Asuransi rumah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat beberapa kerugian seperti kebakaran, tindak pencurian, hingga kerusakan akibat bencana alam. Jenis asuransi ini diperlukan untuk melindungi rumah dari segala risiko kerugian yang bisa saja muncul kapan saja. Dengan memiliki asuransi rumah, maka kita bisa menempati rumah tersebut dengan nyaman dan tidak khawatir jika secara tiba-tiba terjadi hal menimbulkan kerugian finansial.

Mengulas Jenis Asuransi Rumah dan Cara Memilihnya
Mengulas Jenis Asuransi Rumah dan Cara Memilihnya

Jenis-jenis Asuransi Rumah

Saat ini, pilihan produk asuransi rumah atau asuransi properti sudah sangat banyak. Namun, secara umum asuransi properti terbagi menjadi dua jenis. Berikut penjelasannya.

1. Asuransi Property All Risk/ Industrial All Risk

Asuransi ini memberikan jaminan terhadap segala risiko yang terjadi pada harga benda atau kepentingan yang dipertanggungjawabkan. Beberapa jaminan yang diberikan oleh asuransi Property All Risk (PAR), antara lain:

Sementara itu, beberapa kerugian yang tidak bisa di-cover oleh jenis asuransi rumah ini, yaitu:

Pada dasarnya, jenis asuransi PAR hanya berlaku untuk bangunan non industri, seperti; kantor, rumah tinggal, rumah sakit, sekolah, dan lain sebaginya. Sementara itu, untuk bangunan seperti pabrik, gudang, mall, dan toko, menggunakan asuransi jenis industrial all risk.

2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Asuransi rumah yang satu ini merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum. Asuransi ini menjadi bentuk layanan asuransi kebakaran. Manfaat yang diberikan oleh produk asuransi ini yaitu melindungi harta benda atau kepentingan yang dipertanggungkan secara langsung dari bahaya kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.

Tips PIilih Asuransi Rumah yang Tepat

Setelah mengetahui jenis asuransi rumah secara umum, kini tibalah saatnya kita mempelajari cara memilih asuransi rumah yang tepat. Ada tiga tips yang bisa Anda pertimbangkan saat hendak memilih produk perlindungan rumah. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pastikan memilih perusahaan asuransi terpercaya dan terbaik

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih asuransi rumah yaitu memastikan bahwa perusahaan asuransi yang Anda tuju merupakan perusahaan asuransi terpercaya dan terbaik. Alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu seluk beluk perusahaan tersebut dan pastikan legalitas perusahaan terjamin.

2. Pahami isi polis

Tips selanjutnya yang perlu Anda ketahui sebelum memilih asuransi rumah yaitu memahami isi polis atau perjanjian asuransi tersebut. Di dalam perjanjian asuransi biasanya terdapat hak dan kewajiban yang harus dipenuhi antara kedua belah pihak, dalam hal ini Anda dan perusahaan asuransi.

Agar tidak terjadi hal yang kurang menyenangkan di kemudian hari, Anda baiknya Anda mempelajari seluruh isi polis dengan cermat. Jika masih ada hal yang belum dipahami dari isi polis tersebut, tak ada salahnya untuk bertanya kepada perusahaan asuransi maupun pihak ketiga yang Anda percayai.

3. Pertimbangkan biaya preminya

Memiliki asuransi berarti mengharuskan Anda untuk membayar biaya premi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu, nominal premi harus menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli asuransi. Pastikan biaya premi tersebut tidak memberatkan, sehingga Anda bisa membayar dengan mudah dan tidak menggangu kebutuhan primer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *