Dalam istilah perasuransian terdapat premi yang harus dibayar peserta kepada perusahaan asuransi. Premi asuransi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi untuk memperoleh manfaat.

Apa Itu Premi Asuransi? Kenali Faktor Pengaruh dan Penetapan Tarifnya
Apa Itu Premi Asuransi? Kenali Faktor Pengaruh dan Penetapan Tarifnya

Menurut Undang-undang (UU) No. 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian, premi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi, atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat.

Besarnya premi asuransi yang dibayarkan sangat beragam tergantung dari jenis asuransi, objek pertanggungan, maupun jangka waktu dari asuransi tersebut. Premi asuransi dapat dibayarkan langsung oleh pemegang polis atau peserta kepada perusahaan asuransi atau perusahaan asuransi syariah, atau dibayarkan melalui agen asuransi.

Faktor Pengaruh Tarif Premi Asuransi

Beberapa faktor pengaruh tarif premi asuransi meliputi:

Dalam peraturan tersebut, penetapan tarif premi diatur sebagai berikut:

Berikut tabel perhitungan tarif premi asuransi kendaraan bermotor

Tarif Premi dan Kontribusi Lini Usaha Asuransi Harta Benda


Tarif premi dan kontribusi lini usaha asuransi harta benda diatur dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Perhitungan tarif premi untuk asuransi harta benda dijelaskan secara lengkap dalam Lampiran I Tabel I.A yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Tarif premi atau kontribusi berlaku untuk periode pertanggungan selama 12 (dua belas) bulan dan tidak tidak termasuk tarif Premi atau Kontribusi untuk jaminan machinery breakdown untuk harga pertanggungan atas kerusakan fisik (material damage) di bawah USD300,000,000.00 (tiga ratus juta dolar Amerika) pada setiap lokasi dan risiko.

Tarif premi atau kontribusi tambahan bagi perusahaan yang memasarkan asuransi harta benda dengan penambahan manfaat berupa perluasan jaminan risiko adalah:

Demikian penjelasan premi asuransi beserta faktor pengaruh dan penetapan tarifnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *