Pacu Edukasi dan Literasi Keuangan, IFG Life Gagas Lomba Menulis

Tingkat penetrasi asuransi di Indonesia tidak tumbuh gesit. Data Otoritas Jasa Keuangan menunjukkan, sampai Juni 2021, penetrasi asuransi di Indonesia hanya sekitar 3,1 persen dari PDB yang masih terhitung sangat rendah. Sementara itu, berdasarkan rangkuman Bank Dunia, penetrasi asuransi Indonesia dinyatakan termasuk rendah untuk wilayah Asia Tenggara. Lebih rendah daripada Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Berkaca dari kondisi tersebut, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menilai bahwa Indonesia masih membutuhkan edukasi dan literasi keuangan, khususnya terkait pengelolaan keuangan dan alokasi dana yang tepat. IFG Life berinisiatif menyelenggarakan kompetisi menulis untuk para jurnalis. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya khasanah informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Bertajuk ’Insurance Writing Competition for Journalist’, ajang ini dibuka bagi seluruh wartawan media cetak maupun daring, tidak hanya media nasional tetapi juga regional. Artikel edukatif yang dihasilkan dari kompetisi ini perlu membahas kiprah IFG Life sebagai penyedia layanan asuransi berbasis proteksi. Tak hanya itu, karya tulis juga sebaiknya mencakup seputar isu peningkatan inklusi keuangan demi tercipta masyarakat yang sadar pentingnya perlindungan dalam kehidupan. 

 

 

Lomba menulis bagi para pewarta tersebut menyediakan total hadiah sebesar Rp 45 juta bagi tiga pemenang serta sertifikat. Pemenang akan dipilih oleh dewan juri yang merupakan beberapa pemimpin redaksi media nasional dan perwakilan IFG Life. Periode publikasi karya tulis berlangsung selama 10 September 2021 – 25 November 2021. Karya tulis yang dilombakan wajib ditayangkan di media masing-masing dan diunggah ke sosial media serta didaftarkan kepada tim Katadata.co.id sebagai panitia lomba. Karya tulis yang dilombakan berjenis features atau in-depth reporting dengan panjang tulisan antara 5.000 – 10.000 karakter tanpa spasi.

Beberapa syarat yang juga perlu dipenuhi yakni: Peserta kompetisi adalah wartawan aktif yang bekerja di berbagai platform media  Setiap hasil karya jurnalistik yang dibuat oleh peserta harus diterbitkan ke media cetak/digital di Indonesia  Penulisan karya jurnalistik harus dapat menjual selling value/key message tentang IFG Life sebagai dasar penilaian  Salah satu kriteria penilaian adalah banyaknya jumlah karya yang diunggah ke media  Adapun, karya tulis yang dihasilkan jurnalis dapat dikirimkan melalui link http://tiny.cc/KKJ_IFGLife2021 . 

Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut dapat menjangkau narahubung Katadata Event: +62 851 56338174 maupun Chelma (IFG Life): +62 811 8161286.

Artikel asli