Asuransi kesehatan menjadi produk keuangan yang penting untuk dimiliki. Pasalnya, risiko jatuh bisa bisa menimpa kepada siapa saja dan kapan saja. Lantas, apa saja manfaat asuransi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sederet Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan kepada peserta asuransi atas biaya pengobatan dan perawatan medis saat yang bersangkutan mengalami masalah kesehatan. Produk asuransi ini memberikan ragam manfaat kepada tertanggung, berikut sederet manfaat asuransi kesehatan yang perlu diketahui.

6 Manfaat Asuransi Kesehatan, Bisa Meringankan Beban Keluarga
6 Manfaat Asuransi Kesehatan, Bisa Meringankan Beban Keluarga

1.  Meringankan Biaya Perawatan Medis

Manfaat pertama dari asuransi kesehatan yaitu dapat meringankan biaya perawatan medis. Perusahaan asuransi nantinya akan meng-cover biaya perawatan medis saat peserta asuransi tersebut jatuh sakit. Dengan demikian, Anda bisa lebih tenang dan fokus pada proses pemulihan.

2.  Meringankan Beban Keluarga

Saat kita jatuh sakit dan tidak memiliki dana darurat untuk menutup biaya pengobatan, tentu hal tersebut akan membuat beban keluarga semakin berat. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi, kita perlu menyiapkan dana khusus untuk biaya perawatan saat sakit. Salah satu caranya yaitu dengan mendaftarkan diri dalam program asuransi kesehatan.

Jika memiliki asuransi kesehatan, maka saat kita jatuh sakit ada perusahaan asuransi yang menanggung biaya perawatan dan pengobatan saat sakit. Jadi, kita tidak perlu merepotkan keluarga terdekat untuk menanggung biaya pengobatan.

3.  Melatih Kedisiplinan dalam Mengatur Keuangan

Manfaat lainnya dari asuransi kesehatan yaitu bisa membantu kita melatih kedisiplinan dalam mengatur keuangan. Mempunyai asuransi berarti mengharuskan kita untuk membayar biaya premi setiap bulannya. Agar proses pembayaran tidak macet, maka kita perlu menyisihkan uang untuk membayar premi tersebut. Dari sinilah kita mulai berlatih untuk mengatur keuangan dengan baik dan belajar membagi skala prioritas dalam keuangan.

4.  Mendapatkan Perawatan Medis Sesuai Kebutuhan

Manfaat asuransi kesehatan selanjutnya yaitu dapat memberikan perawatan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu diketahui bahwa, sebelum menandatangi polis asuransi kita harus mempelajari isi dari perjanjian tersebut. Dalam perjanjian asuransi kesehatan umumnya terdapat jenis perawatan yang akan ditanggung polis asuransi tersebut.

Maka dari itu, saat kita memiliki asuransi kesehatan, kita bisa menyesuaikan jenis perawatan sesuai kebutuhan. Adapun beberapa jenis perawatan medis yang biasanya ditanggung polis asuransi kesehatan, sebagai berikut:

5.  Mendapatkan Perawatan Lebih Cepat

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita juga bisa mendapatkan perawatan medis lebih cepat dan luas. Pasalnya, ketika memiliki asuransi kesehatan Anda bisa langsung datang ke rumah sakit dan menunjukan bukti kepesertaan asuransi kesehatan. Setelah itu, pihak rumah sakit akan segera memproses keperluan Anda.

6.  Mendapatkan Manfaat Nilai Tunai

Terkadang ada juga produk asuransi kesehatan yang menawarkan manfaat nilai tunai. Maksud dari manfaat nilai tunai yaitu perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah danai apabila peserta asuransi jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Dana tersebut diberikan untuk mengganti biaya transportasi atau mengganti pendapatan yang hilang selama dirawat di rumah sakit.

Itulah sejumlah manfaat asuransi kesehatan yang akan Anda terima jika memiliki produk perlindungan ini. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda juga bisa menghemat biaya pengobatan saat sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *