Asuransi kendaraan mobil adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi saat terjadi kerusakan atau kehilangan atas kendaraan roda empat yang dimiliki. Bagi pemilik kendaraan, asuransi ini sangat dibutuhkan.

Pasalnya, saat kendaraan rusak maka pemilik perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Namun, jika Anda memiliki asuransi kendaraan, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, ada perusahaan asuransi yang akan membayar biaya perbaikan tersebut, termasuk saat kendaraan hilang atau dicuri. Maka, perusahaan asuransi akan mengganti biaya kerugian tersebut.

Mengapa Asuransi Kendaraan Mobil Penting? Ini 7 Alasannya
Mengapa Asuransi Kendaraan Mobil Penting? Ini 7 Alasannya

Keuntungan Memiliki Asuransi Kendaraan Mobil

Pentingnya asuransi kendaraan mobil tidak perlu diragukan. Pasalnya, produk asuransi ini memberikan banyak keuntungan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.  Membebaskan dari Biaya Ekstra

Keuntungan yang membuat asuransi kendaraan mobil ini penting yaitu menghindarkan pemilik kendaraan dari biaya ekstra jika terjadi bencana alam atau kejadian lain. Misalnya, saat terjadi bencana banjir yang membuat kendaraan rusak, maka biaya kerusakan tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, Anda tidak akan mengeluarkan biaya ekstra.

2.  Membantu Mencari Bengkel saat Terjadi Kecelakaan

Hal lain yang membuat jenis asuransi ini penting untuk dimiliki yaitu bisa menghemat waktu dan memberikan ketenangan saat terjadi kecelakaan. Pasalnya, saat terjadi kecelakaan kita mungkin akan merasa cemas dan disibukkan saat terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang dimiliki.

Akan tetapi, jika memiliki asuransi kendaraan, maka perusahaan asuransi bisa membantu Anda mencari bengkel terbaik dan mengurus segala hal yang dibutuhkan untuk memperbaiki kendaraan tersebut.

3.  Memberikan Ketenangan

Sama seperti sakit, risiko kecelakaan lalu lintas juga menjadi hal yang sulit dihindari. Siapapun yang berada di jalan raya memiliki risiko yang sama mengalami kecelakaan. Jika demikian, maka membuat para pengendara menjadi tidak tenang.

Akan tetapi, rasa tidak nyaman tersebut bisa diminimalisir atau dihilangkan dengan cara memiliki asuransi kendaraan mobil. Pasalnya, perusahaan asuransi memberikan jaminan perlindungan apabila Anda mengalami kecelakaan lalu lintas.

4.  Menanggung Ganti Rugi Kepada Pihak Ketiga

Alasan lain yang membuat asuransi kendaraan mobil penting yaitu karena perusahaan asuransi bisa memberikan ganti rugi kepada pihak ketiga. Manfaat ini bisa Anda rasakan, jika tanpa disengaja Anda mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerugian pada pihak lain.

Kondisi tersebut mungkin membuat Anda harus mengganti kerugian pihak lain yang dirugikan dalam kecelakaan tersebut. Akan tetapi, jika Anda memiliki asuransi kendaraan maka perusahaan asuransi bisa menanggung ganti rugi tersebut.

5.  Tempat Menabung

Tak hanya memberikan perlindungan, asuransi juga bisa menjadi tempat untuk menabung. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan dua menfaat yaitu bisa melindungi aset sekaligus menabung. Akan tetapi, manfaat ini mungkin tidak diberikan semua produk asuransi kendaraan. Maka dari itu, saat hendak memilih asuransi kendaraan mobil, Anda perlu mencermati segala manfaat yang ditawarkan.

6.  Mendapatkan Layanan Tambahan

Pentingnya asuransi kendaraan mobil selanjutnya yaitu Anda bisa mendapatkan layanan tambahan. Beberapa layanan tambahan yang biasanya diberikan perusahaan asuransi antara lain; fasilitas derek mobil, garansi kerja bengkel, hingga fasilitas hotline 24 jam yang dapat membantu Anda saat terjadi masalah darurat.

7.  Menstabilkan Harga Jual Kendaraan

Sama halnya dengan aset bergerak lain, mobil juga akan mengalami penurunan harga seiring berjalannya waktu. Akan tetapi dengan memiliki asuransi kendaraan mobil, harga jual akan lebih stabil. Hal tersebut dikarenakan saat terjadi kerusakan, Anda bisa segera memperbaikinya. Dengan demikian, kondisi mobil tetap terjadi dan harga jual menjadi lebih stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *