Asuransi TLO adalah salah satu jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan dari risiko kerugian berat. Perlu dipahami bahwa asuransi kendaraan jenis ini hanya akan menganggung kerugian jika kendaraan Anda mengalami kerusakan sebesar ≥ 75% dari nilai kendaraan dan kerugian yang diakibatkan kehilangan kendaraan.

Dengan kata lain, asuransi TLO atau Total Loss Only akan memberikan jaminan penggantian biaya, jika kendaraan Anda hilang atau rusak dengan kondisi kerusakan lebih dari 75%. Jadi, jika kendaraan hanya lecet atau mengalami kerusakan kecil, Anda tidak bisa mengklaim asuransi jenis ini.

Asuransi TLO adalah Jenis Asuransi Kendaraan, Ini Dia Manfaatnya
Asuransi TLO adalah Jenis Asuransi Kendaraan, Ini Dia Manfaatnya

Manfaat Asuransi Kendaraan TLO

Walaupun perlindungan yang diberikan tidak bisa menyeluruh, namun asuransi TLO tetap memberikan banyak manfaat yang menguntungkan para pemilik kendaraan bermotor. Apa sajakah manfaat dari asuransi kendaraan TLO? Berikut penjelasannya.

1. Menjamin perlindungan pada kendaraan yang hilang

Kita pasti tidak ingin kendaraan kesayangan hilang atau dicuri. Namun kita juga tidak bisa memastikan bahwa semua tempat aman. Kejadian pencurian kendaraan bisa terjadi dimana saja. Maka dari itu, untuk menghindari risiko kerugian akibat pencurian, Anda perlu memiliki asuransi TLO. 

Jenis asuransi tersebut memberikan jaminan pengganti biaya kehilangan kendaraan. Untuk bisa mendapatkan dana ganti rugi itu, Anda perlu menunjukkan bukti pendukung, seperti rekaman kamera CCTV. 

Selain berguna untuk proses klaim asuransi, rekaman CCTV juga menjadi bukti pencurian yang bisa Anda serahkan ke pihak berwajib agar dapat diproses secara hukum. 

2. Mengurangi biaya perbaikan kendaraan

Biaya perawatan mobil tentu lebih mahal dibandingkan motor. Terlebih jika kerusakan yang dialami cukup parah, tentu bisa membuat pengeluaran Anda membengkak. Untuk mencegah terjadinya pembengkakan pengeluaran akibat service kendaraan, maka sebaiknya asuransikan kendaraan yang Anda miliki. 

Ada jenis asuransi kendaraan TLO yang bisa membantu meringankan biaya perbaikan. Dengan adanya asuransi ini maka kita bisa lebih tenang saat menggunakan kendaraan. Sebab ketika terjadi kerusakan, ada asuransi yang siap menanggung biaya perbaikan kendaraan tersebut. Tentu saja pemberian perlindungan disesuaikan dengan isi polis asuransi yang telah disepakati. 

3. Premi terjangkau

Manfaat lainnya dari asuransi TLO adalah biaya premi yang lebih terjangkau dibandingkan jenis asuransi all risk. Biaya premi asuransi ini hanya sekitar 0,8% sampai 1,02%. Untuk perhitungan biaya preminya sebenarnya cukup mudah. Sebagai contoh, anggap saja harga mobil yang Anda miliki Rp100 juta dan premi asuransi TLO 1%. 

Maka, Anda harus membayarkanya biaya premi sebear Rp100.000 per tahun kepada perusahaan asuransi. Dengan berbagai perlindungan yang akan didapat, nominal tersebut sangatlah terjangkau.

4. Bisa memperluas manfaat

Jika Anda merasa perlindungan yang diberikan masih belum cukup, maka Anda dapat memperluas perlindungan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, awalnya kendaraan Anda hanya terlindungi dari risiko kecelakaan lalu lintas saja, namun kini Anda ingin melindungi kendaraan tersebut dari risiko bencana alam. Anda bisa langsung mengajukan perluasan manfaat ke perusahaan asuransi terkait dengan tambahan biaya yang masih sangat terjangkau. 

Tak hanya menambah manfaat, biasanya perusahaan asuransi juga memperbolehkan nasabahnya yang hendak berpindah dari asuransi TLO ke all risk. Namun sebelum melakukan perluasan manfaat atau perpindahan jenis asuransi, alangkah baiknya jika Anda mencermati terlebih dahulu seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendaraan

Manfaat terakhir dari asuransi TLO adalah bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada Anda saat sedang berkendara. Dengan memiliki asuransi mobil, maka Anda tidak perlu khawatir jika secara tiba-tiba terjadi kecelakaan lalu lintas atau bahaya lainnya. Jadi, Anda bisa lebih fokus dalam mengendarai kendaraan tanpa ada rasa cemas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *