Saat ini, asuransi syariah di Indonesia sudah mudah dijumpai. Banyak perusahaan asuransi yang kini mulai menawarkan produk asuransi syariah. Sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Secara definisi, OJK menerangkan bahwa asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong antara para pemegang polis. Tindakan tersebut dilakukan dengan cara pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru serta memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu lewat akad (perikatan) sesuai prinsip syariah.

asuransi syariah di indonesia
6 Tips Memilih Asuransi Syariah di Indonesia

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Pengelolaan dana menggunakan prinsip syariah.
  2. Terdapat transparansi pengelolaan dana kepada pemegang polis.
  3. Keuntungan hasil investasi dibagi kepada peserta sesuai akad yang digunakan.
  4. Sebagian premi menjadi milik perusahaan asuransi syariah dan sebagian lagi menjadi milik pemegang polis secara kolektif atau individual.
  5. Dana premi yang disetorkan sebagai tabarru tidak hangus walaupun tidak diklaim selama masa perlindungan.

Cara Memilih Asuransi Syariah di Indonesia

Kehadiran asuransi syariah di Indonesia yang semakin beragam membuat kita harus teliti dalam memiliki produk perlindungan syariah ini. Adapun tips memiliki asuransi syariah yang tepat, sebagai berikut:

1. Pahami Kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memilih asuransi syariah yaitu memahami kebutuhan Anda dan keluarga. Saat ini ada beberapa jenis asuransi, antara lain; asuransi jiwa, kesehatan, dan pendidikan. Dengan mengetahui kebutuhan Anda dan keluarga, maka Anda dapat memilih asuransi yang tepat.

2. Pelajari Produk Asuransi

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat memilih asuransi syariah di Indonesia yaitu pastikan telah mempelajari produk asuransi tersebut. Informasi tentang produk-produk asuransi syariah bisa didapatkan dari situs resmi perusahaan asuransi syariah ataupun dari platform lain yang kredibilitasnya terpercaya.

3. Pilih Produk Asuransi Syariah yang Terdaftar

Ketika hendak memilih produk asuransi syariah pastikan pilih produk perlindungan yang terlah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK atau DPS. Selain memperhatikan legalitasnya, Anda juga perlu melihat kredibilitas dan rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Anda bisa melihat review orang lain di sosial media atau dengan melihat informasi di internet.

4. Baca Akad Asuransi dengan Cermat

Tips memilih asuransi syariah di Indonesia lainnya yaitu pastikan membaca akad asuransi dengan cermat dan teliti. Perlu diketahui bahwa akad pada asuransi syariah adalah perjanjian atau kontrak yang berisi informasi seputar produk tersebut, termasuk hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.

Sebelum menandatangi perjanjian tersebut, pastikan Anda membaca secara teliti. Setelah mempelajari isi perjanjian tersebut, Anda bisa langsung menandatangani akad tersebut.

5. Pertimbangkan Besaran Premi Asuransi

Premi asuransi juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih produk asuransi syariah di Indonesia. Pilihlah produk asuransi yang menawarkaan premi terjangkau sesuai dengan kemampuan. Namun, jika seluruh produk asuransi syariah menawarkan premi yang tidak jauh berbeda, maka Anda bisa memilih asuransi yang memberikan manfaat sesuai keperluan.

6. Pahami Sistem Pengelolaan Dana

Tips memilih asuransi syariah di Indonesia berikutnya yaitu pastikan telah memahami sistem pengelolaan dananya. Pada asuransi syariah, sistem pengelolaan dana harus berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist.

Tak hanya itu, pengelolaan dana asuransi syariah juga harus menggunakan sistem dan prinsip Al-Mudharabah sesuai ajaran Islam. Dengan memahami sistem pengelolaan dana perlindungan syariah, maka kita akan lebih tenang saat memiliki produk asuransi tersebut.

Itulah, sederet tips memilih asuransi syariah di Indonesia yang perlu dipahami. Adanya tips tersebut, harapannya Anda bisa memilih asuransi syariah dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *