Kecelakaan dan bencana merupakan risiko yang dapat terjadi dalam kehidupan. Jika Anda tidak memiliki biaya untuk menanganinya, Anda bisa menghadapi kesulitan finansial yang berdampak secara signifikan.

Asuransi merupakan salah satu cara untuk melindungi hidup, kesehatan, dan kondisi finansial apabila terjadi kerugian harta maupun jiwa. Di Indonesia, terdapat beberapa contoh asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

5 Contoh Asuransi yang Penting Diketahui, Simak Penjelasannya!
5 Contoh Asuransi yang Penting Diketahui, Simak Penjelasannya!

Berikut contoh asuransi yang penting diketahui sebelum memilih.

1. Asuransi Umum

Asuransi umum adalah usaha jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti.

Contoh asuransi umum mencakup:

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Kontrak perlindungan asuransi jiwa disajikan dalam bentuk tertulis yang disebut polis.

Dalam polis, terdapat kontrak antara perusahaan asuransi jiwa dan pemegang polis dimana perusahaan asuransi jiwa mempunyai kewajiban untuk memberikan sejumlah uang yang telah ditentukan kepada yang ditunjuk (biasanya penerima manfaat) jika terjadi kematian, atau pemegang polis tetap hidup pada akhir masa kontrak (sesuai masa pertanggungan).

Adapun contoh asuransi jiwa meliputi:

3. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan dapat dipasarkan baik melalui asuransi jiwa maupun asuransi umum. Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang tujuannya untuk menjamin biaya kesehatan atau perawatan pihak tertanggung sesuai dengan kebutuhan pihak tertanggung dan atas kesepakatan bersama dengan pihak penanggung yang tertuang dalam polis.

Contoh asuransi kesehatan meliputi:

4. Asuransi Komersial

Asuransi komersial adalah asuransi yang bertujuan memperoleh keuntungan bagi pemegang saham. Asuransi jenis ini dilakukan oleh perusahaan asuransi swasta nasional, perusahaan swasta kerja sama antara nasional dan luar negeri (joint venture) ataupun perusahaan negara (BUMN). Perusahaan ini dapat menganut prinsip konvensional atau prinsip syariah.

5. Asuransi Sosial

Asuransi sosial merupakan asuransi yang menyediakan jaminan sosial bagi anggota masyarakat yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara pihak asuransi dengan seluruh golongan masyarakat. Tujuan asuransi sosial meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para pegawai dan pensiunan.

Contoh asuransi sosial meliputi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *