Apa yang dimaksud dengan Asuransi?
Apa yang dimaksud dengan asuransi merupakan perjanjian yang dibuat oleh perusahaan asuransi dan pemegang polis atau dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi.

Melalui polis dan premi yang dibayarkan tiap bulan inilah nantinya perusahaan asuransi akan memberikan penggantian kepada tertanggung atau nasabah pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya perawatan, kehilangan profit, atau tanggung jawab hukum atas terjadinya sesuatu yang tidak terduga.
Perusahaan asuransi memiliki kewajiban untuk memberikan manfaat berupa pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung berdasarkan apa yang telah ditetapkan pada hasil pengelolaan dana.
Oleh karenanya di titik tertentu pembeli produk asuransi perlu mengajukan klaim asuransi jika kondisinya telah dibutuhkan. Beberapa perusahaan asuransi bahkan bisa menerapkan hangusnya premi yang telah dibayarkan apabila dalam kurun waktu tertentu tidak terjadi klaim atau suatu risiko yang dialami tertanggung/nasabah asuransi.
Namun jangan khawatir, memiliki asuransi dapat memberikan perlindungan kepada diri atas kejadian-kejadian tidak terduga yang merugikan. Misalnya saat pembeli produk asuransi atau pembayar premi mengalami kecelakaan yang menyebabkan harus menjalani rawat inap.
Cara Melakukan Klaim Asuransi
Pembeli produk asuransi tersebut dapat melakukan pengajuan resmi kepada perusahaan untuk meminta bayaran berupa biaya perawatan (manfaat asuransi) atas apa yang disebut dengan asuransi tersebut.
Adanya Hal Yang Merugikan Finansial
Risiko yang menyebabkan kerugian finansial adalah salah satu yang menjadi pertanggungan asuransi. Kamu dapat mengajukan klaim dari peristiwa yang menyebabkan kerugian secara finansial untuk mendapatkan ganti rugi atau manfaat yang telah dijamin di dalam polis asuransi. Kerugian yang dimaksud misalnya adalah kecelakaan, kehilangan suatu barang yang menjadi objek pertanggungan, terkena penyakit berbahaya, cacat permanen, atau meninggal dunia.
Mengajukan Laporan
Apabila kamu mengalami risiko yang menyebabkan kerugian finansial sesuai dengan polis yang disetujui, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat laporan sejelas mungkin tentang apa yang kamu alami.
Cukup dengan menggunakan gawai atau smartphone yang dimiliki dapat memudahkan kita melakukan pengajuan laporan, salah satunya mengajukan laporan untuk klaim manfaat asuransi.
Laporan pengajuan klaim manfaat asuransi ini dapat dilakukan melalui aplikasi atau bisa juga dengan menghubungi layanan pusat resmi perusahaan asuransi yang dituju. Banyak cara melakukan laporan, misalnya melalui short message service atau sms, surel atau e-mail, telepon, atau melalui aplikasi/website jika tersedia.
Perusahaan akan meminta pelapor untuk melakukan kelengkapan data. Adapun kelengkapan data yang biasanya diminta adalah pernyataan tertulis dan dokumen seperti polis asuransi, rincian kerugian, foto, dan bukti lainnya yang dapat mendukung isi laporan.
Perusahaan akan memerlukan waktu beberapa saat untuk melakukan penilaian dan survei atas klaim dan laporan yang diajukan. Tertanggung akan menerima penggantian atas klaim dengan nilai kerugian sesuai perjanjian atau polis jika klaim yang diajukan disetujui oleh perusahaan asuransi.
Akan tetapi, klaim juga dapat ditolak oleh perusahaan asuransi jika syarat dan ketentuannya tidak terpenuhi. Oleh karena itu membaca polis asuransi sebelum membelinya adalah hal yang penting untuk dilakukan karena kita bisa mengetahui hak dan kewajiban sebagai tertanggung.
Tips Agar Klaim Manfaat Asuransi Diterima
Mengajukan laporan untuk klaim manfaat asuransi seringkali berjalan tidak seperti yang diharapkan. Perusahaan asuransi akan menolak jika syarat dan ketentuannya tidak terpenuhi. Oleh karenanya inilah tips agar klaim dapat diterima oleh perusahaan asuransi.
Pelajari Polis Asuransi
Mempelajari polis asuransi dapat mempermudah saat mengajukan klaim manfaat asuransi. Pastikan bahwa klaim yang kamu ajukan tercantum dalam polis asuransi. Orang-orang seringnya gagal melakukan klaim karena ketidaktahuan pemahaman akan polis yang ia miliki.
Disiplin Bayar Premi
Pastikan untuk disiplin membayar premi tepat pada waktunya. Sebab status polis akan dalam keadaan nonaktif jika memiliki tunggakan premi. Bisa jadi status polis nonaktif inilah yang menyebabkan ditolaknya ajuan klaim.
Lengkapi Persyaratan
Penting untuk melengkapi persyaratan dokumen administrasi saat mengajukan laporan. Kekurangan data administrasi ini dapat menyebabkan perusahaan menolak laporan klaim yang kamu ajukan.
Kedepankan Utmost Good Faith
Utmost good faith adalah prinsip niat baik. Prinsip niat baik ini menjadi pondasi utama dari perjanjian asuransi. Oleh karenanya, melanggar batas prinsip niat baik ini akan berakibat fatal bagi konsumen produk asuransi seperti penolakan pembayaran klaim atau uang pertanggungan seperti yang tertulis dalam klaim.