Asuransi jiwa menjadi salah satu produk perlindungan yang penting untuk dimiliki. Jenis asuransi ini dikelola oleh perusahaan asuransi jiwa. Berdasarkan penjelasan di ojk.go.id, perusahaan asuransi jiwa adalah perusahaan jasa penanggulangan risiko yang memberikan pembayaran kepada pemilik polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak.

Pembayaran tersebut dilakukan karena tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup, atau pembayaran lain kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain dalam waktu tertentu sesuai perjanjian. Besar tanggungan yang diberikan sudah ditentapkan dan/atau berdasarkan hasil pengelolaan dana.

6 Ciri Perusahaan Asuransi Jiwa Ini Penting untuk Dipahami
6 Ciri Perusahaan Asuransi Jiwa Ini Penting untuk Dipahami

Ciri Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik

Seiring berjalannya waktu, perusahaan asuransi jiwa kian menjamur. Sudah banyak bermunculan perusahaan asuransi jiwa baik milik pemerintah maupun swasta. Setiap perusahaan tersebut menawarkan keunggulan yang berbeda.

Maka dari itu agar tidak salah pilih, alangkah baiknya untuk memahami ciri perusahaan asuransi jiwa terbaik terlebih dahulu sebelum membeli polis asuransi tersebut. Apa saja ciri-cirinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1.  Telah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga independen yang mempunyai tugas, fungsi, serta wewenang untuk mengatur, mengawasi, memeriksa, hingga melakukan penyidikan di bidang jasa keuangan. Dengan kata lain, perusahaan jasa keuangan yang sudah telah terdaftar di OJK sudah terjamin keamanannya. Maka dari itu, sebelum memilih asuransi jiwa, pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah tedaftar di OJK.

2.  Ada Transparansi Informasi

Selain legalitas, bagian penting lainnya yang harus dimiliki perusahaan asuransi jiwa yaitu transparansi dalam menyampaikan segala informasi. Adapun informasi yang dimaksud meliputi informasi produk dan segala ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut.

3.  Mempunyai Jaringan Internasional

Ciri perusahaan asuransi jiwa terbaik selanjutnya yaitu mempunyai jaringan internasional. Hal ini dibutuhkan agar produk perlindungan tersebut bisa digunakan walaupun sedang ada di luar negeri. Dengan adanya jaringan internasional ini, makasaat Anda pindah ke negara lain, Anda tidak perlu membeli produk asuransi jiwa yang baru.

4.  Memberikan Perlindungan Menyeluruh

Produk pelindungan yang ditawarkan perusahaan asuransi menjadi hal yang patut dipertimbangkan saat hendak membeli polis asuransi jiwa. Upayakan untuk memilih perusahaan yang mampu memberikan perlindungan secara menyeluruh. Contoh dari polis asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh yaitu asuransi yang mengikut sertakan unit link atau perusahaan asuransi yang memberikan produk asuransirider yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

5.  Tidak Menawarkan Produk secara Belebihan

Walaupun manfaat perlindungan menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan, namun jangan tergoda dengan perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan produk secara berlebihan. Pasalnya, hal itu termasuk ciri perusahaan asuransi bodong yang hanya menawarkan janji manis saja.

Sebisa mungkin cermati manfaat yang diberikan apakah telah sesuai dengan premi yang harus peserta bayarkan atau justru sebaliknya. Pasalnya, prinsip dari asuransi seharusnya terjadi keseimbangan antara manfaat yang diterima peserta dengan premi yang harus dibayarkan oleh peserta tersebut.

6.  Perusahaan Mudah Dihubungi

Komunikasi menjadi salah satu ciri perusahaan asuransi jiwa terbaik. Pastikan polis asuransi yang Anda miliki dikelola oleh perusahaan yang memiliki cara komunikasi yang baik.

Komunikasi ini menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan karena tidak menutup kemungkinan peserta asuransi memerlukan bantuan perusahaan asuransi di waktu yang tak terduga. Pastikan perusahaan asuransi memiliki call center yang bisa dihubungi kapan saja dan mempunyai alamat kantor yang jelas.

Itulah sejumlah ciri perusahaan asuransi jiwa terbaik. Ciri-ciri di atas perlu dipahami dan diperhatikan saat Anda hendak membeli polis asuransi jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *