Asuransi sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Pasalnya asuransi bisa membantu mengurangi kerugian finansial bila terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan. Produk asuransi banyak jenisnya, salah satunya yaitu asuransi kerugian. Apa yang dimaksud dengan asuransi kerugian? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

6 Jenis Asuransi Kerugian dan Tips Memilihnya
6 Jenis Asuransi Kerugian dan Tips Memilihnya

Apa Itu Asuransi Kerugian?

Asuransi kerugian termasuk bagian dari usaha asuransi. Berdasarkan penjelasan di sikapiuangmu.ojk.go.id, perusahaan asuransi kerugian adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam menanggung risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang muncul dari peristiwa tidak pasti.

Perusahaan asuransi kerugian menyelanggarakan jasa penanggungan risiko dengan memberikan penggantian atau pembayaran kepada pemegang polis atau pihak lain yang berhak atas peristiwa tertentu. Peristiwa tersebut bersifat tidak pasti yang dapat menimbulkan kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan.

Jenis Asuransi Kerugian

Produk asuransi kerugian ternyata memiliki beberapa jenis. Adapun jenis-jenis asuransi kerugian, sebagai berikut:

1. Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran adalah produk asuransi yang berguna untuk melindungi properti dari risiko kebakaran. Barang yang ditanggung asuransi ini yaitu bangunan, rumah, pabrik, serta benda bergerak yang meliputi kendaraan bermotor dan kapal.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Jenis asuransi kerugian lainnya yaitu asuransi kendaraan bermotor. Seperti namanya, jenis asuransi ini akan mengganti biaya kerugian akibat kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor.

Ada dua jenis risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi kendaraan bermotor, yaitu kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor tersebut dan tanggung jawab hukum tertanggung kepada pihak ketiga.

3. Asuransi Properti

Asuransi ini bertujuan untuk melindungi kerusakan pada properti yang merupakan bagian dari aset. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap herta benda dari risiko kebakaran, bencana alam, hingga kerusakan lain yang bisa datang secara tiba-tiba.

4. Asuransi Kelautan

Asuransi kelautan merupakan perlindungan kepada risiko kehilangan-kehilangan di laut, termasuk kehilangan yang menyertai perjalanan di laut. Asuransi ini berguna untuk melindungi aktivitas ekspor, impor, pengiriman barang, pemesanan barang, hingga pemilik barang pindahan. Asuransi ini juga dapat melindungi risiko kerugian atau kerusakan barang selama pengkutan atau pengiriman.

5. Asuransi Pengangkutan

Jenis asuransi kerugian ini menjamin kerugian akibat kerusakan atau kehilangan barang yang diangkut selama pengangkutan dari satu tempat ke tempat lain.

6. Asuransi Kredit

Asuransi ini berhubungan dengan dunia perbankan yang menitik beratkan pada asuransi jaminan kredit. Produk yang dicover oleh asuransi kerugian ini yaitu benda bergerak dan benda tak bergerak yang bisa mengalami risiko kerugian kapan saja bagi pemilik barang atau pemberi kredit.

Tips Memilih Produk Asuransi Kerugian

Kini kita mengetahui bahwa asuransi kerugian ternyata memiliki beberapa jenis. Namun, agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih asuransi kerugian yang penting untuk diketahui.

1. Pilih barang yang hendak diasuransikan

Sebelum memilih produk asuransi kerugian, pastikan Anda telah mengetahui barang apa yang hendak diasuransikan. Misalnya, jika Anda ingin mengasuransikan kendaraan, maka Anda bisa memasukkan kendaraan tersebut ke dalam barang yang hendak diasuransikan.

2. Pilih perusahaan asuransi terbaik

Tips memilih asuransi kerugian lainnya, pastikan Anda memilih asuransi terbaik dan terpercaya. Dengan demikian, Anda dapat memiliki perlindungan terbaik sesuai biaya premi yang Anda bayarkan.

3. Pilih paket produk asuransi yang paling sesuai

Jika ingin memiliki asuransi kerugian, pastikan Anda memilih paket produk asuransi yang paling sesuai. Dengan memilih paket produk, maka Anda bisa mendapat pelayanan dan fasilitas potongan terbaik. Anda juga dianjutkan untuk memilih first loss insurance. Hal tersebut bertujuan agar premi yang dibayarkan terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *