Memilih asuransi jiwa yang terpercaya dapat menjadi hal yang membingungkan. Pertimbangan perlu dilakukan dengan matang terhadap berbagai aspek perusahaan asuransi. Di tahun 2020, terdapat 139 perusahaan asuransi yang mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jumlah tersebut cukup banyak sehingga mungkin membingungkan untuk memilih.

10 Asuransi Jiwa Terpercaya di Indonesia Berdasarkan Laporan Keuangan
10 Asuransi Jiwa Terpercaya di Indonesia Berdasarkan Laporan Keuangan

Oleh sebab itu, OJK merilis daftar Perusahaan Asuransi dengan Penyampaian Laporan Keuangan Bulanan Oktober 2021 Tercepat dan Terlengkap pada 30 November 2021. Laporan keuangan yang cepat dan lengkap dapat dijadikan indikator kepercayaan suatu perusahaan asuransi.

Berikut daftar perusahaan asuransi jiwa terpercaya di Indonesia dengan penyampaian laporan keuangan tercepat dan terlengkap bulan Oktober 2021.

1. PT Asuransi Jiwa IFG

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) didirikan pada tanggal 22 Oktober 2020 melalui Akta Pendirian Perseroan Terbatas oleh Notaris Hadijah, S.H. IFG Life menjadi bagian dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) (BPUI) sebagai anak perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa.

IFG Life mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 07 April 2021. Produk asuransi jiwa IFG dibedakan menjadi dua jenis, yaitu produk individu dan produk kumpulan.

Produk individu terdiri dari:

Sedangkan produk kumpulan terdiri dari:

2. PT Asuransi Reliance Indonesia

Asuransi Reliance Indonesia didirikan pada akhir tahun 2002, yang telah menawarkan berbagai produk asuransi, diantaranya produk asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor (LI-Mo dan ReLI-Oto), asuransi harta benda, asuransi perlindungan kecelakaan (PA ReLIku), asuransi pengangkutan, asuransi syariah dan lain-lain.

Unit Syariah PT Asuransi Reliance Indonesia mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 22 Desember 2015, dengan izin Unit Syariah dari Pengurus Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-512/NB.223/2015. Serta diawasi oleh tim Dewan Pengawas Syariah.

3. PT Central Asia Financial

PT Central Asia Financial (CAF) adalah perusahaan asuransi jiwa yang merupakan bagian dari Salim Group dan mendapatkan izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 13 Maret 2013.

Berdirinya JAGADIRI pada tanggal 27 Januari 2015 merupakan terobosan dari CAF yang menjawab kebutuhan pelanggan akan Instant Protection (Perlindungan Instan dan Langsung), Claim Certainly Process (Jaminan Penerimaan Klaim), dan Best Transparent Price (Biaya Ringan dan Transparan).

4. PT Asuransi Jiwa Taspen

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) berdiri sejak tanggal 26 Februari 2014, dengan memperoleh izin usaha melalui Keputusan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor : Kep-30/D.05/2014, tanggal 10 April 2014.

Perusahaan ini merupakan anak perusahaan PT TASPEN (Persero) dengan kepemilikan saham 99,97% dan 0,03% saham yang dimiliki oleh Koperasi Karyawan Taspen Jakarta. Taspen Life menyediakan beragam solusi produk asuransi jiwa kumpulan dan individu, yang memiliki manfaat proteksi jiwa, perencanaan masa depan dan hari tua, dana pendidikan serta asuransi penyakit kritis.

Dalam perkembangannya Taspen Life telah berhasil meraih beragam apresiasi publik di antaranya Best Life Insurance dari Media Asuransi (2016, 2018, 2020) dan Best Insurance dari Majalah Investor (2019-2020).

5. PT AXA Financial Indonesia

PT AXA Financial Indonesia merupakan bagian dari AXA Group dengan fokus bisnis pada asuransi jiwa dan asuransi kesehatan konvensional dan syariah (Unit Syariah). AXA Financial Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Surat Ijin Usaha No. 612 / KMK.017 / 1995 tanggal 22 Desember 1995 dan salinan Keputusan Menteri Keuangan No. KEP-237/KM.10/2009 tanggal 31 Juli 2009 untuk izin usaha unit Syariah.

Pada tahun 2020, AXA Financial Indonesia telah memenangkan sejumlah penghargaan, antara lain Unit Link Awards 2020 dari Majalah INvestor dan Infovesta dan Corporate Image Award 2020.

6. PT Heksa Solution Insurance

Bermula dari pendirian PT Heksa Eka Life Insurance disahkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor C-08236 HT.01.04.TH.2002 dengan Ijin Usaha Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor S.182/MK.6/2002 tanggal 25 Juni 2002 juncto Keputusan Menteri Keuangan Nomor 205/KMK.017/1996 tanggal 15 Maret 1996.

Seiring dengan dinamika usaha dan melihat potensi pasar yang terus berkembang, terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham pada bulan Maret 2016 yang disertai dengan penggantian nama perseroan dari PT Heksa Eka Life Insurance menjadi PT Heksa Solution Insurance.

PT Heksa Solution Insurance telah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 25/KMK.017/1996. Tak hanya itu, Heksa Insurance juga telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

7. PT Asuransi Jiwa Sequis Financial

PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) merupakan anak perusahaan dari PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life). Pada tahun 2005, Sequis Life mengakuisisi seluruh saham PT Metlife Sejahtera (Metlife Indonesia) yang kemudian berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) yang memasarkan produk asuransi jiwa dan kesehatan individu dan kumpulan (group insurance) yang inovatif melalui jalur distribusi Employee Benefit Business (EBB), Partnership Distribution, dan Telemarketing.

Hingga akhir 2020 Sequis Financial memiliki total aset sebesar lebih dari Rp499,9 miliar dan lebih dari 43.000 jumlah polis. Sequis Financial berkomitmen untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia melalui rangkaian produk asuransi jiwa dan kesehatan untuk karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, kerja sama dengan beberapa mitra perbankan nasional dan asing serta lebih dari 50 staf telemarketing yang terlatih dan profesional.

8. PT Lippo Life Insurance

PT Lippo Life Assurance adalah perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2010. Produk asuransi yang ditawarkan meliputi Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan Diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, Program Kesejahteraan Karyawan dan Asuransi Jiwa Kredit.

9. PT Asuransi Jiwa Sequis Life

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) berdiri tahun 1984 dengan nama PT Universal Life Indonesia (ULINDO) di bawah naungan Gunung Sewu yang kemudian berubah menjadi Sewu New York Life (NYL) pada tahun 1992.

Pada tahun 2003 seluruh saham NYL diakuisisi dan perusahaan mengganti namanya menjadi Sequis Life yang berfokus untuk melayani nasabah individu dan kumpulan melalui jalur distribusi keagenan  dan digital yang menawarkan beragam produk inovatif mencakup asuransi jiwa dan kesehatan.

Hingga akhir 2020 Sequis Life memiliki total aset sebesar Rp19,9 triliun, lebih dari 300.000 jumlah polis, serta didukung oleh 9.000 tenaga pemasar professional. PT Asuransi Jiwa Sequis Life terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

10. PT Asuransi Jiwa SeaInsure

Melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-696/NB.11/2021 tanggal 13 Oktober 2021, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan telah memberikan pemberlakuan izin usaha di bidang asuransi jiwa sehubungan perubahan nama PT Asuransi Jiwa Advista menjadi PT Asuransi Jiwa SeaInsure. Perubahan nama tersebut mulai berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan tersebut.

Demikian daftar perusahaan asuransi jiwa terpercaya di Indonesia dengan penyampaian laporan keuangan tercepat dan terlengkap bulan Oktober 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *