Jakarta, 21 Februari 2023 – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menegaskan komitmen untuk melakukan transformasi dan menciptakan bisnis baru yang tangible dan sustainable.
Harjanto Tanuwidjaja, Direktur Utama IFG Life, mengatakan bahwa transformasi menjadi titik penting langkah IFG Life sebagai perusahaan asuransi baru di bawah holding asuransi, penjaminan, dan investasi milik pemerintah.
Dengan ditunjang oleh sumber daya manusia (SDM) yang lebih produktif dan culture yang agile, perseroan akan fokus melakukan transformasi terkait dengan model bisnis yang baru sekaligus menguatkan citra IFG Life sebagai sebuah brand.
Hingga saat ini transformasi masih terus berjalan dan perusahaan telah mencatat kinerja yang positif sepanjang tahun 2022. Di akhir tahun lalu, IFG Life membukukan penerimaan premi sebesar Rp1,2 triliun dan laba sebesar Rp145,1 miliar (unaudited).
Harjanto menegaskan bahwa mengembangkan produk asuransi yang murni berbasis proteksi merupakan fokus utama yang akan dilakukan oleh perseroan ke depan. ”Kami menyadari bahwa untuk sukses menjalankan transformasi tersebut, ada pekerjaan rumah untuk membangun kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap asuransi.”
Dibawah naungan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi, tentunya memberikan IFG Life keuntungan dalam berkolaborasi dalam pengembangan bisnis ke depannya khususnya penguatan sinergi dalam ekosistem Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN).
Saat ini IFG Life sedang melakukan sinergi dan kolaborasi secara intens dengan berbagai BUMN dan perusahan lainnya, antara lain dengan BTN, Pos Indonesia, Sarinah, Angkasa Pura II, Mandiri, LinkAja, dan Yokke.
“Kerja sama yang IFG Life jalin merupakan bagian dari komitmen IFG Life sebagai perusahaan asuransi yang memberikan proteksi di setiap tahapan kehidupan para nasabah dan masyarakat, sesuai dengan tagline IFG Life yaitu ‘Protecting Life’s Progress’. IFG Life adalah teman yang akan selalu menjaga masa depan para nasabah, agar tetap berjalan sesuai dengan keinginan mereka”.
Program Restrukturisasi Berlanjut
Sebagai perusahaan penerima mandat dari program penyelamatan nasabah Jiwasraya, IFG Life juga berkomitmen menyelesaikan pengalihan polis serta bertanggung jawab atas pembayaran manfaat polis nasabah eks Jiwasraya yang telah setuju mengikuti program restrukturisasi dan mengalihkan polisnya ke IFG Life. Program restrukturisasi yang telah ditawarkan kepada seluruh pemegang polis Jiwasraya ini merupakan bentuk penyehatan polis untuk meminimalisir kerugian yang akan dialami oleh pemegang polis.
Untuk jangka pendek, Harjanto mengaku akan memprioritaskan kepercayaan dari masyarakat, khususnya pemegang polis eks Jiwasraya.
“Kita harus tahu dulu masyarakat melihat kita seperti apa, khususnya pemegang polis eks Jiwasraya. Itu harus menjadi top priority kita karena trust dari mereka itu yang paling utama. IFG Life akan terus melakukan yang terbaik untuk dapat menyelesaikan pembayaran manfaat polis eks nasabah Jiwasraya yang telah mengikuti program restrukturisasi dan mengalihkan polisnya ke IFG Life sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang tertera pada setiap polis,” tambahnya.
Sebelum pengalihan polis, IFG Life melakukan due diligence untuk memastikan polis Jiwasraya yang akan dialihkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini perlu dilakukan guna menjalankan tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta melakukan mitigasi segala risiko yang berpotensi memengaruhi kelayakan finansial, operasional, dan going concern kegiatan usaha IFG Life ke depan.
Sampai dengan Januari 2023 jumlah polis yang telah dialihkan dari Jiwasraya ke IFG Life mencapai 157.312 polis. Sementara itu, IFG Life juga sudah membayarkan klaim senilai Rp5,9 triliun kepada Pemegang Polis yang sudah beralih ke IFG Life sejak Desember 2021.
Selain melanjutkan manfaat dari polis migrasi Jiwasraya, IFG Life juga menawarkan berbagai produk asuransi yang berorientasi pada proteksi. IFG Life akan mengembalikan lagi marwah dari asuransi itu sendiri, yaitu proteksi. IFG Life bertekad untuk menghadirkan terobosan agar dapat bersaing di industri asuransi jiwa. Salah satunya adalah menawarkan produk-produk proteksi yang terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat dengan berbasis digital.
IFG Life telah memiliki produk asuransi digital yang diberi nama IFG LifeSAVER. Produk ini merupakan jawaban atas kebutuhan proteksi bagi masyarakat di tengah gaya hidup dinamis yang aktif. IFG LifeSAVER menyediakan aksesibilitas bagi mereka yang membutuhkan proteksi untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti berolahraga maupun saat akan melakukan perjalanan.
Produk asuransi digital ini bisa diperoleh dengan harga premi yang sangat terjangkau, yakni Rp49.000. Para pemilik polis akan memperoleh proteksi kecelakaan, proteksi medis cedera olahraga, meninggal/cacat tetap, fisioterapi, hingga kecelakaan olahraga air, dengan total manfaat medis sampai dengan Rp200 juta.
Hadirnya produk digital tersebut tidak luput dari dukungan infrastruktur yang memadai guna mewujudkan Digitalized Operation. Hal tersebut tentunya inline dengan salah satu strategi inisiatif perusahaan di tahun 2022 yaitu pengembangan platform digital yang mengedepankan customer centric. Dengan demikian IFG Life membuktikan selain mengelola polis yang telah dialihkan pertanggungannya, IFG Life juga mampu mengembangkan sistem dan infrastruktur agar dapat melayani nasabah secara lebih efektif dan efisien dengan jangkauan yang lebih luas.
“Pada hakikatnya kami ingin memberikan customer experience yang memuaskan bagi para pemegang polis IFG Life. Kami akan senantiasa mengembangkan layanan demi mencapai kepuasan nasabah. Masukan dan saran yang membangun tentunya sangat diperlukan dalam proses development sistem,” ujar Iskak Hendrawan, Direktur Operasional dan TI IFG Life.
Pada 5 Desember 2022 IFG Life secara resmi mengumumkan perpindahan Kantor Pusatnya. Kantor Pusat IFG Life kini berada di Graha CIMB Niaga Lt. 6, Jalan Jend. Sudirman Kav. 58 Jakarta Selatan. Perpindahan ini juga disertai dengan berpindahnya Kantor Representatif Jakarta. Saat ini Kantor Pusat dan Kantor Representatif Jakarta IFG Life berada dalam satu Gedung yang sama.
Perpindahan Kantor IFG Life bertujuan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Dengan menempatkan Customer Center dan Kantor Representatif Jakarta dalam satu lantai gedung yang sama, hal ini dapat memudahkan koordinasi yang pada akhirnya meningkatkan kualitas layanan yang diberikan IFG Life kepada para nasabah.
Desain kantor IFG Life kini mengusung konsep open office design. Ruang kerja yang terbuka memudahkan kolaborasi antar fungsi dan unit kerja. Harapannya dengan diterapkannya konsep baru ini ide-ide dan diskusi lebih mudah terjalin sehingga sinergi dapat terjalin dengan optimal.
Hal tersebut sejalan dengan implementasi penerapan Core Values Amanah,Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK). Tata nilai inti tersebut menjadi pedoman perilaku utama bagi setiap insan IFG Life dalam bekerja.