Definisi Asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan perjanjian terikat yang terjadi antara perusahaan asuransi dan tertanggung pemegang polis. Polis asuransi adalah surat perjanjian antara orang yang ikut menjadi bagian asuransi (tertanggung atau nasabah) dan perusahaan asuransi (penanggung). Polis inilah yang kemudian menjadi dasar bagi penerimaan premi dan manfaat sebagai imbalan bagi kedua belah pihak yang terlibat asuransi.

Apa Definisi Asuransi Menurut OJK ?
Apa Definisi Asuransi Menurut OJK ?

Indonesia memiliki banyak perusahaan asuransi sehingga banyak juga produk-produk asuransi dan jenisnya yang sering kita lihat melalui iklan, artikel, atau informasi dari teman.

Definisi Asuransi berdasarkan Fungsinya

Fungsi sebagai asuransi adalah sebagai layanan keuangan non perbankan seperti investasi, asuransi itu sendiri, dan penjaminan objek pertanggungan. Adapun imbalan yang didapat dari membeli produk asuransi antara lain:

1. Perusahaan akan melakukan pemberian manfaat berupa uang ganti rugi kepada nasabah yang tertanggung (pemegang polis) jika terjadinya suatu kerugian, kerusakan, biaya yang dikeluarkan, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin dialami tertanggung atau pemegang polis setelah terjadinya risiko dari suatu peristiwa yang tidak pasti.

2. Memberikan suatu manfaat berupa pemberian dana penanggungan yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besar dan telah ditetapkan atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana. Terutama pada asuransi jenis unit link.

Definisi Asuransi Berdasarkan Bidang Usahanya

Usaha dalam perasuransian memiliki bidang kegiatan usaha, antara lain:

  1. jasa pertanggungan atau pengelolaan risiko atas kejadian tak terduga yang menimpa nasabah tertanggung pemegang polis asuransi,
  2. jasa pertanggungan ulang risiko,
  3. Jasa promosi pemasaran dan distribusi produk-produk asuransi atau produk-produk asuransi syariah,
  4. jasa konsultasi dan keperantaraan asuransi, asuransi syariah, reasuransi, atau reasuransi syariah,
  5. Jasa penilai kerugian asuransi atau asuransi syariah.

Jenis-Jenis Perusahaan Asuransi

Usaha perasuransian dilaksanakan oleh perusahaan asuransi, asuransi syariah, reasuransi, dan reasuransi syariah. Masing-masing perusahaan perasuransian terkadang menangani jenis asuransi yang berbeda. Jenis-jenis asuransi tersebut antara lain asuransi umum, asuransi jiwa, dan reasuransi.

berikut adalah penjelasan mengenai perusahaan asuransi dalam menangani perasuransian.

Perusahaan Asuransi Umum

Perusahaan asuransi umum merupakan perusahaan asuransi yang memberikan jasa berupa pertanggungan risiko dengan cara memberikan ganti rugi akibat terjadinya kerugian, kerusakan, biaya yang ditimbulkan, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang barangkali diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti.

Perusahaan Asuransi Jiwa

Perusahaan asuransi jiwa merupakan perusahaan yang memberikan pelayanan jasa berupa penanggulangan risiko dengan cara memberikan suatu pembayaran kepada pemegang tertanggung pemegang polis, atau pihak lain yang berhak saat tertanggung meninggal dunia. Penerimaan manfaat juga bisa didapatkan pada periode tertentu seperti saat tertanggung telah pensiun atau mengalami penyakit/kecelakaan yang menyebabkan cacat.

Perusahaan Reasuransi

Perusahaan reasuransi adalah perusahaan yang ranah kerjanya memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko kerugian yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi. Perusahaan asuransi yang bisa menggunakan layanan jasa perusahaan reasuransi adalah Perusahaan Asuransi Jiwa, Perusahaan Penjaminan, atau sesama Perusahaan Reasuransi lainnya.

Penunjang Usaha Asuransi

Selain dilakukan oleh perusahaan Asuransi dan perusahaan reasuransi, kegiatan perasuransian juga dilakukan oleh Penunjang Usaha Asuransi. Berikut adalah yang termasuk dalam Penunjang Usaha Asuransi.

Perusahaan Pialang Asuransi

Perusahaan pialang asuransi memberikan jasa berupa menjadi perantara dalam penutupan asuransi atau asuransi syariah dan penanganan penyelesaian ganti rugi asuransi dengan bertindak untuk kepentingan tertanggung.

Perusahaan Pialang Reasuransi

Sama seperti perusahaan pialang asuransi, perusahaan pialang reasuransi memberikan jasa berupa penutupan penempatan reasuransi dan penanganan penyelesaian ganti rugi reasuransi. Perusahaan pialang reasuransi bertindak untuk kepentingan perusahaan asuransi, perusahaan penjaminan, dan perusahaan reasuransi.

Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi

Perusahaan penilai kerugian asuransi adalah perusahaan yang memberikan jasa penilaian terhadap klaim dan/atau. Selain itu, perusahaan ini juga memberikan jasa berupa konsultasi atas objek asuransi yang dipertanggungjawabkan.