi pada kepentingan pemegang polis," ujar Mufri Dharmawan, Direktur Investasi IFG Life. Dengan langkah ini, IFG Life menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan layanan keuangan yang berintegritas dan berkelanjutan, serta menyediakan perlindungan di setiap tahap kehidupan masyarakat Indonesia. Tanya-Jawab Penerapan IndONIA Apa dampak penggunaan referensi suku bunga IndONIA terhadap polis saya? Tidak ada perubahan polis, tidak ada perubahan manfaat pertanggungan, tidak ada biaya tambahan, dan pemegang polis IFG Life tidak perlu melakukan apapun terkait transisi penggunaan IndONIA. Produk IFG Life apa saja yang terdampak transisi penggunaan IndONIA? Referensi suku bunga IndONIA akan digunakan pada produk yang sebelumnya menggunakan referensi suku bunga JIBOR, seperti IFG Pendanaan Hari Tua, IFG Tampan, dan IFG Manfaat Bertahap (Mantap). Apa bedanya JIBOR dengan IndONIA? Kenapa tidak menggunakan JIBOR lagi? JIBOR adalah suku bunga indikatif berbasis kontribusi bank, sementara IndONIA dihitung berdasarkan transaksi aktual di pasar uang antarbank. Karena itu, IndONIA memberikan referensi suku bunga yang lebih transparan dan kredibel. Sesuai publikasi dari NWGBR yang terdiri beranggotakan dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Asosiasi Pelaku Pasar Uang dan Pasar Valas Indonesia (APUVINDO), JIBOR akan dihentikanpublikasinya per 31 Desember 2025. Antara JIBOR dan IndONIA, manakah yang memiliki rate lebih tinggi? Suku bunga indikatif berbasis kontribusi bank (JIBOR) memiliki perbedaan rate dengan suku bunga berdasarkantransaksi aktual di pasar uang antarbank (IndONIA). Perbedaan tersebut membutuhkan penyesuaian khusus, yang disebutselisih suku bunga ( spread adjustment ), sehingga fallback rate yang dihasilkan (IndONIA + spread adjustment ) sebandingdengan rate JIBOR. Untuk melihat historis rate JIBOR dan IndONIA, Anda dapat mengunjungi tautan ini. Penggunaan IndONIA + spread adjustment sebagai pengganti JIBOR mengedepankan prinsip economically equivalent , sehingga rate -nya relatif setara. Apa itu fallback rate ? Fallback rate adalah suku bunga referensi yang digunakan saat suku bunga referensi sebelumnya tidak lagi tersedia. Dalam hal ini, IFG Life akan melakukan transisi penggunaan suku bunga referensi JIBOR dan mengimplementasikan fallback rate IndONIA ditambah dengan spread adjustment . Apa itu spread adjustment ? Secara sederhana, spread adjustment atau selisih suku bunga adalah metode yang digunakan secara internasional untukmeminimalisir perubahan value yang timbul saat transisi penggunaan suku bunga referensi menjadi IndONIA. Baca lebihlengkap tentang transisi penerapan suku bunga referensi IndONIA dan spread adjustment di sini. Apa itu economically equivalent ? Meskipun referensi suku bunga berubah (JIBOR ke IndONIA + spread adjustment), rate -nya tetap sepadan dengan rate yang digunakan sebelumnya, sehingga pengembangan dana relatif sama. Saya bisa lihat di mana terkait informasi atau peraturan penggunaan IndONIA? Transisi penggunaan referensi suku bunga IndONIA merupakan tindak lanjut atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur(PADG) Bank Indonesia nomor 24/18/PADG/2022, dengan publikasi transisi pengakhiran JIBOR merujuk pada siaranpers bersama NWGBR (lihat di sini). Sementara, informasi terkait spread adjustment merujuk pada siaran pers Bank Indonesia nomor 26/235/Dkom tanggal 31 Oktober 2024 (lihat di sini). Kebijakan ini sejalan dengan agenda benchamrkrate reform yang telah berjalan di pasar keuangan global berbagai otoritas, lembaga, dan asosiasi pelaku pasar di berbagainegara. Untuk melihat historis IndONIA, penetapan spread adjustment , maupun JIBOR, Anda dapat mengunjungi laman Bank Indonesia (lihat di sini). Saya masih bingung, bisa hubungi siapa untuk penjelasan terkait penerapan IndONIA? Jika Bapak & Ibu memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait JIBOR dan transisi penerapansuku bunga referensi IndONIA + spread adjustment , hubungi: Call Center : 1500176 WhatsApp : 0811 1372 848 Email : customer_care@ifg-life.id
comment-icon
0 Komentar
profile-icon

Belum ada komentar...
person
download background
#BantuJagaMasaDepanDownloadOneSekarang
download one by ifg on google playdownload one by ifg on app store
Disclaimer