Pelaku perjalanan luar negeri perlu memahami pentingnya membeli asuransi perjalanan. Travel insurance  atau asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan manfaat ganti rugi atas ketidaknyamanan selama perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Asuransi perjalanan merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki dan merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan visa.

Memahami Asuransi Perjalanan Beserta Jenis, Syarat, dan Manfaat Perlindungan
Memahami Asuransi Perjalanan Beserta Jenis, Syarat, dan Manfaat Perlindungan

Asuransi perjalanan berfungsi sebagai salah satu bentuk proteksi bagi tertanggung dengan jangka waktu pendek, yaitu selama tertanggung melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Polis asuransi perjalanan memberikan jaminan kepada wisatawan berupa perawatan medis dan non medis yang mencakup biaya pengobatan, kecelakaan, pembatalan, kehilangan bagasi, dan sebagainya.

Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan dibedakan menjadi dua, yaitu:

Premi serta tanggungan yang ditawarkan tiap program dapat beragam, tergantung perusahaan yang dipilih.

Syarat Asuransi Perjalanan

Untuk melakukan pengajuan, terdapat beberapa syarat asuransi perjalanan yang harus dipenuhi, yaitu:

Manfaat Perlindungan Asuransi Perjalanan

Adapun manfaat perlindungan asuransi perjalanan meliputi:

1. Jasa Pelayanan Medis

Asuransi perjalanan menjamin jasa pelayanan medis agar konsumen mendapatkan perawatan medis di mana saja di seluruh dunia. Layanan ini juga dapat mengkoordinasikan komunikasi antara dokter Anda dan dokter tempat tujuan wisata.

Beberapa jasa pelayanan medis yang termasuk dalam perlindungan adalah:

2. Jasa Evakuasi dan Repatriasi

Apabila tertanggung memerlukan perawatan darurat, asuransi perjalanan akan menanggung biaya transportasi dan menetapkan perawatan medis yang diperlukan tertanggung saat pemindahaan. Perusahaan asuransi juga dapat mengatur pemulangan jenazah kembali ke Indonesia.

3. Pelayanan Bagasi

Asuransi perjalanan menjamin pelayanan bagasi apabila terjadi penundaan, kehilangan, atau pencurian, sekaligus memberi petunjuk cara mengajukan klaim atas barang-barang.

Santunan untuk hilang atau rusaknya bagasi dan harta benda pribadi mencapai nominal USD 300 untuk setiap jenis barang. Perusahaan asuransi juga dapat membayar biaya-biaya pembelian darurat untuk pakaian dan peralatan mandi/kosmetik karena keterlambatan bagasi selama 12 jam berturut-turut atau lebih karena salah pengantaran.

4. Pelayanan Hukum

Perusahaan asuransi dapat merekomendasikan layanan bantuan hukum di negara tujuan jika terjadi masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *