Sakit merupakan kondisi yang tidak bisa diprediksi. Setiap orang memiliki risiko jatuh sakit kapan saja. Jika sakit datang, maka banyak aktivitas yang terganggu dan mungkin menyebabkan pengeluaran lebih banyak karena harus berobat.

Oleh sebab itu, kita perlu melakukan pencegahan atas kerugian finansial akibat sakit yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan. Pada kesempatan ini, kita akan mengulas tentang pengertian asuransi kesehatan hingga cara kerjanya yang penting untuk diketahui.

Kupas Tuntas Pengertian Asuransi Kesehatan Hingga Cara Kerjanya
Kupas Tuntas Pengertian Asuransi Kesehatan Hingga Cara Kerjanya

Pengertian Asuransi Kesehatan

Menurut penjelasan di sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi kesehatan adalah asuransi yang menjamin tertanggung untuk mengganti biaya pengobatan yang terdiri atas biaya perawatan rumah sakit, biaya pembedahan, hingga biaya obat-obatan.

Pengertian asuransi kesehatan lainnya yaitu jenis asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan para peserta asuransi saat mereka jatuh sakit atau membutuhkan perawatan medis. Asuransi ini mengcover biaya rawat inap ataupun rawat jalan.

Walaupun demikian, setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki ketentuan tersendiri terkait pemberian manfaat kepada tertanggung. Oleh sebab itu, sebelum memilih asuransi kesehatan pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan dalam polis asuransi tersebut.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Di Indonesia ternyata terdapat beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih. Jenis asuransi ini terbagi atas beberapa kategori. Berikut penjelasan lengkap tentang jenis-jenis asuransi kesehatan yang perlu diketahui.

1.  Berdasarkan Jenis Perawatan

Jika dilihat dari jenis perawatan yang diberikan, asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan.

2.  Berdasarkan Badan Penyelenggara

Selain berdasarkan jenis perawatan yang diberikan, asuransi kesehatan juga bisa dibedakan atas penyelenggara program perlindungan tersebut. Asuransi kesehatan yang umum beredar di masyarakat terbagi atas asuransi kesehatan milik pemerintah dan swasta.

Pengertian asuransi kesehatan pemerintah produk perlindungan kesehatan yang dikelola pemerintah. Contohnya BPJS Kesehatan. Sementara itu, asuransi kesehatan swasta adalah asuransi kesehatan yang dimiliki dan dikelola oleh badan atau perusahaan swasta.

3.  Berdasarkan Pihak Tertanggung

Apabila dilihat dari pihak tertanggung atau peserta asuransi, jenis asuransi kesehatan ini terbagi atas dua jenis yaitu asuransi kesehatan personal dan kolektif atau kelompok. Definisi dari asuransi kesehatan personal yaitu produk perlindungan yang memberikan manfaat hanya kepada satu orang saja. Sedangkan asuransi kesehatan kolektif atau kelompok merupakan asuransi kesehatan yang manfaatnya diberikan kepada sekelompok individu, misalnya keluarga atau perusahaan.

Cara Kerja Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang bekerja dengan cara melindungi keuangan dari risiko kesehatan yang mengintai selama polis masih berlaku. Dengan kata lain, saat Anda sakit, maka Anda bisa mengalihkan pengeluaran untuk membayar biaya pengobatan kepada perusahaan asuransi. Akan tetapi, Anda juga harus rutin membayar premi yang sudah ditentukan agar bisa menikmati manfaat dari asuransi kesehatan.

Biaya-biaya yang ditanggung oleh asuransi bisa diganti secara langsung (cashless) atau dengan sistem reimburse. Semua mekanisme klaim asuransi ini tercatat dalam polis asuransi. Oleh sebab itu, sebelum menyetujui perjanjian asuransi, pastikan Anda telah membaca dan memahami isi perjanjian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *