Asuransi jiwa menjadi salah satu jenis asuransi yang penting dimiliki oleh para orang tua. Tak hanya berguna untuk orang tua, namun asuransi jiwa juga memberikan sejumlah manfaat untuk anak atau ahli waris. Oleh sebab itu, arti pentingnya asuransi jiwa bagi anak perlu dipahami dan menjadi pertimbangan untuk orang tua yang akan membeli produk proteksi ini.

Apa Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Anak?

Kehidupan mendatang tidak bisa diprediksi, termasuk berkaitan dengan risiko finansial. Segala hal bisa terjadi dan menyebabkan kerugian finansial. Maka dari itu, perlu adanya produk proteksi yang bisa melindungi kita dari risiko kerugian finansial.

Produk proteksi tersebut bisa dalam bentuk asuransi jiwa. Jenis asuransi ini akan memberikan santunan saat nasabah mengalami cacat total maupun meninggal dunia. Dengan demikian, saat yang bersangkutan tidak bisa mencari nafkah, keluarga atau ahli warisnya masih terjamin hidupnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulai saat ini pikirkan untuk membeli produk perlindungan ini.  Memutuskan untuk membeli asuransi jiwa sama saja dengan memutuskan untuk memberi perlindungan kepada keluarga khususnya anak-anak.

Perlindungan yang dimaksud yaitu perlindungan dari kemungkinan resiko kerugian finansial yang terjadi ketika Anda tidak bisa mencari nafkah. Adapun hal-hal yang menjadi alasan pentingnya asuransi jiwa bagi anak-anak dan pasangan, seperti berikut.

1.   Perencanaan Masa Pensiun

Hal pertama yang menjadi alasan asuransi jiwa penting bagi keluarga yaitu bisa membantu merencanakan masa pensiun yang lebih aman. Pasalnya, asuransi ini bisa dicairkan saat Anda sudah tidak mampu mencari nafkah. Dengan demikian, kehidupan Anda dan keluarga tetap terjamin meskipun sudah tidak memiliki penghasilan.

Terlebih, saat ini sudah banyak asuransi jiwa unit link. Asuransi ini menambahkan produk investasi dalam polis tersebut. Jika investasi tersebut menguntungkan, tentu saja sebagai pemilik polis, Anda akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

2.   Pengganti Penghasilan yang Hilang

Alasan kedua pentingnya asuransi jiwa yaitu untuk menggantikan penghasilan yang hilang. Jika kepala rumah tangga atau tulang punggung keluarga sudah tidak bisa mencari nafkah. maka asuransi jiwa ini dapat menggantikan penghasilan yang hilang.

Lain ceritanya saat kepala keluarga tersebut tidak memiliki asuransi jiwa. Maka, hal ini tentu akan lebih membebani anggota keluarga lain. Asuransi jiwa ini dapat memberikan perlindungan kepada keluarga sehingga tidak merasakan penderitaan secara finansial jika nantinya Anda sudah tidak mampu mencari nafkah.

3.   Perlindungan Masa Depan Anak

Alasan pentingnya asuransi jiwa bagi anak yaitu untuk melindungi masa depan anak. Sebagai orang tua tentu menginginkan masa depan terbaik untuk anak-anaknya. Asuransi jiwa ini dapat membantu untuk melindungi masa depan anak dari kondisi tak terduga khususnya melindungi kondisi keuangan.

Pendidikan anak yang lebih tinggi juga jadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua. Dengan adanya asuransi jiwa ini, maka dapat membantu untuk melindungi impian anak.

4.   Bisa Sebagai Tabungan

Asuransi ini juga bisa difungsikan sebagai tabungan. Premi asuransi yang dibayarkan Anda juga sama saja dengan menabung. Pasalnya, nantinya Anda bisa melakukan klaim atau mencairkan asuransi tersebut.

5.   Meringankan Beban Kekhawatiran Setelah Ditinggalkan

Pada saat kehilangan kepala rumah tangga atau tulang punggung keluarga tak hanya rasa sedih saja yang menghampiri keluarga tetapi juga rasa khawatir akan kondisi finansial kedepannya. Keberadaan asuransi jiwa ini dapat meringankan beban stres atau kekhawatiran dari keluarga terkait dengan kondisi keuangan setelah ditinggalkan.

Itulah lima alasan pentingnya asuransi jiwa bagi anak, pasangan dan keluarga. Melindungi keluarga tak hanya dalam hal fisik saja tetapi juga perencanaan keuangan yang baik.