Mobil menjadi kendaraan yang banyak diimpikan orang. Akan tetapi memiliki mobil mengaharuskan kita siap atas segala risiko kerugian yang mungkin terjadi. Kerugian yang bisa muncul saat memiliki kendaraan pribadi misalnya kerusakan, kecelakaan, kehilangan, hingga tanggung jawab kepada orang lain atas kelalaian yang dilakukan.

Seluruh kerugian tersebut bisa saja dihindari apabila kita berkendara dengan baik dan memiliki asuransi. Sebagai produk perlindungan, jenis asuransi mobil terbagi ada dua macam. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Asuransi Mobil dan Keunggulannya yang Penting untuk Diketahui
Jenis Asuransi Mobil dan Keunggulannya yang Penting untuk Diketahui

Jenis Asuransi Mobil dan Keunggulannya

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi kendaraan yang menawarkan produk asuransi dengan kelebihannya masing-masing. Meskipun demikian, secara umum asuransi mobil hanya terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mobil total loss only (TLO) dan all risk. Apa yang membedakan kedua jenis asuransi mobil ini? Berikut ulasannya.

1.  Asuransi Mobil TLO

Asruansi mobil TLO adalah asuransi mobil yang memberikan jaminan perlindungan saat mobil hilang atau kerusakan berat yang nilai perbaikannya lebih dari sama dengan 75% dari harga mobil tersebut. Jadi, jika kerusakan kendaraan kurang dari 75%, asuransi ini tidak bisa digunakan.

Beberapa keunggulan yang dimiliki jenis asuransi mobil TLO, antara lain:

●     Biaya Premi Relatif Rendah

Jika dibandingkan dengan asuransi all risk. Asuransi mobil TLO memiliki premi yang relatif rendah. Hal tersebut dikarenakan asuransi TLO memberikan manfaat yang terbatas hanya pada kerusakan berat dan kehilangan saja. Maka dari itu nilai preminya menjadi rendah.

●     Tanggungan Bisa Diperluas

Secara definisi, asuransi mobil TLO memang hanya bisa menanggung kerusakan berat dan kehilangan saja. Namun pada praktiknya, peserta asuransi bisa meminta perluasan tanggungan. Tentu saja, permintaan perluasan tanggungan harus sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan asuransi.

2.  Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi mobil lainnya yaitu asuransi mobil all risk. Asuransi ini memberikan perlindungan dan pembiayaan secara penuh baik saat kerusakannya besar atau kecil.

Tak hanya itu, asuransi all risk juga dapat memberikan perlindungan atas kehilangan dengan syarat yang berlaku. Karena perlindungan yang diberikan sangat luas, maka biaya premi dari asuransi ini lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

Sementara itu, beberapa keuntungan yang ditawarkan asuransi mobil all risk, sebagai berikut:

●     Menanggung Segaja Jenis Kerusakan

Seperti namanya, asuransi ini menanggung segala jenis kerusakan, baik kerusakan kecil atau besar. Sehingga saat terjadi kerusakaan apapun Anda bisa melakukan klaim asuransi ini.

●     Bisa Menanggung Kerugian Akibat Kehilangan

Tak hanya asuransi TLO yang bisa menanggung kerugian akibat kehilangan, asuransi all risk juga memberikan manfaat ini. Dengan demikian, pemilik mobil menjadi lebih tenang.

●     Memberikan Perlindungan saat Terjadi Kecelakaan

Keunggulan lainnya dari jenis asuransi mobil ini yaitu bisa memberikan perlindungan saat terjadi kecelakaan. Meskipun sudah berhati-hati, kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, pengendara harus selalu waspada saat mengemudi di jalan raya.

Selain itu, pemilik kendaraan juga harus memiliki produk proteksi yang dapat memberikan ganti rugi secara finansial saat terjadi kecelakaan. Produk perlindungan yang bisa dipilih yaitu asuransi mobil all risk.

●     Dapat Melakukan Perluasan Tanggungan

Asuransi all risk memang memberikan perlindungan yang meluas, namun peserta asuransi masih dapat melakukan perluasan tanggungan. Jenis kerugian yang dapat diperluas, antara lain;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *