Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum memahami pentingnya asuransi. Maka dari itu, wajar jika pertanyaan tentang asuransi banyak bermunculan. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan merangkumkan beberapa pertanyaan seputar asuransi kesehatan dan jiwa yang biasanya ditanyakan banyak orang, lengkap dengan jawabannya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.

8 Pertanyaan Tentang Asuransi Kesehatan dan Jiwa, Catat Jawabannya!
8 Pertanyaan Tentang Asuransi Kesehatan dan Jiwa, Catat Jawabannya!

Pertanyaan Tentang Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan dan perawatan peserta di saat jatuh sakit atau membutuhkan perawatan medis. Berikut ini beberapa pertanyaan tentang asuransi kesehatan beserta jawabannya:

  1. Siapakah yang perlu mempunyai asuransi kesehatan?

Jawab: semua orang perlu mempunyai asuransi kesehatan, pasalnya setiap orang memiliki risiko jatuh sakit yang sama. Maka dari itu, asuransi kesehatan diperlukan untuk membantu meringankan biaya perawatan medis saat sakit.

  1. Apa saja yang akan ditanggung asuransi kesehatan?

Jawab: setiap perusahaan asuransi tentu memiliki ketentuan tersendiri terkait jenis manfaat yang akan diberikan. Informasi tentang risiko yang ditanggung asuransi sudah tercantum dalam polis asuransi. Namun pada umumnya, asuransi kesehatan akan meng-cover beberapa biaya seperti biaya rawat jalan, rawat inap, biaya persalinan, hingga biaya untuk membeli obat.

  1. Apakah asuransi kesehatan bisa digunakan di semua rumah sakit?

Jawab: pada umumnya, asuransi kesehatan dapat digunakan di semua rumah sakit. Hanya saja mekanismenya berbeda-beda. Untuk rumah sakit yang menjadi mitra perusahaan asuransi tersebut, biasanya pemegang polis bisa menggunakan layanan cashless. Jadi cukup berikan kartu asuransi, dan klaim asuransi bisa langsung di proses.

  1. Apakah ada batasan untuk nilai pertanggungan asuransi kesehatan?

Jawab: perlu diketahui bahwa biaya pertanggunagn asuransi kesehatan memiliki batas maksimum atau sering disebut plafon. Semakin tinggi plafon, maka cakupan pembiayaan semakin luas dan kemungkinan Anda mengeluarkan uang tunai untuk perawatan medis semakin kecil.

Pertanyaan Tentang Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah bentuk perlindungan bagi keluarga saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Berikut ini jawaban dari pertanyaan tentang asuransi jiwa yang sering dilontarkan banyak orang:

  1. Kapan asuransi jiwa bisa dicairkan?

Jawab: asuransi jiwa dapat dicairkan jika pemegang polis meninggal dunia atau mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya cacat total.

  1. Kapan waktu yang tepat untuk memiliki asuransi jiwa?

Jawab: sejatinya tidak ada standar waktu yang tepat untuk seseorang memiliki asuransi jiwa. Namun ketika Anda sudah berpenghasilan, alangkah baiknya mulai mempersiapkan perlindungan untuk diri sendiri dan orang terdekat. 

Salah satu bentuk perlindungan yang bisa Anda miliki yaitu asuransi jiwa. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika memiliki asuransi jiwa sedini mungkin, salah satunya yaitu biaya premi yang lebih murah.

  1. Bagaimana cara memilih asuransi jiwa terbaik?

Jawab: dalam memilih asuransi jiwa terbaik, Anda bisa memperhatikan tiga hal, yaitu biaya premi, manfaat yang ditawarkan, dan kedibilitas perusahaan. Pastikan perusahaan asuransi tersebut terpercaya dan bisa memberikan perlindungan sesuai kebutuhan. 

Selain itu, Anda bisa melihat kesesuaian antara biaya premi dengan perlindungan yang diberikan. Jika ketiga hal tersebut telah sesuai, Anda bisa langsung mengajukan pembelian asuransi jiwa. Namun perlu diingat, sebelum menandatangani polis asuransi, pastikan membaca ulang isi polis tersebut dengan teliti dan cermat. 

  1. Apakah ada batasan usia yang ditanggung oleh asuransi jiwa?

Jawab: pada umumnya, batasan umur yang ditanggung dalam asuransi ini mencapai 65 tahun. Namun biasanya dapat diperpanjang hingga 80 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencermati ketentuan batasan usia ini pada polis asuransi yang dimiliki atau bertanya langsung ke perusahaan asuransi terkait. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *