Kista diartikan sebagai kondisi dimana munculnya benjolan dengan bentuk kantung atau kapsul dan terisi cairan, material gas atau semi solid sehingga membentuk suatu jaringan tubuh. Ukuran dari benjolan ini sangat bervariasi mulai dari yang kecil bahkan sampai besar. Yuk simak informasi terkait dengan penyakit kista mulai dari gejala yang ditimbulkannya.

Tetap Perhatikan dan Pahami Gejala Penyakit Kista untuk Langkah Pencegahan
Tetap Perhatikan dan Pahami Gejala Penyakit Kista untuk Langkah Pencegahan

Memahami Gejala dari Kista

1. Kista Payudara

Kebanyakan kista tidak memiliki gejala atau tanda. Faktanya, kista juga tidak menimbulkan rasa sakit. Kista kecil di organ dalam mungkin tidak menimbulkan gejala. Jika benjolan membesar, bergeser, atau menekan organ lain atau membatasi aliran cairan di jaringan seperti hati, pankreas, atau organ lain, gejala akan berkembang tergantung dimana kista tumbuh.

Anda mungkin memiliki satu atau lebih benjolan payudara, yang dapat terjadi pada satu atau kedua payudara. Kista payudara ditandai dengan terlihatnya benjolan pada salah satu payudara atau keduanya, Massa lunak, bergerak, bulat atau oval dengan tepi yang jelas. Selain itu juga puting mungkin tampak jernih, kuning, atau coklat tua dan terjadi nyeri di daerah kelenjar

Untuk gejala penyakit kista yang lainnya yaitu meliputi peningkatan ukuran nodul dan nyeri pramenstruasi. Pengurangan ukuran nodul pasca menstruasi dan penghapusan gejala lainnya. Jika mengalami gejala yang telah disebutkan diatas maka anda perlu melakukan pemeriksaan secara lengkap pad dokter untuk dapat perawatan yang tepat dan terbaik

2. Kista Kulit

Kista kulit diartikan sebagai suatu benjolan yang berisi cairan pada bagian bawah kulit. Karakteristik atau ciri yang dimunculkan yaitu berupa benjolan bulat kecil pada bawah kulit yang ditemukan pada tubuh wajah ataupun leher. Ditemukan juga zat lengket, kuning, berbau busuk yang mungkin keluar dalam gumpalan serta kemerahan, bengkak, dan nyeri di area peradangan atau infeksi.

3. Kista Ovarium

Semua wanita memiliki dua ovarium yang melepaskan sel telur setiap bulan. Benjolan yang berupa kantung kecil dengan berisi cairan dapat terbentuk di salah satu ovarium. Bahkan jika Anda pernah mengalaminya tidak menyadari karena mungkin masih banyak orang yang belum memahaminya. Banyak wanita memiliki kista setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Namun, umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Padahal, penyakit kista ovarium ini sudah dapat hilang dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan. Namun, Anda harus berhati-hati agar benjolan ini tidak hilang dan akan tumbuh dan pecah. Benjolan ini biasanya akan menimbulkan gejala dan bisa membuat tidak nyaman.

Beberapa gejala yang ditemukan diantaranya yaitu rasa nyeri ringan yang menjalar ke bagian punggung bawah serta paha merupakan salah satu tanda kista ovarium. Nyeri sebelum atau sesudah menstruasi atau selama hubungan seksual (dispareunia). Gerakan usus yang menyakitkan atau tekanan pada usus. Selanjutnya juga muncul mual, muntah, atau nyeri dada selama kehamilan.

Gejala lainnya yang menjadi tanda dari adanya penyakit kista yaitu perut kembung atau berat, kemudian terjadinya tekanan pada kandung kemih membuat sulit untuk buang air kecil sering dan sepenuhnya. Perhatikan gejala yang telah disebutkan diatas apakah ada pada diri anda. jika iya, maka segera lakukan pemeriksaan agar dapat penanganan dini

3 jenis kista yang telah disebutkan diatas memiliki ciri dan gejala yang berbeda. Jika terjadi suatu kondisi yang memunculkan benjolan pada bagian tertentu serta terasa nyeri yang mengganggu maka segera bawa ke tenaga ahlinya. Hal tersebut perlu dilakukan dengan tujuan untuk bisa memastikan kondisi kesehatan anda untuk mendapatkan penanganan