Masih banyak di antara kita yang ragu untuk mendaftarkan diri dalam produk asuransi. Keraguan tersebut biasanya muncul karena ketidaktahuan akan fungsi asuransi.

Perlu dipahami bahwa asuransi merupakan produk keuangan yang memberikan perlindungan kepada pemiliknya dari segala risiko kerugian. Dari sini saja kita bisa memahami bahwa asuransi menjadi bagian yang penting dalam kehidupan. Selain memberikan perlindungan, asuransi juga memiliki fungsi lain yang tentu saja menguntungkan untuk pemiliknya.

4 Fungsi Asuransi, BIsa Melindungi dari Risiko Kerugian
4 Fungsi Asuransi, BIsa Melindungi dari Risiko Kerugian

Fungsi Asuransi yang Perlu Diketahui

Pengetahuan seputar fungsi asuransi sangatlah penting. Bagi Anda yang sudah memiliki asuransi, penjelasan tentang kegunaan asuransi bisa menjadi tambahan pengetahuan seputar asuransi.

Namun jika Anda belum memiliki asuransi, pemahaman tentang fungsi produk asuransi dapat menjadi pengetahuan sekaligus pertimbangan dalam mamantapkan diri untuk memilih produk asuransi terbaik. Adapun fungsi asuransi yang perlu diketahui, akan diulas pada penjelasan berikut ini:

1. Mengalihkan Risiko Kerugian yang Menimpa Anda

Secara alamiah, manusia tidak ada yang menginginkan rugi. Setiap orang pasti ingin mendapatkan keuntungan. Sayangnya, untung dan rugi seperti dua sisi mata yang sulit dipisahkan. Jika kita senang dengan keuntungan yang didapatkan, maka kita juga harus siap dengan risiko kerugian yang mengintai.

Sebagai contoh, Anda mungkin merasa bahagia ketika memiliki mobil baru. Namun di balik kesenangan itu, Anda juga harus siap menanggung risiko jikalau suatu hari nanti mobil itu rusak, mengalami kecelakaan, atau bahkan dicuri orang. Kondisi tidak menyenangkan tersebut mungkin akan membuat Anda harus mengeluarkan uang.

Tetapi lain cerita jika Anda memiliki asuransi mobil. Ketika ada bahaya dan kerugian menimpa kendaraan Anda, maka perusahaan asuransi lah yang nantinya akan menanggung biaya kerugian itu. Dari sinilah kita bisa mengetahui bahwa salah satu fungsi asuransi yaitu mengalihkan risiko kerugian.

2. Sebagai Bentuk Investasi dan Tabungan Masa Depan

Fungsi lain dari asuransi yaitu menjadi tempat berinvestasi dan menabung untuk masa depan. Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi yang memiliki nilai investasi. Jadi, jika Anda memilih asuransi dengan nilai investasi didalamnya, maka Anda berhak atas keuntungan dari investasi tersebut.

Tidak hanya itu, perusahaan asuransi juga memberikan layanan pengembalian dana jika di waktu yang sudah disepakati, Anda belum pernah melakukan klaim atas asuransi tersebut. Dengan kata lain, uang yang Anda setorkan sebagai premi, akan kembali ke Anda. Maka dari itu, asuransi juga berguna sebagai tabungan masa depan.

3. Memberikan Ketenangan kepada Pemegang Polis

Sebagai manusia, kita tidak pernah tahu segala peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Ketidakpastian itulah yang seringkali membuat kita tidak tenang. Maka dari itu, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak menyenangkan, kita perlu memiliki perlindungan agar bisa hidup lebih tenang.

Dalam hal keuangan, asuransi bisa menjadi salah satu bentuk perlindungan. Hal tersebut dikarenakan, asuransi bisa memberikan perlindungan kepada Anda dan keluarga. Sebagai contoh, ada orang tiba-tiba jatuh sakit dan tidak memiliki yang untuk membayar biaya pengobatan. Kondisi tersebut pasti membuat dia dan orang-orang disekitarnya panik dan cemas.

Namun lain cerita, jika orang tersebut mempunyai asuransi kesehatan. Saat ia sakit dan tidak memiliki uang, ada asuransi kesehatan yang akan meng-cover biaya pengobatan. Pasien tersebut pun bisa lebih tenang dan fokus pada pemulihan saja tanpa perlu memikirkan biaya perawatan. Di kondisi seperti ini, asuransi berfungsi sebagai pelindung sekaligus pemberi ketenangan.

4. Memajukan Perekonomian Negara

Fungsi asuransi yang terakhir yaitu dapat memajukan perekonomian negara. Saat kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat meningkat, maka secara tidak langsung ekonomi negara juga semakin baik.

Dengan memiliki asuransi, itu artinya kita sudah menyadari pentingnya tabungan masa depan. Kita juga menjadi semakin disiplin dalam mengelola uang dan tidak sembarangan menggunakan uang untuk hal yang tidak perlu. Aksi kecil yang kita lakukan ini ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap kemajuan ekonomi negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *