Kendaraan baik mobil atau motor merupakan aset dengan nilai yang tinggi. Nilai yang dimaksud bukan hanya dari nominalnya saja, namun juga dari nilai fungsi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, penting untuk melindungi mobil atau motor dengan menggunakan asuransi kendaraan. 

7 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Penting untuk Diketahui
7 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Penting untuk Diketahui

Produk asuransi ini nantinya bisa melindungi kendaraan Anda jika terjadi kerusakan. Setidaknya ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih, yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO). 

  1. Asuransi all risk: merupakan asuransi kendaraan yang menanggung risiko kerugian secara menyeluruh baik kerugian kecil atau besar, termasuk kerugian akibat kehilangan.
  2. Asuransi TLO: adalah jenis asuransi kendaraan yang hanya memberikan ganti rugi jika nilai kerusakan pada kendaraan ≥75% dan kerugian akibat kehilangan.

Tips Pilih Asuransi Kendaraan

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jenis asuransi kendaraan dengan beragam manfaat yang ditawarkan. Maka dari itu, agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips memiliki asuransi kendaraan yang tepat.

1. Pilih Asuransi Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat memilih asuransi kendaraan yaitu memilih sesuai dengan kebutuhan. Anda harus mengetahui kondisi kendaraan Anda mulai dari kondisi mesin, bodi, usia, dan lain sebagainya. Dengan memahami kondisi kendaraan, maka Anda dapat menentukan jenis asuransi yang dibutuhkan kendaraan tersebut.

2. Pelajari Manfaat Asuransi dengan Baik

Tips memilih asuransi kendaraan selanjutnya yaitu pastikan Anda sudah mempelajari manfaat asuransi tersebut degan baik. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya kerugian dan ketidaksesuaian antara manfaat dengan kebutuhan Anda.

3. Buat Perbandingan

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk terbaiknya. Tentu saja setiap perusahaan asuransi memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, sebelum membeli salah satu produk dari perusahaan tersebut, ada baiknya untuk membuat perbandingan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui dengan pasti keunggulan dari produk tersebut. 

4. Pilih Produk Asuransi sesuai Kemampuan

Selain menyesuaikan kebutuhan, Anda juga harus menyesuaikan kemampuan saat hendak membeli produk asuransi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat saat kita memiliki asuransi berarti kita mempunyai kewajiban untuk membayar premi sesuai ketentuan.

Apabila kita memilih produk asuransi dengan biaya premi melebihi kemampuan, tentu hal tersebut akan memberatkan Anda. Oleh sebab itu, pastikan memilih produk asuransi kendaraan dengan biaya premi yang terjangkau.

5. Pehatikan Rekomendasi Dealer

Dealer atau penjual kendaraan pasti sudah mengetahui kebutuhan dari kendaraan yang dijualnya. Biasanya dealer akan memberikan rekomendasi asuransi yang tepat untuk kendaraan tersebut. Saran dari dealer ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli produk asuransi kendaraan yang tepat.

6. Pilih Asuransi dari Perusahaan yang Terpercaya

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan yaitu pilih asuransi dari perusahaan terpercaya. Pastikan perusahaan penyedia asuransi yang Anda pilih sudah memiliki izin resmi. Tak hanya itu, kredibilitas perusahaan juga bisa penilaian nasabah sebelumnya terhadap kinerja perusahaan asuransi tersebut. 

7. Perhatikan Kinerja Bengkel Rekanannya

Sama seperti asuransi kesehatan, produk asuransi kendaraan juga memiliki bengkel yang menjadi rekanan. Hal ini jugalah yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli produk asuransi tersebut. Pastikan bahwa bengkel yang menjadi mitra perusahaan asuransi tersebut merupakan bengkel resmi dengan kinerja yang bagus. Dengan demikian, kendaraan Anda bisa mendapatkan perawatan terbaik. 

Itulah tujuh tips memilih asuransi kendaraan dengan tepat. Tips di atas bisa menjadi pertimbangan Anda agar tidak salah dalam memiliki produk perlindungan untuk kendaraan tersayang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *