Istilah asuransi mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Secara sederhana asuransi dimaknai sebagai produk proteksi diri dari beragam risiko finansial yang bisa datang kapan saja. Jenis asuransi kini sangat beragam, salah satunya asuransi jiwa.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar pengertian asuransi jiwa hingga beberapa manfaat yang diberikan. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Kenali Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaat yang Diberikan
Kenali Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaat yang Diberikan

Pengertian Asuransi Jiwa

Pengertian asuransi jiwa adalah sebuah produk asuransi yang digunakan sebagai bentuk perlindungan atas munculnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau kematian anggota keluarga (tertanggung) yang menjadi tulang punggung keluarga.

Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa jika tulang punggung keluarga memiliki asuransi jiwa, dan suatu hari yang bersangkutan meninggal dunia atau kehilangan pendapatan, maka keluarganya akan mendapatkan ganti rugi atas risiko finansial yang diterimanya. 

Oleh sebab itu, asuransi jiwa ini termasuk bentuk perlindungan kepada keluarga agar tetap bisa hidup layak dan terhindar dari masalah finansial saat tulang punggung keluarga sudah tidak berpenghasilan. Asuransi jiwa ini juga menjadi bentuk kasih sayang seseorang kepada keluarga atau orang terdekat.

Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa

Sama halnya dengan produk perlindungan lainnya, asuransi jiwa juga memiliki sederet manfaat yang akan diterima tertanggung atau peserta asuransi. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1.  Membuat Pikiran Lebih Tenang

Di beberapa situasi, kematian seseorang tak hanya meninggalkan duka namun juga bisa menyebabkan keluarga yang ditingalkan kehilangan pemasukan. Kondisi ini biasanya terjadi apabila yang meninggal dunia merupakan tulang punggung dan keluarga tersebut tidak memiliki support ekonomi dari pihak lain.

Tentu saja kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada keluarga kita. Oleh sebab itu, salah satu bentuk antisipasi yang bisa dilakukan yaitu dengan memiliki asuransi jiwa. Jadi, jika suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan, sudah ada pihak yang akan menanggung kehidupan keluarga kita, dalam hal ini yaitu perusahaan asuransi jiwa.

2.  Ahli Waris Terjamin Hidupnya

Manfaat lain dari asuransi jiwa yaitu dapat membuat ahli waris hidup lebih terjamin. Manfaat ini menjadi sebuah kepastian dalam menyiapkan masa depan ahli waris, seperti pendidikan hingga finansial keluarga pada umumnya.

3.  Membantu Mengelola Keuangan dengan Lebih Baik

Asuransi jiwa juga menjadi bagian penting dalam pengelolaan keuangan. Pasalnya, saat Anda memiliki polis asuransi, Anda harus membayar premi setiap bulannya. Dari sinilah Anda akan terbiasa untuk menyisihkan sebagian uang yang didapatkan untuk membayar premi tersebut. Dengan demikian, secara tidak langsung asuransi bisa membantu mengatur penggunaan uang dan membiasakan diri untuk mengelola uang dengan baik.

4.  Memberikan Santunan Cacat

Asuransi jiwa tidak hanya memberikan manfaat saat tertanggung meninggal dunia saja. Asuransi jiwa juga dapat memberikan perlindungan saat tertanggung mengalami cacat sebagian atau cacat total yang menyebabkan kehilangan penghasilan. Jika terjadi kondisi demikian, pemegang polis bisa melakukan klaim atas asuransi jiwa yang dimiliki. Nantinya, perusahaan asuransi bisa membayarkan manfaat sesuai kesepakatan.

5.  Mendapatkan Keuntungan Investasi

Saat ini banyak perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan asuransi jiwa unit link. Jenis asuransi ini memungkinkan seseorang mendapatkan manfaat perlindungan dari produk asuransi sekaligus mendapatkan keuntungan dari investasi yang dimiliki. Pasalnya, dana premi yang disetorkan peserta asuransi, sebagian akan dialokasikan dalam instrumen investasi.

Demikian penjelasan seputar pengertian asuransi jiwa lengkap dengan beberapa manfaat yang diberikan. Pemahaman tersebut perlu Anda miliki sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *