Kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi semakin meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya antusias masyarakat untuk memiliki asuransi. Saat ini pilihan asuransi terbaik di Indonesia sudah sangat beragam. Anda bisa memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Banyaknya perusahaan asuransi saat ini, mengharuskan kita untuk teliti dalam memilih produk asuransi yang hendak dibeli. Apa sajakah ciri dari asuransi terbaik dan terpercaya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kenali Ciri Asuransi Terbaik di Indonesia Agar Tidak Salah Pilih
Kenali Ciri Asuransi Terbaik di Indonesia Agar Tidak Salah Pilih

Ciri Asuransi Terbaik di Indonesia

1. Perusahaan asuransi sudah terdaftar di OJK

Ciri asuransi yang terbaik yaitu telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setiap perusahaan asuransi dan perusahaan lain yang menawarkan produk keuangan harus memiliki izin resmi dari OJK agar bisa beroperasi.

Perusahaan yang sudah terdaftar akan mendapatkan pengawasan dari OJK, sehingga lebih terjamin keamanannya. Selain mengawasi, OJK juga berhak menghentikan perusahaan jika terbukti melanggar hukum yang berlaku.

2. Memberikan informasi secara transparan

Asuransi terbaik di Indonesia pasti akan memberikan informasi secara transparan. Perusahaan resmi akan memberikan informasi seputar produk yang miliki. Mulai dari biaya premi, manfaat yang akan didapatkan pemegang polis, dan beberapa hal lain seputar produk asuransi tersebut.

Lain halnya dengan asuransi bodong yang cenderung menutupi informasi-infomrasi tersebut. Hal ini jugalah yang menjadi patokan Anda dalam memilih asuransi. Pastikan asuransi yang hendak dipilih memberikan transparansi informasi kepada calon nasabahnya.

3. Mempunyai jaringan yang luas

Ciri lainnya dari asuransi terpercaya yaitu memiliki jaringan yang luas, bahkan hingga sampai ranah dunia internasional. Perusahaan dengan jaringan luas itu, biasanya memiliki produk asuransi yang berkualitas dan bisa digunakan dimana saja. Jadi, lebih mudah dan efisien jika kita menggunakan produk asuransi tersebut.

4. Memberikan perlindungan secara menyeluruh

Asuransi terbaik pasti akan memberikan perlindungan secara menyeluruh. Bahkan banyak perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan sekaligus menyediakan tempat investasi. Jadi pemegang polis tidak hanya terlindungi, namun bisa mendapatkan keuntungan dari unit investasi yang ada di dalam asuransi itu.

5. Bisa memberikan jawaban atas kebutuhan calon pemegang polis

Perusahaan asuransi idelanya akan memberikan pelayanan terbaik termasuk layanan untuk menjawab segala kebutuhan calon pemegang polis. Biasanya sebelum membeli asuransi, calon nasabah akan banyak bertanya seputar produk asuransi tersebut. Perusahaan asuransi terbaik di Indonesia pasti akan memberikan jawaban atas semua kebutuhan calon pemegang polis.

6. Tidak menawarkan produk secara berlebihan

Saat mendapati perusahaan asuransi yang menawarkan produk berlebihan, Anda perlu mewaspadainya. Penawaran yang berlebihan misalnya biaya premi sangat rendah namun bentuk perlindungan yang diberikan sangat beragam.

Idealnya perlindungan yang diberikan sejalan dengan biaya premi yang dibayarkan. Jadi, waspadalah jika ada perusahaan asuransi yang menawarkan biaya premi murah namun perlindungan lengkap. Karena hal tersebut bisa menjadi indikasi penipuan.

7. Kredibilitas perusahaan baik

Ciri asuransi terbaik di Indonesia juga bisa dilihat dari kredibilitas perusahaan. Kredibilitas perusahaan bisa dilihat dari risk based capital (EBC) di atas 120%, memiliki banyak rekanan yang berkualitas, dan banyaknya penilaian positif dari pemegang polis lainnya.

8. Perusahaan bisa dihubungi kapan saja

Ciri lainnya dari perusahaan terbaik yaitu bisa dihubungi kapan saja. Komunikasi yang baik akan membantu para nasabah untuk mendapatkan informasi secara utuh. Respon cepat dari perusahaan asuransi juga dibutuhkan terjadi gangguan teknis seperti gagal bayar premi, gagal klaim, dan beberapa masalah lainnya.

Nah, itulah delapan ciri asuransi terbaik di Indonesia yang perlu dicermati. Ciri-ciri tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memilih produk asuransi untuk perlindungan diri dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *