Asuransi merupakan cara untuk mengelola risiko. Asuransi adalah suatu perjanjian antara perusahaan asuransi (penanggung) dan pemegang polis (tertanggung) dimana tertanggung membayar sejumlah premi untuk mendapatkan pertanggungan atas risiko.

Ketika Anda membeli asuransi, Anda membeli perlindungan terhadap kerugian finansial yang tidak terduga. Perusahaan asuransi membayar Anda atau seseorang yang Anda pilih jika sesuatu yang buruk terjadi.

Apa Itu Polis Asuransi? Kenali Unsur, Fungsi, dan Istilahnya
Apa Itu Polis Asuransi? Kenali Unsur, Fungsi, dan Istilahnya

Dalam asuransi dikenal istilah polis asuransi yang penting dipahami sebelum membeli asuransi.

Apa itu polis asuransi?

Polis asuransi adalah kesepakatan antara pihak tertanggung dan pihak penanggung yang dituangkan dalam perjanjian tertulis. Polis asuransi merupakan bukti otentik berupa akta mengenai adanya perjanjian asuransi, sehingga polis asuransi ini memiliki kekuatan hukum.

Pemegang polis belum tentu tertanggung. Seseorang atau perusahaan dapat memperoleh polis asuransi, sehingga menjadikan mereka sebagai pemegang polis. Pemegang polis melindungi orang atau badan lain yang merupakan tertanggung.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan membeli asuransi jiwa untuk karyawannya, maka karyawan tersebut adalah tertanggung dan perusahaan adalah pemegang polis.

Isi polis asuransi merupakan bukti kesepakatan antara pemberi dan pemegang polis yang di dalamnya berisi jenis asuransi, besarnya klaim dan premi asuransi, jangka waktu kesepakatan, periode pembayaran premi, cara pembayaran, sanksi keterlambatan, dan ketentuan lainnya.

Polis asuransi mengikat kedua pihak yang melakukan perjanjian asuransi, sehingga kedua pihak memiliki tanggung jawab dan kewajiban masing-masing sesuai kesepakatan. Polis asuransi merupakan hal yang sangat penting di dalam layanan asuransi itu sendiri, karena polis akan melindungi setiap hak dan kewajiban nasabah dan pihak perusahaan asuransi.

Unsur-Unsur Polis Asuransi

Polis asuransi mencakup unsur-unsur sebagai berikut:

Bagaimana cara kerja polis asuransi?

Polis asuransi sering kali berlaku untuk jangka waktu tertentu. Di akhir jangka waktu itu, Anda perlu memperbarui polis atau membeli yang baru. Ketika Anda membeli polis asuransi, bagian dari tanggung jawab Anda termasuk membayar biaya yang disebut premi.

Beberapa premi dibayarkan setiap bulan, seperti asuransi kesehatan. Premi lain mungkin dibayar sekali atau dua kali setahun, seperti asuransi mobil atau pemilik rumah. Biaya premi umumnya tergantung pada seberapa besar risiko terhadap perusahaan asuransi.

Fungsi Polis Asuransi

Fungsi polis asuransi bagi nasabah (tertanggung):

Fungsi polis asuransi bagi perusahaan asuransi (penanggung):

Istilah dalam Polis Asuransi

Terdapat sejumlah istilah dalam polis asuransi yang penting diketahui, yaitu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *