Polis Asuransi: Teliti Sebelum Memilih, Bijak Sebelum Membeli

Jakarta, 20 Oktober 2021. PT Asuransi Jiwa IFG (IFG LIfe) kembali menyelenggarakan IG Live Talks yang tetap menggandeng Finansialku.com yang merupakan kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai keuangan dan asuransi. Pada IG Live Talks kali ini mengundang Robby Christy yang merupakan Head of Advisor di Finansialku dan Donna Maretha selaku moderator IFG Life. Tema yang diangkat pada IG Live Talks kali ini adalah “Asuransi, Proteksi atau Investasi?”.

Diawal acara, Donna menyatakan pentingnya memahami produk asuransi yang akan dibeli. “Sebelum membeli produk asuransi jiwa alangkah baiknya jika kita memahami produk yang kita beli, jangan sampai ibarat pepatah membeli kucing dalam karung. Sebagai nasabah, kita juga perlu dengan seksama membaca isi polis apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan juga apakah sudah sesuai dengan penjelasan dari agen asuransi. Membeli polis asuransi sejatinya tidak akan beda dengan barang-barang lainnya yang kita beli, kita harus memahami betul produk asuransi seperti apa yang kita butuhkan dan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan yang ditawarkan” tuturnya.

Dalam diskusi Robby mengatakan bahwa, ”terdapat perbedaan antara produk asuransi jiwa dan produk asuransi unit link. Produk asuransi tradisional adalah produk asuransi murni yang hanya memiliki proteksi. Sedangkan produk asuransi unit link adalah gabungan dari produk asuransi murni yang menambahkan porsi investasi di dalamnya,”  

Menurut Robby, produk asuransi unit link adalah produk jangka panjang dan jangan pernah berpikir untuk mencari profit. Karena produk investasi di dalam produk tersebut digunakan sebagai biaya asuransi sampai dengan usia tertentu. Terkait dengan pengembangan di dalamnya tentunya juga terdapat risiko investasi yang dapat merugi.

Robby menambahkan bahwa produk asuransi unit link memiliki fleksibiltas di mana kita sebagai nasabah dapat memilih jenis investasi apa yang akan kita inginkan. Selain itu terdapat pembebasan premi (waiver) yang berguna ketika kita mengalami risiko seperti penyakit kritis atau cacat permanen, maka pembayaran asuransi dapat dilanjutkan oleh perusahaan asuransi. Tak hanya itu, di dalam produk unit link juga terdapat cuti premi, sehingga nasabah tidak perlu membayar premi namun dipotong dari saldo hasil pengembangan investasi. 

Diakhir acara, Donna menyarankan agar memilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhkan kita dan teliti dalam membaca isi polis asuransi untuk mengetahui manfaat asuransi yang kita terima, cara klaim, besaran premi yang harus dibayarkan serta memperhatikan konteks pengecualian di dalam polis asuransi.

Sekilas tentang IFG Life:

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perasuransian khususnya asuransi jiwa. IFG Life merupakan anak usaha dari Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan. Kehadiran IFG Life sebagai bagian dari peta jalan (roadmap) grup untuk memiliki bisnis di sektor asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun.

IFG Life berdiri tanggal 22 Oktober 2020 dan telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 07 April 2021 melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP- 19/D.05/2021 tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa Kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Sekilas tentang IFG Life:

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perasuransian khususnya asuransi jiwa. IFG Life merupakan anak usaha dari Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan. Kehadiran IFG Life sebagai bagian dari peta jalan (roadmap) grup untuk memiliki bisnis di sektor asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun.

IFG Life berdiri tanggal 22 Oktober 2020 dan telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 7 April  2021  melalui  Surat  Keputusan  Dewan  Komisioner  OJK  Nomor  KEP- 19/D.05/2021 tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa Kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT Asuransi Jiwa IFG
corsec@ifg-life.id

Chelma Destria
Kepala Departemen Corporate Communication
0811-8161-286
chelma@ifg-life.id

Umi Zulaika
Staff PR & Communication
0819-585-17367
umi.zulaika@ifg-life.id