Produk asuransi tidak hanya bermanfaat untuk orang tua saja, anak muda juga perlu memiliki asuransi. Bahkan sering dikatakan bahwa masa muda merupakan waktu yang tepat untuk memiliki asuransi demi masa depan yang aman, nyaman, dan terlindungi. 

Ketika masih muda (usia 20-an), kita cenderung belum menanggung banyak beban. Berbeda dengan orang dewasa yang usianya 30 tahun ke atas yang sudah mempunyai banyak tanggungan seperti biaya pendidikan anak, cicilan rumah, dan beberapa beban lain. 

Produk Asuransi yang Harus Dimiliki Anak Muda
Produk Asuransi yang Harus Dimiliki Anak Muda

Walaupun belum memiliki banyak tanggungan, namun anak muda tetap butuh perlindungan dari berbagai risiko kerugian yang mengintai. Asuransi untuk anak muda juga tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk orang tua dan orang-orang yang disayanginya. Selain itu, asuransi juga bisa menjadi tempat menabung dan investasi yang berguan untuk masa depan.

Lantas, apa sajakah produk asuransi yang harus dimiliki anak muda? Berikut ini penjelasannya. 

Tips Memilih Produk Asuransi untuk Anak Muda

Sebelum mempelajari produk asuransi yang tepat untuk anak muda, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu cara untuk memilih jenis asuransi tersebut. Berikut ini tiga tips memilih asuransi yang perlu dicermati:

  1. Memilih asuransi dengan premi terjangkau, setidaknya tidak melebihi 5-10% dari total penghasilan.
  2. Memilih produk asuransi yang memiliki unit investasi.
  3. Memperbanyak proteksi kecelakaan. 

Produk Asuransi untuk Anak Muda

1. Asuransi Jiwa

Anak muda ternyata membutuhkan asuransi jiwa. Hal ini dikarenakan kita tidak pernah mengetahui usia seseorang. Asuransi jiwa merupakan penanggungan risiko yang diberikan jika pemegang polis meninggal dunia atau mengalami cacat total. Maka dari itu, asuransi jiwa penting untuk dimiliki siapa saja, termasuk anak muda. 

Jika kita mulai memiliki asuransi jiwa sejak muda, maka premi yang harus dibayarkan lebih murah dibandingkan dengan memulai saat sudah tua. Dengan demikian, semakin cepat memiliki asuransi ini, maka akan semakin untung.

2. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi lainnya yang juga penting untuk dimiliki anak muda yaitu asuransi kesehatan. Risiko jatuh sakit bisa terjadi pada siapa saja. Maka dari itu, kita perlu menyiapkan dana khusus untuk perawatan medis saat sakit. 

Salah satu upaya dalam menyiapkan dana kesehatan yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan. Jenis asuransi ini akan melindungi pemegang polis dengan cara menanggung biaya medis. 

Pembiayaan yang diberikan asuransi kesehatan antara lain; rawat inap, rawat jalan, hingga biaya pembelian obat. Jadi, jika Anda memiliki asuransi kesehatan lalu jatuh sakit, Anda tidak perlu membayar biaya perawatan medis. Perusahaan Asuransi lah yang akan membayar biaya perawatan tersebut. 

3. Asuransi Kendaraan

Anak muda usia 20an, biasanya sudah memiliki kendaraan bermotor. Apapun jenis kendaraan, pasti memiliki risiko kerugian. Risiko tersebut bisa terjadi akibat kecelakaan lalu lintas atau tindak kerjahatan dari pihak tidak bertanggung jawab.

Untuk mencegah kerugian tersebut, maka sebaiknya kita memiliki asuransi kendaraan. Jenis asuransi ini yang nantinya akan melindungi kendaraan pribadi mulai dari risiko kecelakaan, kerusakan, hingga pencurian. Bentuk perlindungan yang diterima sesuai dengan perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi. 

4. Asuransi Perjalanan

Anak muda biasanya memiliki kebiasaan bepergian atau travelling. Agar perjalanan tetap aman dan terlindungi, maka anak muda perlu memiliki produk asuransi perjalanan. Jenis asuransi ini akan melindungi nasabahnya dari risiko kehilangan barang dan risiko kecelakaan saat perjalanan.

Asuransi perjalanan hanya dibayarkan sekali saja sebelum perjalanan dimulai. Biasanya asuransi ini sudah satu paket dengan tiket dan transportasi, sehingga lebih terjangkau.

Itulah empat produk asuransi yang harus dimiliki anak muda. Produk-produk tersebut bisa melindungi kita dari beragam risiko yang datang kapan saja. Dengan memiliki asuransi sejak muda, berarti kita peduli dengan masa depan diri sendiri dan orang-orang terdekat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *