Para orang tua perlu mengetahui pentingnya asuransi pendidikan. Pasalnya seiring bertambahnya waktu, biaya pendidikan semakin mahal. Sebagai bentuk antisipasi atas kenaikan biaya pendidikan, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan keikutsertaan dalam asuransi pendidikan.

Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Anak
Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Perlu diketahui bahwa asuransi pendidikan adalah produk asuransi dan investasi yang disiapkan orang tua untuk kebutuhan pendidikan anaknya. Prinsip utama dari asuransi pendidikan yaitu orang tua menyerahkan sejumlah dana kepada perusahaan asuransi sebagai penjamin perlindungan. Selanjutnya perusahaan asuransi tersebut akan mengamankan dana tersebut dan memberikan kepada anak di usia atau kelas tertentu.

Alasan Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Anak

Ada beberapa alasan yang membuat asuransi perlu dimiliki. Berikut pentingnya asuransi pendidikan untuk anak.

1. Memberikan jaminan dana pendidikan teralokasi dengan baik

Asuransi berbeda dengan tabungan biasa. Ketika orang tua mendaftarkan program asuransi pendidikan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak asuransi akan bertanggung jawab untuk mengelola dana pendidikan anak yang sudah dititipkan orang tuanya.

Sementara itu, jika Anda menabung dana pendidikan di bank, maka dana yang akan Anda terima sesuai dengan jumlah uang yang sudah Anda serahkan ke bank tersebut. 

2. Menghindari fluktuasi ekonomi

Ekonomi setiap negara pasti mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut bisa menuju ke arah positif maupun negatif. Fluktuasi ekonomi turut mempengaruhi biaya pendidikan. 

Secara umum, biaya pendidikan akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Kenaikan biaya pendidikan terjadi karena adanya inflasi yang muncul dari sektor pendidikan. Oleh sebab itu, para orang tua perlu menyiapkan biaya pendidikan jauh-jauh hari. Alternatif cara untuk menyiapkan biaya pendidikan dengan mudah yaitu dengan mengikuti program asuransi pendidikan.

3. Membuat orang tua lebih disiplin

Asuransi pendidikan ternyata dapat membuat orang hidup lebih hemat dan disiplin. Sama seperti produk asuransi lainnya, asuransi pendidikan juga memiliki premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Dengan adanya tanggungan ini, maka orang tua harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan disiplin dalam membayar tanggungan demi masa depan anaknya.

Jenis-jenis Asuransi Pendidikan

Setelah mengetahui arti pentingnya asuransi pendidikan untuk anak, maka kini Anda bisa langsung memilih jenis asuransi pendidikan sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan penjelasan di sikapiuangmu.ojk.go.id, dijelaskan bahwa hingga saat ini di Indonesia baru ada dua jenis asuransi pendidikan. Berikut penjelasannya.

1. Asuransi pendidikan dwiguna

Asuransi pendidikan dwiguna adalah produk gabungan antara asuransi jiwa ditambah dengan instrumen pasar uang. Asuransi ini akan menjamin biaya pendidikan anak jika orang tuanya sudah tidak bisa mencari nafkah karena meninggal dunia atau catat total. 

2. Asuransi pendidikan unit link

Jenis asuransi ini adalah gabungan dari asuransi jiwa dan investasi. Premi yang dibayarkan tidak hanya untuk melindungi pendidikan anak, namun akan dikelola untuk berinvestasi seperti reksa dana. Keuntungan investasi akan dibagikan bersamaan dengan tahap anak sekolah. Contohnya saat akan masuk SD, SMP, SMA, atau perguruan tinggi. 

Jenis asuransi ini bisa memberikan keuntungan yang tinggi, bahkan melebihi nilai tabungan. Namun juga memiliki risiko kerugian yang tinggi. 

Itulah arti pentingnya asuransi pendidikan beserta jenisnya yang harus dipahami. Jika Anda sedang menyiapkan dana pendidikan anak, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan asuransi pendidikan sebagai penjamin masa depan putra putri kesayangan Anda. Namun perlu diingat, sebelum memilih produk asuransi pastikan sudah terlebih dahulu mempelajari seluk beluk dari produk tersebut, agar Anda tidak keliru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *