Asuransi pendidikan merupakan salah satu jenis asuransi jiwa yang mengandung unsur investasi, yaitu pada tahapan-tahapan pendidikan anak. Perjanjian asuransi pendidikan menyebutkan bahwa perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana sesuai kesepakatan untuk diberikan kepada anak ketika memasuki tahapan pendidikan tertentu.

Sebagai gantinya, tertanggung harus membayar premi kepada perusahaan asuransi. Apabila terjadi kematian pada tertanggung sebagai orang tua, maka perusahaan asuransi tetap memberikan sejumlah dana pendidikan tanpa perlu meneruskan premi. Artinya, asuransi pendidikan menggabungkan dua unsur, yaitu tabungan dan proteksi.

asuransi pendidikan terbaik
asuransi pendidikan terbaik

Asuransi pendidikan merupakan solusi untuk menjamin kehidupan yang lebih baik, terutama pada aset pendidikan anak. Dengan asuransi pendidikan, orang tua dapat memberikan perlindungan dan investasi jangka panjang, serta meminimalkan risiko anak putus sekolah.

Asuransi Pendidikan Terbaik

Berikut rekomendasi asuransi pendidikan terbaik.

1. Prudential

PRUlink Edu Protection merupakan produk asuransi pendidikan dari Prudential. Produk ini memberi perlindungan bagi keluarga dalam satu polis. Premi yang perlu dibayar mulai dari Rp500.000 per bulan dengan keuntungan hingga Rp30 juta per polis.

2. Manulife

Manulife Indonesia menawarkan dua produk asuransi pendidikan terbaik, yaitu Manulife Education Protector dan Manulife ProGraduate. Produk Manulife Education Protector merupakan asuransi pendidikan unit link. Dengan demikian, nilai dana pendidikan yang didapatkan bisa berubah, tergantung dari persentase kenaikan atau penurunan unit dari instrumen investasi yang dipilih.

Sedangkan produk ProGraduate memberikan manfaat yang sudah pasti sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi, karena sifatnya seperti tabungan pendidikan dengan manfaat proteksi jiwa.

3. Sequis

Produk asuransi pendidikan terbaik yang ditawarkan perusahaan asuransi ini memberikan perlindungan biaya pendidikan sekaligus keselamatan jiwa. Pemegang polis akan mendapat keuntungan hingga 200% selama pembayaran premi yang bisa dipenuhi dalam 10-16 tahun. Sequis menetapkan uang pertanggungan minimum Rp20 juta yang dibayarkan sesuai periode yang dipilih.

4. Mandiri

Mandiri menawarkan produk asuransi pendidikan terbaik berupa Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera. Manfaat yang bisa didapat termasuk perlindungan risiko cacat, jaminan biaya uang sekolah atau kuliah anak, dan bonus loyalti. Minimum premi produk tersebut adalah Rp3,6 juta per tahun.

5. BNI

Produk BNI Solusi Pintar merupakan produk asuransi pendidikan terbaik dari BNI. Produk ini berlaku untuk anak usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Masa premi yang disediakan berada pada kisaran 9 sampai 17 tahun dengan biaya Rp5 juta rupiah setiap tahunnya.

6. BRI

Rekomendasi asuransi pendidikan terbaik yang terakhir ditawarkan oleh BRI, yaitu produk BRI Life. Terdapat beberapa pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan, yaitu asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, dan asuransi pendidikan syariah.

Premi tahunan sebesar Rp5 juta dengan Rencana Dana Pendidikan sebesar Rp50 juta. Premi asuransi pendidikan dapat dibayarkan dalam jangka waktu 10 tahun. Jika tertanggung meninggal dunia, maka berlaku bebas premi dan dana pendidikan tetap disalurkan sebagaimana tertera dalam polis asuransi.

Perhitungan Premi Asuransi Pendidikan Anak

Pemegang polis (Tertanggung) memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah premi kepada perusahaan asuransi jiwa sebagai penanggung risiko. Besarnya nilai premi ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan antara lain:

Alur Proses Pembelian dan Klaim Asuransi Pendidikan Anak

Berikut proses pembelian asuransi pendidikan anak:

Adapun proses pengajuan klaim asuransi pendidikan, antara lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *