Asuransi di masa sekarang ini merupakan suatu hal yang penting, dimana masyarakat bisa menabung dalam premi tertentu untuk dapat diambil manfaatnya apabila terjadi hal yang tidak terduga.

Apabila anda ingin mengambil sebagian atau seluruh dana yang anda miliki di asuransi karena alasan tertentu yang sudah sesuai dengan peraturan perusahaan, maka Anda dapat mengajukan klaim asuransi yang dimiliki. lantas, berapa lama klaim asuransi cair?.

Berapa Lama Klaim Asuransi Cair? Berikut Penjelasannya
Berapa Lama Klaim Asuransi Cair? Berikut Penjelasannya

Perlu dipahami bahwa klaim asuransi merupakan pengajuan yang dilakukan oleh pemegang polis kepada perusahaan untuk membayarkan sebagian atau seluruh dana sesuai persetujuan kedua belah pihak.

Pemahaman tentang proses klaim asuransi sangat penting untuk dimiliki. Sayangnya, masih banyak orang yang belum terlalu mengerti mengenai langkah serta waktu pencairan klaim asuransi. Beberapa hal yang dapat kalian pahami mengenai pembayaran klaim asuransi akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

Proses pengajuan Klaim Asuransi

Klaim asuransi biasanya diberikan oleh perusahaan kepada pemegang polis atau nasabah dalam bentuk tunai. Akan tetapi, terdapat beberapa persyaratan dan langkah yang harus dipenuhi sebelum perusahaan mencairkan klaim asuransi tersebut. Beberapa langkah yang dilakukan untuk mengajukan klaim asuransi yang anda ikuti yaitu:

1.   Menyiapkan formulir pengajuan klaim

Biasanya perusahaan akan menyediakan formulir pengajuan klaim sesuai dengan bentuk asuransi yang Anda ikuti. Pengisian formulir ini merupakan langkah awal dalam proses pengajuan klaim asuransi. Beberapa bentuk asuransi seperti asuransi jiwa juga mewajibkan pelaporan klaim asuransi dilakukan selambat-lambatnya 30-60 hari setelah kematian tertanggung.

2.   Menyiapkan dokumen

Dalam proses pencairan klaim tentu saja membutuhkan beberapa dokumen, hal ini dilakukan untuk memverifikasi dan mencocokkan bukti-bukti dengan pengajuan yang dilakukan oleh pemegang polis. Beberapa dokumen yang dibutuhkan secara umum yaitu polis asli, fotokopi KTP, dan fotokopi KK.

Selain itu, Anda juga biasnaya diminta untuk melengkapi dokumen lainnya sesuai jenis asuransi yang dilakukan. Misalnya untuk asuransi jiwa apabila meninggal, maka diperlukan surat keterangan meninggal sesuai penyebabnya (sakit, kecelakaan, atau bunuh diri) serta dilengkapi oleh berkas ahli waris yang dimiliki oleh ahli waris dari orang tertanggung tersebut.

3.  Proses verifikasi

Setelah pengisian formulir dan pelengkapan dokumen, perusahaan akan melakukan verifikasi terhadap berkas yang dikirimkan. Berapa lama klaim asuransi cair? Apabila dokumen tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang ada, maka dana klaim asuransi akan bisa dicairkan sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.

Berapa Lama klaim asuransi cair?

Untuk proses pencairan klaim asuransi, biasanya tergantung dari kemampuan perusahaan tersebut dalam memverifikasi data nasabah yang mengajukan klaim asuransi. Umumnya, proses pengajuan klaim membutuhkan waktu antara 7 sampai 14 hari sampai dana cair.

Namun jika terdapat kekurangan berkas atau verifikasi berkas lebih lanjut, maka masa pencairan dapat diperpanjang hingga 60 hari. Selain itu, Anda juga bisa bertanya langsung kepada perusahaan asuransi terkait waktu pencairan dana asuransi yang dimiliki.

Hal Yang Harus dihindari Agar Klaim Asuransi Tidak ditolak

Berapa lama proses asuransi cair juga bisa tergantung dari beberapa yang mungkin bisa membuat klaim asuransi ditolak.

1.  Manipulasi dokumen

Hal ini tentu saja sangat dilarang karena merugikan diri sendiri dan dapat dituntut secara hukum. Maka dari itu, isi dan lengkapi dokumen sejujur-jujurnya sehingga tidak menimbulkan masalah.

2.  Klaim asuransi akibat kesalahan sendiri

Beberapa klaim asuransi dapat ditolak oleh perusahaan karena alasan tertentu yang diakibatkan kesalahan sendiri, seperti bunuh diri, kecelakan karena kelalaian sendiri, dan kematian akibat melakukan tindak kejahatan. Maka dari itu, pastikanlah saat mengajukan klaim, kerugian tersebut bukan akibat kesalahan sendiri ataupun berhubungan dengan tindakan yang melanggar hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *