Penyakit beri-beri disebut juga sebagai penyakit radang urat saraf yang terjadi secara serempak dalam tubuh manusia. Peradangan urat saraf terjadi akibat dari kurangnya vitamin B1 atau tiamin.

Penyakit Beri-Beri, Penyebab dan Gejala Yang Diderita
Penyakit Beri-Beri, Penyebab dan Gejala Yang Diderita

Pengobatan penyakit beri-beri berfokus pada menormalkan kadar vitamin B1 dalam tubuh. Biasanya penderita penyakit beri-beri akan diberikan suplemen berupa tablet atau suntik yang mengandung vitamin B1 sampai dengan gejala mereda.

Penyakit beri-beri dapat menyebabkan terjadinya komplikasi. Adapun komplikasi yang dapat terjadi antara lain:

Untuk mencegah terjadinya penyakit beri-beri, kebutuhan akan vitamin B1 harus tercukupi. Vitamin B1 atau tiamin dapat diperoleh dari daging merah, ikan, unggas, telur, juga bahan olahan seperti keju dan yoghurt. Sayur-sayuran, Kacang-kacangan, dan biji-bijian juga bisa memberikan asupan vitamin B1.

Selain dengan pemberian asupan, beri-beri juga bisa dicegah dengan mengurangi minum minuman beralkohol dan olahraga rutin.

Penyebab Penyakit Beri-Beri

Penyakit Beri-beri merupupakan penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya vitamin B1 atau tiamin dalam tubuh. Vitamin B1 berfungsi sebagai penghasil dan penyalur energi ke sel-sel dalam tubuh. Ketika tubuh seseorang kekurangan vitamin B1, sirkulasi energi menjadi tidak baik sehingga menimbulkan permasalahan pada jantung dan sistem saraf.

Seorang ibu menyusui yang kekurangan kadar B1 dalam tubuhnya dapat meningkatkan risiko bayi terkena penyakit beri-beri. Asupan vitamin B1 yang diberikan dari asi tidak mencukupi kebutuhan tubuh bayi.

Selain dua hal tadi, ada juga beberapa penyebab seseorang terjangkit penyakit beri-beri. Berikut adalah penyebab penyakit beri-beri.

Penyakit beri-beri juga bisa diakibatkan karena efek samping pasca operasi bedah bariatrik atau pembedahan yang biasa dilakukan pada penderita obesitas.

Gejala Penyakit Beri-Beri

Ada tiga jenis penyakit beri-beri, yaitu beri-beri basah, beri-beri kering, dan sindrom wernicke-korsakoff. Ketiganya memiliki gejala yang berbeda-beda. Adapun gejala dari masing-masing jenis penyakit beri-beri adalah.

Gejala umum penderita penyakit beri-beri umumnya sama. Berikut adalah gejala umum yang mungkin diderita seseorang yang terkena penyakit beri-beri.

Gejala Penyakit Beri-Beri Basah

Penyakit beri-beri basah dapat menyerang fungsi jantung dan sistem peredaran darah. Adapun gejala penyakit beri-beri basah antara lain:

Gejala Penyakit Beri-Beri Kering

Penyakit beri-beri kering dapat menyerang fungsi otot-otot pada tubuh dan melemahkannya. Adapun gejala penyakit beri-beri kering antara lain:

Gejala Sindrom Wernicke-Korsakoff

Jenis penyakit beri-beri yang ini dinamakan dengan sindrom wenicke-korsakoff. Penyakit ini mengakibatkan kerusakan pada otak karena kurangnya vitamin B1 atau tiamin dengan tingkat yang sangat parah. Sindrom wernicke-korsakoff disebut juga sebagai penyakit beri-beri berat. Adapun gejala penyakit beri-beri berta ini antara lain: