Asuransi gigi adalah jenis asuransi yang melindungi dari risiko finansial akibat perawatan maupun pembedahan gigi. Perawatan yang ter-cover dalam asuransi ini antara lain; penambalan gigi, pencabutan gigi, hingga pembersihan karang gigi. Jenis asuransi ini diperlukan karena pada umumnya produk asuransi kesehatan dasar tidak meng-cover asuransi gigi.

Memahami Jenis Asuransi Gigi dan Cara Memilihnya
Memahami Jenis Asuransi Gigi dan Cara Memilihnya

Jenis-jenis Asuransi Gigi

Produk asuransi gigi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan jenis produk dan berdasarkan manfaat yang tersedia. Berikut penjelasannya.

Berdasarkan jenis produk

1. Asuransi gigi sebagai produk tambahan (rider)

Asuransi gigi sebagai rider berarti asuransi ini masuk dalam polis asuransi kesehatan utama. Dengan kata lain, jenis asuransi gigi yang satu ini tidak bisa berdiri sendiri. Produk asuransi ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Dengan membeli produk ini maka Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan sekaligus asuransi gigi.

2. Asuransi gigi sebagai produk utama

Sebagai produk utama, berarti asuransi gigi berdiri sendiri atau tidak bergabung dengan asuransi kesehatan dasar. Umumnya memang asuransi kesehatan tidak memiliki jaminan perawatan gigi, maka dari itu banyak perusahaan asuransi yang akhirnya menyediakan produk khusus untuk perlindungan gigi. Jenis asuransi gigi ini, cocok untuk Anda yang sudah memiliki asuransi kesehatan dasar tanpa perlindungan gigi.

Berdasarkan manfaat yang tersedia

1. Perawatan dasar

Asuransi gigi yang termasuk perawatan dasar merupakan asuransi yang meliputi perawatan rutin seperti menambah gigi berlubang, membersihkan karang gigi, dan mencabut gigi yang telah rusak.

2. Perawatan kompleks

Jenis asuransi ini berguna apabila gigi mengalami masalah yang parah, biasanya karena kecelakaan atau penyakit. Misalnya kondisi yang mengharuskan tindakan operasi gigi atau pemasangan implan.

3. Pemasangan gigi palsu

Asuransi ini gini dibutuhkan apabila Anda membutuhkan gigi palsu. Tentu saja pemasangan gigi palsu harus sesuai dengan rekomendasi dokter gigi.

Cara Memilih Asuransi Gigi yang Paling Tepat

Setelah memahami jenis-jenis asuransi gigi, maka kini Anda bisa langsung memilih produk perlindungan gigi. Berikut ini beberapa cara untuk memilih asuransi gigi yang paling tepat.

1. Cek biaya premi

Dalam membeli produk asuransi gigi, Anda harus memperhatikan biaya premi asuransi tersebut. Umumnya, premi asuransi gigi sekitar Rp80.000 – Rp300.000 per bulan. Namun biaya tersebut bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung jenis asuransinya.

Oleh sebab itu, sebelum memilih asuransi gigi, pastikan Anda telah mengetahui biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Pastikan juga premi tersebut sesuai dengan manfaat yang diberikan.

2. Pahami cara klaimnya

Secara umum, untuk klaim asuransi gigi terdapat dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Asuransi cashless diketahui lebih praktis, karena hanya dengan menunjukkan kartu asuransi, proses klaim sudah bisa dilakukan. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi tersebut.

Sementara itu, untuk asuransi reimbursement mengharuskan Anda membayar tagihan terlebih dahulu, sebelum mendapatkan uang pertanggungan. Asuransi yang menggunakan sistem klaim seperti ini biasanya bisa digunakan di rumah sakit mana saja.

3. Pilih asuransi yang menggunakan sistem perpanjangan polis

Saat memilih asuransi gigi, pastikan bahwa asuransi tersebut menggunakan sistem perpanjangan polis berupa renewal guarantee. Artinya, perusahaan tersebut berkomitmen untuk terus memperpanjang polis, tanpa mengulas kondisi kesehatan Anda. Dengan demikian, pertanggungan biaya perawatan gigi tetap aman dan dapat diperbaharui lagi unuk periode perlindungan selanjutnya.

Demikian, penjelasan seputar jenis asuransi gigi lengkap dengan cara memilihnya. Dengan memahami ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang hendak memilih produk asuransi gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *