Asuransi mobil terbaik menjadi salah satu jenis asuransi yang banyak dimiliki. Popularitas asuransi kendaraan ini tidak hanya ada di dalam negeri, bahkan masyarakat dunia pun menyadari pentingnya jenis asuransi ini.

Sebuah laporan FinTech in ASEAN 2021: Digital Takes Flight, menyebutkan bahwa selama pandemi Covid-19 masyarakat yang tinggal di wilayah Asia Tenggara banyak membeli polis asuransi secara online. Dan salah satu jenis asuransi yang banyak dibeli yaitu asuransi kendaraan bermotor.

Jenis Asuransi Mobil Terbaik Lengkap dengan Cara Memilihnya
Jenis Asuransi Mobil Terbaik Lengkap dengan Cara Memilihnya

Asuransi mobil atau asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat berupa ganti rugi atas kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat orang lain, pencurian, hingga kebakaran. Dengan kata lain, asuransi mobil diperuntukan untuk melindungi kendaraan dari beragam risiko kerugian.

Jenis-jenis Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi mobil terbaik ternyata dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asuransi total loss only (TLO) dan asuransi all risk. Apa perbedaannya? Berikut penjelasannya.

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi kendaraan jenis ini hanya akan menganggung kerugian jika kendaraan Anda mengalami kerusakan sebesar ≥ 75% dari nilai kendaraan dan kerugian yang diakibatkan kehilangan kendaraan.

2. Asuransi All Risk

Seperti namanya, asuransi all risk berarti asuransi mobil yang akan menanggung semua risiko kerugian baik kerugian kecil atau besar, termasuk kerugian akibat kehilangan.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik?

Setelah mengetahui dua jenis asuransi mobil, mungkin sebagian diantara kita masih belum memahami cara memilih asuransi mobil terbaik. Berikut ini beberapa tips memiliki asuransi kendaraan terbaik yang bisa Anda cermati.

1. Pilih Berdasarkan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih asuransi kendaraan yaitu pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Kondisi dan kebutuhan setiap orang tentu akan berbeda. Maka dari itu, pilihan asuransinya juga akan berbeda.

Sebelum membeli polis asuransi mobil, ada baiknya untuk mengetahui kondisi kendaraan mulai dari keadaan mesin, usia kendaraan, dan hal-hal lain yang dianggap penting. Jika sudah memahami kondisi kendaraan, maka Anda akan lebih mudah dalam memilih jenis asuransi mobil dengan tepat.

2. Memahami Keuntungan Produk

Saat ini sudah banyak jenis asuransi kendaraan dengan serangkaian keuntungan yang ditawarkan. Sebelum memilih salah satu polis, ada baiknya untuk Anda memahami terlebih dahulu manfaat yang ditawarkan. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mendapatkan perlindungan sesuai dengan kebutuhan.

3. Melakukan Perbandingan dengan Teliti

Perusahaan asuransi saat ini sudah sangat menjamur. Hal tersebut membuat sebagian dari kita sering kebingungan dalam memilih asuransi mobil terbaik. Salah satu cara untuk mendapatkan polis yang tepat yaitu dengan melakukan perbandingan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya. Hal yang perlu dibandingkan antara lain; keunggulan, kekurangan, biaya premi, kredibilitas perusahaan, dan hal lain yang menurut Anda penting.

4. Pilih Polis sesuai dengan Kemampuan

Ketika memiliki asuransi kendaraan, kita harus membayar premi rutin sesuai dengan perjanjian. Maka dari itu, dalam memilih produk asuransi ada baiknya untuk mempertimbangkan kemampuan finansial. Hal ini penting dilakukan, supaya kita tetap bisa membayar premi tepat waktu dan mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut dengan optimal.

5. Pertimbangkan Saran dari Dealer

Saat kita membeli mobil, biasanya dealer atau penjual mobil biasanya akan memberikan rekomendasi produk asuransi mobil terbaik. Saran dari pihak dealer tersebut bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan Anda. Pasalnya, para dealer pasti telah mengetahui produk asuransi yang sesuai dengan mobil atau kendaraan yang baru saja Anda beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *