Asuransi merupakan perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis. Peran dari perusahaan asuransi adalah sebagai lembaga untuk mengalihkan atau mentransfer risiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Salah satu penyedia jasa asuransi di Indonesia adalah Indonesia Financial Group atau IFG. Indonesia Financial Group (IFG) adalah Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan yang menyediakan layanan asuransi melalui sejumlah perusahaan asuransi.

5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi di Indonesia
5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi di Indonesia

Perusahaan asuransi yang bergabung dalam IFG memiliki semangat kolaboratif dengan tata kelola perusahaan yang transparan sehingga menghadirkan layanan asuransi yang terdepan, terpercaya, dan terintegrasi.

Berikut rekomendasi perusahaan asuransi di Indonesia yang bergabung dalam IFG.

1. Jasa Raharja

PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja (Jasa Raharja) merupakan perusahaan BUMN di bidang asuransi sosial yang saat ini tergabung dalam IFG. Jasa Raharja didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.8 tahun 1965 tentang Pendirian Perusahaan Negara Asuransi Kerugian Djasa Rahardja.

Jasa Raharja memiliki dua produk asuransi yaitu:

  1. Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.
  2. Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

2. Jasindo

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo merupakan badan usaha yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 1973 tentang Penyertaan Modal Negara untuk Pendirian Perusahaan Perseroan dalam Bidang Asuransi Umum.

Asuransi Jasindo memiliki beragam produk asuransi yang dikelompokkan ke dalam 15 lini usaha, yaitu:

  1. Asuransi Pengangkutan.
  2. Asuransi Harta Benda.
  3. Asuransi Aviation.
  4. Asuransi Satelit.
  5. Asuransi Rekayasa.
  6. Asuransi Rangka Kapal.
  7. Asuransi Kendaraan Bermotor.
  8. Asuransi Tanggung Gugat.
  9. Asuransi Aneka.
  10. Asuransi Kecelakaan Diri.
  11. Asuransi Kesehatan.
  12. Asuransi Kredit.
  13. Asuransi Keuangan.
  14. Asuransi Energy Onshore.
  15. Asuransi Energy Offshore.

3. Askrindo

PT. Asuransi Kredit Indonesia atau PT. Askrindo merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang asuransi/penjaminan yang berdiri 6 April 1971 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1/1971.

Sejak awal berdiri, Askrindo mengemban misi dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, PT Askrindo memiliki berbagai pilihan produk mulai dari Asuransi Finansial dan Asuransi Umum.

Produk Asuransi finansial meliputi:

Produk Asuransi Umum meliputi:

4. Jamkrindo

PT Jaminan Kredit Indonesia, atau disebut juga dengan Jamkrindo merupakan perusahaan yang memiliki fokus kegiatan usaha pada bidang penjaminan kredit, baik konvensional maupun syariah.

Produk asuransi Jamkrindo antara lain:

5. IFG Life

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) didirikan pada tanggal 22 Oktober 2020 dan mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 07 April 2021. IFG Life memberikan layanan asuransi perlindungan berupa asuransi jiwa dan kesehatan.

Produk individu IF Life terdiri dari:

Sedangkan produk kumpulan terdiri dari :

Demikian rekomendasi perusahaan asuransi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *