Premi asuransi adalah salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum mendaftar asuransi. Premi asuransi diketahui sangat mempengaruhi layanan yang diberikan sebuah perusahaan asuransi. Lantas, apa itu premi asuransi? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut.

Premi Asuransi adalah Tanggungan Biaya Asuransi, Ini Dia Jenis-jenisnya
Premi Asuransi adalah Tanggungan Biaya Asuransi, Ini Dia Jenis-jenisnya

Mengenal Premi Asuransi

Secara singkat premi asuransi bisa diartikan sebagai tanggungan biaya asuransi. Ada juga yang menyebutkan bahwa premi asuransi adalah pembayaran yang telah ditetapkan sebagai biaya pengalih risiko dari pemegang polis kepada perusahaan asuransi.

Sementara itu,Otoritas Jasa Keuangan menjelaskan bahwa premi asuransi adalah uang yang sudah ditetapkan perusahaan asuransi untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau menurut undang-undang untuk memperoleh manfaat asuransi.

Nominal premi asuransi ini ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain;

Proteksi asuransi yang semakin luas dan lengkap akan membuat preminya semakin tinggi. Tinggi rendahnya premi juga berkaitan dengan risiko yang ditanggung. Semakin tinggi risikonya maka semakin mahal premi yang harus dibayarkan.

Jenis-jenis Premi Asuransi

Premi asuransi memiliki beberapa jenis sesuai dengan produk asuransinya. Secara umum ada tiga jenis premi asuransi. Berikut penjelasan tentang jenis premi asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

1.     Premi untuk asuransi kesehatan

Jenis asuransi yang cukup banyak dimiliki yaitu asuransi kesehatan. Produk asuransi ini memberikan perlindungan saat pemegang polis jatuh sakit. Beberapa layanan yang biasanya disediakan perusahaan asuransi yaitu pembiayaan rawat inap, rawat jalan, operasi, persalinan, hingga biaya pembelian obat.

2.     Premi untuk asuransi kecelakaan diri

Jenis premi asuransi lainnya yaitu premi asuransi kecelakaan diri. Premi asuransi ini adalah biaya yang dibayarkan untuk memperoleh jaminan yang menanggung risiko kecelakaan sehingga asuransi ini berguna sebagai bentuk investasi masa depan yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang terdekat.

3.     Premi untuk asuransi perjalanan

Jenis premi asuransi lainnya yang juga penting untuk dimiliki yaitu asuransi perjalanan. Dengan membayar premi asuransi perjalanan, kita akan mendapatkan perlindungan selama dalam perjalanan. Jadi, jika terjadi hal-hal yang tak terduga selama perjalanan, maka ada asuransi yang akan bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan selama perjalanan.

Bagaimana Cara untuk Menghitung Premi Asuransi

Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa premi asuransi adalah biaya yang dibayarkan pemegang polis kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan perlindungan dari risiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Karena berhubungan dengan biaya, maka premi asuransi bisa dihitung. Rumus menghitung premi asuransi adalah:

Nominal premi asuransi = tarif premi x total harga pertanggungan

Walaupun terdapat rumus untuk menghitung premi asuransi, namun Anda tidak perlu menghitung manual. Karena biasanya setiap perusahaan pasti telah menentukan nominal premi asuransi lengkap dengan daftar layanan yang akan diberikan. Anda bisa memilih biaya asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Setelah mengetahui nominal premi asuransi, Anda diharuskan membayar premi tersebut di waktu yang sudah disepakati. Cara membayarnya cukup mudah karena saat ini perusahaan asuransi sudah menyediakan metode pembayaran yang lengkap dan fleksibel. Beberapa metode pembayaran yang biasanya tersedia antara lain:

  1. Auto debit rekening atau kartu kredit.
  2. Virtual account.
  3. Open payment.
  4. Pembayaran lewat minimarket.

Demikian penjelasan tentang definisi premi asuransi hingga cara pembayarannya. Memahami premi asuransi sangat penting agar Anda tidak salah memilih produk asuransi.